Cara Merawat Hewan Peliharaan dengan baik, Perhatikan Beberapa Hal Penting Berikut

Updated: Jul 28, 2020



foto oleh unsplash


Sebagai pemilik hewan yang bertanggung jawab, ada beberapa tips merawat hewan peliharaan yang patut diperhatikan. Segala aspek perawatan tersebut penting untuk menjaga kesehatan piaraan Anda. Apalagi, hewan peliharaan yang sehat akan membuat Anda bebas untuk bermain dan bergumul dengannya.

Jangan sampai kesalahan Anda dalam merawat binatang peliharaan di rumah malah membawa petaka dengan aneka penyakit yang menyerang. Apalagi nantinya, penyakit yang tengah diderita hewan peliharaan juga bisa berpengaruh pada kesehatan Anda. Karenanya, penting untuk selalu menjaga dan merawat hewan peliharaan dengan baik.

Agar lebih mudah untuk merawat hewan piaraan di rumah, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan. Tak sekedar menjaga kebersihan saja, beberapa hal justru sebaiknya tak Anda lakukan pada si binatang kesayangan. Untuk lebih jelasnya, perhatikan apa yang harus dan tidak boleh dilakukan di bawah ini.


Apa yang Boleh Dilakukan untuk Hewan Peliharaan

Salah satu tips merawat hewan peliharaan yang paling utama adalah dengan rutin melakukan pemeriksaan setiap tahun. Dengan begitu, Anda akan mengetahui secara pasti bagaimana status kesehatan binatang tersebut. Pemeriksaan biasanya dilakukan dengan tes darah, pemeriksaan feses, hingga vaksinasi. Ada pula beberapa perkara lain yang bisa dilakukan.

1. Perhatikan Pola Makan dan Berat Badan

Terdengar aneh mungkin, tapi pengaturan pola makan dan pemantauan berat badan pada binatang kesayangan sangatlah penting untuk dilakukan. Di luar sana, ada banyak makanan yang membahayakan kesehatan mereka.

Seperti anggur, alkohol, cokelat, tulang mentah, bawang, xylitol, dan bahan makanan lain yang bisa menyebabkan diare dan kerusakan organ. Apalagi, hewan peliharaan Anda tentu tak memiliki kapasitas untuk membedakan sendiri makanan mana yang berbahaya untuk kesehatannya dan yang tidak.

Selain itu, cara merawat hewan peliharaan selanjutnya adalah dengan terus memantaunya untuk berada pada berat badan ideal. Sama halnya seperti manusia, terlalu kurus ataupun gemuk tak akan baik untuk kesehatan karena justru mengundang banyak penyakit.

2. Sterilisasi

Walau terdengar jahat untuk melakukan sterilisasi pada hewan, ini merupakan langkah penting untuk menjaga kesehatannya. Dengan sterilisasi, hewan akan terhindar dari risiko penyakit seperti kanker. Langkah ini juga akan meminimalisasi stres pada hewan karena berkurangnya hasrat untuk kawin.


Apa yang Tidak Boleh Dilakukan pada Hewan Peliharaan

Selain melakukan tips merawat hewan peliharaan di atas, Anda patut memperhatikan pula apa saja yang tak seharusnya dilakukan pada hewan piaraan. Meski sepele, beberapa perlakuan ini bisa menyebabkan stres dan gangguan kesehatan pada hewan. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu menghindari 2 tindakan berikut.

1. Menampung Hewan Terlalu Banyak

Niat baik untuk merawat hewan yang terlantar dan sakit dari jalanan memang suatu tindakan terpuji. Tapi, pastikan niat baik Anda tak membawa malapetaka. Anda wajib mengetahui kapan harus berhenti agar lebih mudah melakukan perawatan. Jangan sampai hewan-hewan tersebut justru kekurangan makan dan tempat tinggal hingga terlalaikan dan tak terurus.

Bolehkah Kucing Makan Nasi? Simak Penjelasan Berikut Ini

2. Memberikan Obat-obatan untuk Manusia pada Hewan Peliharaan

Ketika hewan sakit, beberapa orang mencoba memberikan pertolongan pertama dengan memberikan obat-oatan manusia. ini adalah langkah salah kaprah yang harus dihindari. Obat-obatan manusia bisa menjadi sangat beracun bagi piaraan jika tak sesuai takaran. Sebaiknya jika hewan terlihat sakit, segeralah membawanya ke dokter hewan yang sudah kompeten.


Untuk mengatasi hal-hal mendesak, penting agar selalu menyimpan kontak emergency dokter hewan terdekat. Anda bisa mengisikan nomor dokter hewan, utamanya yang berpengalaman dalam pemeliharaan hewan yang bisa sewaktu-waktu dihubungi. Klik bagikan ke media sosial Anda agar lebih banyak orang tahu soal cara merawat hewan peliharaan ini.

9 views0 comments
 

Address

Indonesia

Follow

  • Twitter
  • Instagram

Blog Dokter Hewan untuk berbagi cara merawat hewan dan tips memelihara hewan
©2020 by kawanhewan.