• admin

Kenali Jenis Burung Walet Dengan Karakteristik Khusus Yang Dimilikinya


foto oleh okezone


Walet merupakan jenis burung yang diinginkan banyak orang. Burung ini dicari bukan karena keindahan suara dan bentuknya. Melainkan untuk diambil sarangnya yang dikenal memiliki nilai tinggi. Sarang walet bisa dijadikan minuman atau obat yang berharga mahal. Agar tidak keliru, pastikan Anda sudah mengetahui jenis burung walet dengan baik.

Dalam bahasa latinnya, burung walet dikenal dengan nama Collocalia vestita. Jenis burung satu ini banyak ditemukan di daerah Asia Tenggara. Walter hanya bisa berkembang di daerah dengan iklim tropis, salah satunya Indonesia. Sama halnya seperti burung lain, burung walet mempunyai jenis tertentu. Bahkan setiap burung walet ini memiliki jenis sarang yang berbeda satu sama lain.

Sarang walet sudah dikenal sebagai bahan makanan dan obat sejak jaman Dinasti Ming di Cina. Komoditas ini amat diminati di Cina dan diperkenalkan oleh pedagang pedagang cina ke benua Eropa dan Amerika. Lama kelamaan jumlah sarang walet di Cina semakin menipis sehingga para pedagang cina datang ke Asia tenggara untuk memperoleh sarang walet termasuk ke Nusantara.

Pada awalnya, walet sering ditemukan di daerah tertentu seperti goa dan pantai. Namun dengan berjalannya waktu, sarang alami tersebut semakin banyak berkurang. Untuk memenuhi permintaan sarang walet, burung walet di mulai dibudidayakan dalam bangunan buatan manusia.


Jenis-Jenis Burung Walet Dan Ciri-Cirinya

Sebelum Anda tertarik untuk berburu sarangnya, sebaiknya kenali ciri-ciri jenis burung walet berikut ini.

1. Habitat Burung Walet

Habitat burung walet sebagian besar di goa-goa. Tidak selalu di goa, jika tempatnya memenuhi syarat untuk tempat tinggal maka hewan ini bisa tinggal dimana saja. Syarat habitat burung walet diantaranya jauh dari sinar matahari, redup dan luas.

Burung walet bisa hidup di tempat dengan suhu 26-40 derajat celsius. Tempatnya harus memiliki kelembaban udara antara 80-90%. Habitat paling baik untuk tempat tinggal burung walet adalah di dataran rendah. Ketinggiannya harus kurang dari 1000 meter diatas permukaan laut.

2. Bentuk Fisik

Jenis burung walet memiliki sayap panjang dan paruh yang runcing. Sebagian besar burung walet berwarna hitam dengan bagian bawah tubuhnya berwarna coklat. Burung walet sering ditemukan di kabel listrik untuk bertengger. Kakinya yang lemah membuat hewan ini tidak mudah untuk menopang tubuhnya sendiri.

3. Sarang Burung Walet

Sarang walet pada umumnya berwarna putih dan sedikit kecoklatan. Jenis burung ini termasuk burung yang bisa menjaga kebersihan. Saat membuang kotoran, walet tidak akan melakukannya di sarang. Jadi jangan heran jika sarangnya selalu terlihat bersih.

4. Suara Burung Walet

Walet mempunyai suara yang kencang dan cerewet. Kicauannya menjadi pertanda baik untuk para pemburu sarang walet. Karena mereka bisa dengan mudah mencari keberadaannya.

Di dunia, ada beberapa jenis burung walet yang bisa Anda temui. Setiap jenis burung ini mempunyai karakteristik khusus yang membedakannya satu sama lain. Beberapa jenis walet yang sering ditemui antara lain :


Walet Putih

Warna putih pada walet jenis ini bukan dilihat dari warna bulunya. Melainkan dari warna sarangnya. Jika dilihat dari karakter fisiknya, burung walet putih memiliki bulu coklat kehitaman di bagian atas. Sementara bagian bawah pada burung ini berwarna coklat. Sarang walet putih seluruhnya terbuat dari air liur.


Walet Sarang Hitam

Walet sarang hitam mempunyai warna bulu coklat kehitaman dengan ekor berwarna coklat kelapa. Di bagian kaki dan ekor terdapat bulu yang merata. Paruh dan kakinya berwarna hitam, sedangkan warna mata burung walet jenis ini coklat tua. Burung walet sarang hitam banyak ditemukan di goa-goa.


Walet Gunung

Burung walet gunung memiliki jangkauan terbang yang luas dibandingkan jenis lain. Biasanya, hewan ini terbang secara berkelompok ke daerah tebing atau gunung dengan cepat. Ekornya berwarna abu-abu kehitaman dengan bagian kaki yang memiliki sedikit bulu.


Itulah beberapa jenis burung walet dan karakteristik unik yang dimilikinya. Untuk Anda yang berminat ternak walet dan memanfaatkan sarangnya, sangat penting untuk mengetahui informasi ini. Dengan begitu, Anda tidak akan keliru dan salah membedakan jenis-jenis walet.

2 views0 comments
 

Address

Indonesia

Follow

  • Twitter
  • Instagram
  • Facebook

Blog Dokter Hewan untuk berbagi cara merawat hewan dan tips memelihara hewan
©2020 by kawanhewan.