Mudah Dan Simpel, Inilah Cara Mengukur Suhu Tubuh Kucing Paling Efektif


foto oleh unsplash


Tahukah anda? Ternyata demam tak hanya bisa menyerang manusia saja, dewasa ini banyak sekali ditemukan kasus beberapa hewan terkena demam salah satunya adalah kucing. Layaknya seperti manusia, kucing juga akan terserang demam ketika kondisinya sedang sakit. Namun walaupun sama-sama mengalami demam, metode pengobatan yang dilakukan pastinya tidak sama dan terkadang banyak sekali diantaranya orang yang belum mengetahui bagaimana ciri kucing demam atau tidak.

Demam sendiri merupakan gejala adanya gangguan kesehatan bagi si meong. Jadi, setiap pengobatan demam sendiri memerlukan penanganan penyebab gangguan kesehatan tersebut. Jika disederhanakan demam merupakan indikator agar pemilik kucing segera membawa si empus ke dokter hewan terdekat. Salah satu penyakit berbahaya bagi kucing yang memiliki gejala demam adalah serangan virus. Penyakit ini biasanya bersifat infeksius sehingga dapat dengan cepat menjangkiti kucing yang lain.

Untuk mengetahui apakah peliharaan anda demam atau tidak yang perlu dilakukan yaitu mengukur suhu tubuh kucing dengan alat pengukur suhu. Hanya saja, untuk mengukurnya sendiri memang cukup sulit sehingga untuk mengenalinya anda perlu mengenali gejala demam pada kucing.


Tips Mengenali Gejala Demam Pada Kucing

Sebelum anda mengetahui bagaimana cara mengukur suhu tubuh kucing paling efektif, alangkah lebih baiknya jika anda mengenali terlebih dahulu gejala demam pada hewan peliharaan anda. Hal ini tentu saja penting agar tidak menimbulkan praduga yang salah. Nah, berikut tips mengenali gejala demam pada kucing:

1. Perhatikan Perubahan Sikapnya

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang umumnya aktif, ceria dan menggemaskan. Jika dalam kesehariannya kucing peliharaan anda selalu ceria dan aktif namun pada kali ini hewan tersebut lebih senang menyendiri dan murung maka dipastikan ada yang tidak beres dengan tubuhnya. Kucing merupakan salah satu hewan yang sangat berhati-hati. Ketika mereka sakit biasanya akan menjauhkan diri dengan sekitar sehingga perubahannya akan sangat terlihat.

2. Perhatikan Selera Makan Kucing

Jika biasanya kucing anda makan pada waktu-waktu spesifik atau makan dengan jumlah tertentu namun pada saat itu ternyata hanya mengkonsumsi sedikit maka bisa disimpulkan bahwa kucing anda mengalami sakit atau terjadi gangguan pada tubuhnya. Perhatikan rutinitas si meong dalam makan supaya lebih dulu bisa mengenali gejala sakitnya.

3. Perhatikan Ketika Kucing Muntah Atau Diare

Bagian ini memang akan terdengar jorok, namun apa boleh buat dengan cara ini anda juga bisa mengetahui kondisi dari kucing anda. Ketika kucing sedang sakit seperti demam biasanya akan ada gejala yang terjadi seperti muntah ataupun diare.

Nah itulah tips mengenali demam pada kucing yang seharusnya anda ketahui. Tips-tips diatas setidaknya akan membantu anda dalam memastikan apakah hewan kesayangan anda sedang sakit atau tidak.


Lalu, Bagaimana Cara Mengukur Suhu Tubuh Kucing Yang Benar?

Mengukur suhu tubuh kucing pada dasarnya memang gampang-gampang susah. Walaupun kucing merupakan hewan peliharaan yang sudah tidak asing dengan sentuhan manusia akan tetapi dalam urusan hal ini memang sulit. Namun walaupun memang sulit bukan berarti anda tidak bisa melakukannya. Nah, menunggu lama, berikut ini cara mengukur suhu tubuh kucing paling efektif dan benar.


