• admin

7 Jenis Burung Kicau yang Paling Populer di Indonesia


foto oleh merdeka.com


Sampai saat ini burung masih tetap menjadi salah satu hewan peliharaan terpopuler di Indonesia. Peminat hewan ini tergolong sangat tinggi sekali di Indonesia. Terlebih untuk jenis-jenis burung kicau. Burung jenis ini bukan hanya sekedar peliharaan biasa, karena sering diikutkan dalam ajang kontes kicau mania.

Ada banyak sekali jenis burung kicau yang ada di pasaran. Berikut beberapa jenis burung kicau yang paling populer di Indonesia.


1. Burung Pleci

Badan boleh kecil, tapi suaranya sangat kencang dan nyaring. Pleci adalah salah satu jenis burung yang saat ini sedang populer. Komunitas pecinta burung pleci di Indonesia pun tergolong besar.

Pleci adalah jenis burung gacor jika dirawat dengan baik dan benar. Selain itu, suaranya tergolong bagus dan sering dilombakan. Perawatannya sendiri cukup mudah. Makanannya tidak ribet dan mudah ditemukan.


2. Burung Murai

Murai adalah jenis burung kicau yang kabarnya dipelihara oleh Presiden Joko Widodo. Sama seperti pleci, murai adalah jenis burung yang rajin bunyi dan sering dilombakan. Namanya masuk ke dalam jajaran hewan unggas paling populer di Indonesia.

Burung murai memiliki spesies yang tergolong beragam. Beberapa jenis murai yang sering ditemui di antaranya seperti:

● Murai Batu Borneo

● Murai Batu Nias Trotolan

● Murai Air

● Murai Batu Medan

Murai sendiri merupakan jenis burung yang tidak terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar. Keunikan dari hewan peliharaan ini, terletak pada ekornya yang memanjang. Semakin panjang dan indah ekornya, biasanya akan semakin mahal harganya.


3. Burung Lovebird

Burung kicau kecil yang satu ini disukai akan warnanya dan fisiknya yang unik. Selain itu, kicauannya pun banyak disukai. Komunitas lovebird di Indonesia sendiri cukup besar. Burung asli Afrika ini, dapat dengan mudah membuat siapa saja jatuh hati.

Lovebird sendiri memiliki beberapa jenis spesies. Adapun spesies burung tersebut di antaranya seperti:

● Fischer

● Nyasa

● Pipi

● Muka Salem


4. Burung Kacer

Kecer adalah jenis burung kicau yang tidak kalah populer dari lovebird. Suaranya nyaring, merdu, dan enak didengar. Selain itu, burung kacer sendiri masuk ke dalam jajaran burung pintar, karena bisa menirukan suara di sekitarnya.

Salah satu burung kicau murah ini banyak sekali menyebar di Jawa, Kalimantan, hingga negara Afrika. Ciri-ciri burung kacer bisa kita lihat dari warnanya yang hitam pekat dan agak kebiru-biruan.


5. Burung Anis Merah

Anis merah sempat menjadi burung primadona untuk jenis kicau mania. Dengan ciri khasnya yang suka teler sambil berkicau, menjadi salah satu daya tariknya. Anis merah juga disukai karena bentuk dan warnanya yang unik.

Anis merah sendiri memiliki beberapa nama lain, yaitu punglor cacing, punglor bata, dan anis bata.


6. Burung Gelatik

Gelatik masuk ke dalam kategori burung kecil. Pecinta burung menyebutnya dengan sebutan kecil-kecil cabe rawit. Karena, meskipun posturnya kecil, namun suaranya begitu melengking. Selain itu, suara burung gelatik lebih bervariasi dan juga indah.

Gelatik juga merupakan jenis burung yang tidak mudah stres asalkan dirawat dengan baik. Cara perawatannya pun tergolong mudah. Selain itu, tidak sulit untuk menemukan jenis hewan peliharaan ngoceh yang satu ini.


7. Burung Kolibri

Saat ini, kolibri juga menjadi salah satu burung kicau yang banyak peminatnya. Kolibri juga sering dipanggil dengan sebutan burung madu. Panggilannya sama dengan kebiasaannya yang suka memakan madu pada sari-sari bunga.

Selain dikenal karena suaranya, burung ini juga dikagumi karena bulunya yang berwarna-warni yang khas. Selain itu, dia mampu terbang sangat indah.


Itulah 7 jenis jenis burung kicau yang saat ini populer di Indonesia. Menurut Anda, mana yang paling indah suaranya di antara 7 burung di atas? Share informasi ini agar Anda tahu jawabannya!

24 views0 comments