• admin

Mengenal Lebih Jauh tentang Propolis


foto oleh unsplash


Anda tentu sudah mengenal hewan kecil yang manfaatnya sangat banyak. Benar ia adalah si lebah, hewan yang terdapat dalam Al-Qur’an (Kitab Suci Umat Islam) ini memang sangat besar manfaatnya. Hal ini dikarenakan lebah memakan hanya yang baik-baik saja. Tentu hasil akhirnya akan yang baik pula.

Kita mengenal Madu sebagai salah satu produk yang dihasilkan oleh lebah. Tapi ternyata sejak ratusan tahun lalu sudah ada produk dari lebah selain madu yang digunakan manusia yakni Propolis.


Apa Itu Propolis

Propolis atau biasa dikenal dengan lem lebah adalah zat resin yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dimana bentuknya seperti getah yang dikumpulkan oleh lebah madu. Zat ini oleh lebah digunakan untuk menutupi lubang kecil hingga 6 millimeter. Propolis sangatlah lengket dan berwarna cokelat. Propolis digunakan lebah untuk melindungi melindungi sarangnya.


Sejarah Penggunaan Propolis

Penggunaan propolis tercatat sudah digunakan saat zaman Mesir kuno. Pendeta di Mesir tercatat sudah menggunakan propolis untuk mengawetkan mumi. Bangsa Arab sendiri tercatat menggunakan propolis, dimana menurut catatan Ibnu Sina zat ini dapat digunakan untuk membersihkan serta dapat menyebabkan bersih.

Orang-orang dahulu di Georgia memanfaatkan propolis untuk salep yang dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit diantaranya gangguan pernapasan, luka bakar dan angina. Berbeda lagi dengan bangsa Asiria kuno yang menggunakan propolis sebagai obat untuk melawan tumor dan kanker. Masyarakat Yunani kuno menggunakannya untuk mengobati luka bengkak yang bernanah.


Kandungan Propolis

Dari beragam hasil penelitian ditemukan bahwa kandungan propolis dari setiap wilayah berbeda. Hal ini terjadi karena adanya perbedaan tumbuhan yang dimakan sang lebah. Namun secara umum kandungan bahan yang ada dalam propolis adalah pinocembrin, pinobanksin, 3-O-acetate, chrysin, galangin, prenyl esters of caffeic, ferulic acids dan polifenol. Nah zat polifenol ini memiliki kemampuan untuk menangkal radikal bebas serta mengobati berbagai penyakit.


Manfaat Propolis

Sudah sejak zaman dahulu propolis digunakan didunia kesehatan. Saat ini dimasyarakat luas juga mengenal manfaat propolis untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Berikut ini beberapa manfaat propolis dalam dunia kesehatan.


1. Mengobati Luka di Kulit

Jika Anda mengalami luka karena senjata tajam atau luka bakar. Propolis dapat digunakan untuk mengobati luka tersebut. Kandungan pinocebrin pada propolis dapat membantu untuk mengurangi pertumbuhan bakteri jahat.

Anda bisa mengoleskan propolis pada bekas luka. Proses penyembuhan dan perbaikan sel-sel baru yang rusak dapat segera terbentuk. Proses ini berlangsung lebih cepat dibanding saat kita menggunakan obat-obatan biasa.


2. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Pola hidup dan jenis makanan masyarakat zaman now mempercepat pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh. Seperti kita ketahui bersama bahwa kanker merupakan salah satu penyakit mematikan yang ada didunia. Jutaan orang sudah menjadi korban keganasan penyakit ini.

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa propolis mampu untuk mengurangi perkembangbiakan sel kanker. Selain itu menghambat sel lain tumbuh menjadi sel kanker.


3. Menjaga Kesehatan Kulit

Hidup didaerah perkotaan membuat kulit kita rentan untuk terkena polusi. Dampaknya tentu saja dapat menjadikan kulit menjadi lebih cepat keriput, menimbulkan flek hitam dan sel-sel kulit menjadi mudah rusak.

Kabar baik untuk Anda saat ini bisa melakukan perawatan alami tanpa bahan kimia. Anda bisa menggunakan propolis sebagai pembersih wajah. Kandungan polifenol membuat sel-sel yang baru dapat tumbuh dengan cepat. Propolis juga dapat Anda konsumsi dengan diminum.


4. Mengobati Diabetes, Kolesterol dan Asam Urat

Apa penyakit yang paling sering diderita masyarakat saat ini. Diabetes, kolesterol dan asam urat. Setuju kan sahabat, memang tiga penyakit ini yang dominan dialami masyarakat Indonesia. Kabar baiknya Anda bisa gunakan propolis untuk mengobati penyakit tersebut.

