Kucing Bengal, Si Macan Tutul Mini yang Cantik dan Energik


foto oleh pixabay


Kucing bengal adalah ras kucing persilangan antara kucing berbulu pendek domestik dan leopard Asia. Kucing ini juga disebut dengan benggala atau leopardette. Di Indonesia, kucing ini dikenal dengan nama kucing kuwuk atau congkok dengan nama ilmiah Felis bengalensis.

Awalnya kucing ini disilangkan oleh seorang ahli genetik dr. Centerwall yang ingin ras kucing baru dengan pola kucing liar. Kucing ini lahir di California hasil kawin silang dari kucing bulu pendek Amerika dan leopard Asia. Anakan kucing ini kemudian dikawinkan dan muncullah kucing blacan atau benggala.


Ciri Fisik Kucing Bengal

Kucing bengala memiliki motif yang cantik dan menawan. Motifnya ini cenderung mirip macan tutul, spotted, rosetted, atau marble. Warna kucing yang sudah diakui oleh asosiasi kucing TICA adalah cokelat, perak, sepia, seal lynk point, dan mink.

Badannya kekar, ototnya atletis, rahangnya kuat, dan memiliki kuku tajam. Selain itu, gerak refleksnya cukup cepat hasil gen dari leopard. Berat badan bengal jantan mencapai 10 kg sedangkan betinanya hanya sekitar 4-5 kg saja.

Meski sekilas terlihat besar dan memanjang, nyatanya bentuk kepalanya ini lebih kecil karena tubuhnya yang besar dan panjang. Lehernya berotot besar dan hidungnya besar lebar berwarna merah garis hitam. Telinganya runcing dengan mata yang besar.


Karakteristik Kucing Bengal

Kucing bengal memiliki karakter ingin tahu tinggi terhadap sekitarnya, cerdas, dan aktif. Berbeda dengan kucing lain, kucing ini sangat menyukai air. Ia juga sangat sayang dan setia pada pemilik.

Cakar yang dimilikinya memiliki fungsi layaknya tangan manusia. Tipe kucing ini bisa diajari beberapa trik tertentu meski sedikit liar. Ia juga suka memanjat meski di lain waktu juga menginginkan dimanja dengan duduk di pangkuan dan minta dielus.


Keunikan Kucing Bengal yang Langka

- Kucing benggala hadir dari kawin silang macan tutul Asia dan kucing domestik bulu pendek

- Karakternya sedikit berbeda dengan kucing rumahan yang anggun, ia sedikit liar tetapi menyenangkan

- Mudah dilatih lempar tangkap dan diajarkan berjabat tangan

- Memiliki keterikatan kuat dengan pemilik

- Memiliki rasa cemburu yang tinggi terhadap hewan peliharaan lainnya

- Insting berburu masih ada


Cara Merawat Kucing Bengal

Perawatan kucing ini tergolong khusus karena coraknya yang hadir alami dan elegan. Untuk itu, ada beberapa cara merawatnya.

  1. Mandikan dan sisir bulunya secara rutin untuk menjaga keindahan motif bulu. Kegiatan menyisir bulunya juga bisa membantu untuk menghilangkan kutu.

  2. Ajak jalan-jalan atau beri kegiatan yang cukup karena ia adalah kucing yang aktif dan energik.

  3. Sifatnya yang pemberani membuatnya bisa melakukan kegiatan yang berbahaya. Sehingga berikan ia mainan yang aman untuk mengalihkan rasa beraninya demi terhindar dari bahaya.

  4. Berikan makanan dengan nutrisi sempurna. Tujuannya untuk mengembalikan stamina yang terkuras akibat aktivitasnya yang lincah. Anda bisa membeli makanannya di pet shop terdekat. Makanannya pun sudah dibedakan dengan makanan kucing lain.

  5. Biarkan ia main air, tetapi batasi waktunya untuk menghindari kucing Anda terkena flu.

  6. Jarang membutuhkan mandi tetapi sikat gigi penting untuknya. Selain itu, kukunya juga harus rutin dipotong. Bukan hanya itu, area mata dan telinga pun harus rutin dibersihkan dengan kain lembab untuk mata dan cotton buds untuk telinga. Lakukan setiap pekan untuk perawatan ini.

  7. Usahakan untuk memiliki kandang yang luas untuk si spesial bengal karena kucing ini sangat aktif.

Aktifnya kucing bengal ini ternyata berbanding terbalik dengan sifatnya yang sangat sosial terhadap anak atau hewan lain yang besar, ia sangat pemberani. Namun, jauhkan ia dari hewan kecil ya karena insting berburunya termasuk kuat. Setelah memperoleh informasi ini, bagikan juga di media sosial agar teman-teman Anda bisa mencintai kucing bengal seperti Anda!

44 views0 comments