top of page
  • admin

Inilah Manfaat Susu Kambing Etawa Yang Tak Banyak Diketahui!


foto oleh unsplash


Ada berbagai jenis susu yang kita temui saat ini, mulai dari susu kambing, susu sapi maupun susu nabati seperti susu almond dan kedelai. Semua jenis susu yang kita temui pastinya kaya akan manfaat salah satunya seperti susu kambing etawa yang kini memang sangat ramai diperbincangkan. Lalu, apa sebenarnya manfaat susu kambing etawa? Ulasan kali ini sudah pasti kita akan membahasnya namun sebelumnya anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu kambing etawa.


Sekilas Tentang Kambing Etawa

Kambing etawa atau kambing jamnapari merupakan jenis kambing yang berasal dari India. Sedangkan kambing peranakan etawa (PE) adalah jenis kambing hasil kawin silang antara kambing Jamnapari dan kambing lokal. Kambing etawa atau peranakan etawa umumnya memiliki ciri fisik seperti postur tubuh yang lebih besar dan telinga yang panjang. Jenis kambing yang satu ini memang tak hanya dimanfaatkan untuk diambil susunya namun dagingnya juga banyak dimanfaatkan.

Budidaya kambing etawa di Indonesia memang semakin meningkat dari tahun ke tahunnya. Hal ini tentu saja dikarenakan banyaknya permintaan akan daging ataupun susu kambingnya. Kambing etawa terkenal dengan dagingnya yang tebal. Selain itu, kambing ini juga mampu menghasilkan 1 hingga 3 liter susu dalam satu kali perahan.

Susu kambing etawa memang banyak sekali dicari dan dimanfaatkan. Bahkan di pasaran, susu kambing etawa harganya lumayan tinggi. Selain harganya yang tinggi, ternyata susu kambing etawa juga kaya akan manfaat sehingga tidak heran jika banyak yang mencari jenis susu yang satu ini. Hingga kini ternak kambing etawa di Indonesia memang terus dikembangkan.

Kambing etawa memiliki kualitas yang sangat luar biasa. Jika dirawat secara benar maka harga dari kambing etawa terbilang cukup menggiurkan. Namun, pada saat ini lebih banyak yang fokus pada pengembangan produksi susu kambing tersebut mengingat harganya dan manfaatnya juga tidak bisa dianggap sepele.


Beberapa Manfaat Susu Kambing Etawa Yang Tak Banyak Diketahui

Sebagian orang mungkin belum begitu mengenal dan belum familiar terkait dengan konsumsi susu kambing etawa. Padahal jenis kambing yang satu ini menghasilkan produksi susu yang kaya akan manfaat. Apa saja manfaat susu kambing etawa? Beberapa diantaranya yaitu sebagai berikut!

1. Meningkatkan Kecerdasan Anak

Susu kambing etawa sangat bagus untuk perkembangan janin dalam kandungan jika dikonsumsi secara teratur oleh ibu hamil. Selain itu, ternyata susu kambing etawa juga bermanfaat untuk membantu menstimulasi kecerdasan anak. Dalam masa pertumbuhan, sangat tepat jika susu kambing etawa dikonsumsi secara rutin dan teratur.

Kandungan vitamin B12 (Riboflavin) dan vitamin B3 pada susu kambing etawa mampu membantu proses perkembangan sel saraf otak. Jenis susu ini bisa dimasukan dalam daftar menu makan ibu hamil dan juga anak dalam masa tumbuh kembang.

2. Membantu Melancarkan Produksi ASI

Ternyata kandungan kalsium pada susu kambing etawa sangat tinggi hingga 6x lipat susu sapi pada umumnya. Dengan kandungan kalsium tersebut tentu saja sangat cocok dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui. Kandungan nutrisi pada susu kambing etawa ini membantu merangsang produksi ASI dengan baik.

3. Memelihara Kesehatan Jantung

Manfaat susu kambing etawa berikutnya adalah memelihara kesehatan jantung. Hal ini karena susu kambing etawa kaya akan kandungan kalium. Tentu saja manfaatnya untuk memelihara kesehatan jantung dengan menjaga keseimbangan tekanan darah.

4. Mengatasi Masalah Kesehatan Pernapasan

Bahkan susu kambing etawa sangat bagus dikonsumsi oleh orang yang memiliki masalah kesehatan pernapasan. Misalnya penderita TBC, Asma, gangguan pada paru-paru dan lainnya. Kandungan betakasein dan Flourin pada susu kambing etawa mampu memelihara kesehatan saluran pernapasan jika dikonsumsi secara tepat.

5. Perawatan Kecantikan

Adapun manfaat lainnya untuk memelihara kesehatan kulit dan kecantikan. Kandungan vitamin B, vitamin C, Thiamin, Niacin dan nutrisi penting lainnya mampu memelihara kesehatan kulit. Konsumsi saja secara rutin dan teratur untuk mendapatkan manfaat tersebut.

Nah, itulah beberapa manfaat susu kambing etawa yang bisa Anda dapatkan. Dengan kandungan tinggi nutrisi pada susu kambing etawa membuatnya memiliki banyak manfaat.


Post: Blog2 Post
bottom of page