Propolis yang mampu memperbaiki sel-sel yang rusak membantu tubuh untuk kembali normal. Proses metabolisme dalam tubuh kembali baik karena sel-sel didalamnya tumbuh kembali. Langkah ini lebih baik dibanding Anda menggunakan obat-obatan kimia yang dampak jangka panjangnya bagi tubuh terutama ginjal tidak baik.


5. Merawat Gigi dan Mulut

Bermasalah dengan gigi dan mulut tentu tidaklah nyaman. Penyebab masalah pada gigi dan mulut adalah banyaknya bakteri yang terdapat didalamnya. Inilah kenapa kita diharuskan menggosok gigi dua kali sehari.

Ternyata hal tersebut tidaklah cukup untuk membunuh bakteri dimulut dan gigi. Anda bisa mengatasi masalah ini dengan berkumur-kumur dengan propolis. Kandungan didalam propolis dapat membunuh bakteri-bakteri yang ada didalam gigi dan mulut.


6. Menghambat Penyebaran Covid-19

Pada tahun 2020 ini Covid-19 (corona) telah menimbulkan pandemi berskala global dengan efek yang luar biasa. Saat ini Dr. Eng Muhamad Sahlan dari Universias Indonesia sedang mengembangkan propolis sebagai alternatif pengobatan dan pencegahan Covid-19. Peneliti tersebut menyampaikan bahwa propolis dapat menghambat proses penempelan virus covid-19 ke sel manusia.


Negara-Negara Penghasil Propolis

Saat ini tidak semua negara yang memiliki teknologi untuk menghasilkan propolis secara masal. Untuk menghasilkan propolis diperlukan teknologi tinggi. Saat ini didunia ada beberapa negara yang mampu memproduksi propolis secara masal. Selain Indonesia, berikut ini adalah beberapa negara yang terkenal dengan produk propolisnya:


1. Brasil

Salah satu negara penghasil propolis terbesar adalah Brasil. Sebagai negara tropis Brasil memiliki beragam tumbuhan sebagai bahan makanan lebah. Ini berdampak pada kualitas propolis yang berasal dari Brasil memiliki beragam zat penyusunnya.


2. Inggris

Inggris terkenal dengan negara industri, banyak produk-produk berkualitas yang berasal dari negara ini. Salah satu produk yang dihasilkan adalah propolis, dengan 4 musim yang berada dinegara ini menjadikan propolis yang berasal dari Inggris memiliki kandungan flavonoid yang tinggi.


3. Australia

Australia negara yang berada di selatan Indonesia merupakan penghasil propolis terbesar di dunia. Sama seperti Brasil, kandungan propolis dari Australia lebih beragam karena tumbuhan yang dikonsumsi lebah juga beragam.


Bagaimana Memilih Propolis Yang Berkualitas

Jika saat ini Anda memerlukan Propolis untuk membantu proses penyembuhan atau untuk meningkatkan imunitas. Kami akan memberikan beberapa tips untuk kalian.


1. Pastikan Produknya Jelas

Salah satu cara yang mudah untuk menentukan propolis adalah dengan melihat siapa saja yang mengkonsumsi propolis tersebut. Kami sarankan salah satu merk propolis yang beredar di Indonesia yakni British Propolis. Produk ini sudah banyak digunakan beberapa tokoh dan selebritis ditanah air. Baik untuk kesembuhan ataupun untuk menjaga kesehatan sehari-hari.


2. Harga

Kita ketahui bersama saat ini produk-produk yang memiliki kualitas adalah yang harganya sedikit lebih mahal. Untuk mengetahui apakah propolis itu berkualitas ada baiknya Anda perhatikan dari segi harga. Jika propolis dijual dibawah harga pasaran maka sebaiknya Anda mencari yang lain.


3. Penjual

Point terakhir yang perlu kalian perhatikan adalah dengan siapa kalian membeli produk tersebut. Hal ini penting karena jangan sampai ketika kalian sudah membeli diberikan barang palsu atau malah barang tidak dikirim sama sekali. Jika Anda ingin membeli propolis silahkan berkunjung ke propolis-herbal.com. Salah satu penjual propolis yang qualified yang sudah dipercaya oleh ratusan orang,


Semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk Anda yang sedang dalam proses penyembuhan atau yang ingin sehat. Share ya agar semakin banyak orang yang paham tentang propolis.


Baca juga : Daur Hidup Lebah yang Unik serta Manfaat Lebah bagi Manusia

15 views0 comments