Menggunakan Termometer Non Laser

Jika anda hanya memiliki termometer model lama (non laser). Termometer ini biasanya menggunakan air raksa, alkohol atau metode kontak lain untuk mengukur suhu. Berikut ini adalah cara mengukur suhu tubuh kucing melalui pengukuran suhu rektum. Termometer yang dipakai ini adalah termometer yang biasanya digunakan untuk mengukur suhu tubuh manusia (di ketiak) ya. Jangan salah menggunakan termometer ruangan

· Siapkan alat pengukur suhu tubuh, kocok-kocok terlebih dahulu alat pengukur tersebut jika anda menggunakan termometer mengandung merkuri (air raksa) atau alkohol.

· Lumasilah termometer yang digunakan dengan menggunakan minyak ataupun jel pelumas yang berbahan air. Hal ini bertujuan agar kucing lebih nyaman dan pastinya menghindari terjadinya resiko robekan.

· Posisikan kucing dengan tepat, misalnya memegang kucing layaknya seperti memegang bola dan pastikan ekornya mengarah pada tubuh anda serta pastikan juga kakinya berada di permukaan yang datar serta keras. Jika anda mengalami kesulitan maka cobalah untuk meminta bantuan pada teman atau orang terdekat.

· Selanjutnya masukkan termometer ke dalam rektum kucing. Dalam hal ini pastikan anda memasukkan sekitar 3 cm, tahan selama 2 menit. Jika anda menggunakan termometer digital biasanya ketika alat tersebut telah mendeteksi suhu akan terdengar suara “bip”.

· Setelah proses pengukuran selesai anda bisa langsung membaca hasilnya.


Menggunakan Termometer Laser

Selain menggunakan termometer model lama, terdapat cara untuk mengukur suhu tubuh kucing. Cara ini adalah menggunakan termometer digital yang menggunakan laser untuk mengukur suhu dengan metode non kontak. Termometer digital laser manusia yang kerap dipakai untuk mengukur suhu kening dapat dipakai disini. Namun yang akan diukur adalah suhu tubuh kucing melalui telinga. Tembaklah termometer digital tersebut kedalam lubang telinga kucing. Tunggulah sebentar kemudian bacalah suhu yang terbaca. Mudah bukan?


Berapakah suhu kucing yang sedang demam?

Setelah mengetahui suhu tubuh si empus yang diperkirakan demam, Anda perlu membandingkannya dengan standar untuk dapat menilai kucing tersebut benar-benar demam atau tidak. Dari berbagai literatur, kucing bisa disebut memiliki suhu tubuh ideal di kisaranr antara 37,5-39 Celcius. Jika suhu tubuhnya kurang dari itu maka belum bisa dikategorikan demam. Jika lebih dari 39 C maka dipastikan kucing tersebut demam.

Demam biasanya merupakan gejala dari penyakit lain. Ada baiknya Anda membawanya ke dokter hewan terdekat untuk diperiksa lebih lanjut. Namun jika Anda tidak langsung bisa membawanya ke dokter hewan, pisahkanlah kucing yang sakit dengan hewan peliharaan lain. Pemisahan ini perlu dilakukan untuk meminimalisir risiko penyebaran penyakit infeksius


Nah itulah cara paling efektif dan benar mengukur suhu tubuh kucing. Cara yang sederhana namun penting ini perlu diketahui oleh setiap pemilik kucing agar dapat memantau kesehatan anabulnya. Share ya agar lebih banyak orang yang mengetahui trik-trik dalam mengukur suhu ini ya.


Baca juga : Inilah Gejala Dan Tips Mengobati Calicivirus Pada Kucing
 

Address

Indonesia

Follow

  • Twitter
  • Instagram
  • Facebook

Blog Dokter Hewan untuk berbagi cara merawat hewan dan tips memelihara hewan
©2020 by kawanhewan.