Pentingnya Microchip Untuk Hewan Kesayangan, Pemilik Hewan Sebaiknya Memperhatikan Ini!


foto oleh VCA Animal Hospital


Kehilangan hewan peliharaan menyisakan kekecewaan yang begitu dalam. Apalagi jika Anda harus terima kenyataan hewan kesayangan ini tak kunjung ketemu. Untuk mengatasi permasalahan ini, solusi paling tepat yang bisa Anda lakukan adalah memasang microchip. Teknologi microchip untuk hewan hewan kesayangan ini sudah banyak digunakan.

Tujuan utamanya tidak lain untuk menjaga hewan saat berkeliaran sehingga mudah dideteksi keberadaannya. Untuk pemilik hewan peliharaan seperti kucing atau anjing, microchip menjadi hal wajib yang harus Anda punya. Anda tidak perlu khawatir hewan kesayangan akan kesakitan setelah dipasang microchip karena ukuran microchip sangat kecil (lebih kecil daripada sebutir beras).


Apa Itu Microchip Untuk Hewan Kesayangan?

Dilihat dari namanya, microchip untuk hewan kesayangan merupakan alat kecil yang memiliki identitas khusus. Pada manusia, microchip fungsinya hampir sama dengan KTP. Chip kecil ini nantinya akan diisi dengan angka khusus untuk memudahkan pendeteksian. Menariknya, teknologi satu ini tidak memiliki angka yang sama meskipun sudah banyak digunakan di seluruh dunia.

Setiap microchip mempunyai kode khusus yang terdiri dari 13-15 digit angka. Ukurannya sangat kecil sehingga mudah dimasukkan ke dalam tubuh hewan melalui proses penyuntikkan. Selama hewan ini masih hidup, chipnya akan terus berada di dalam tubuhnya dan mengendap ke bawah kulit.

Waktu yang tepat pemberian chip ini bisa dilakukan kapan saja. Namun pemasangannya tidak bisa dilakukan sembarangan. Melainkan hanya bisa dipasang oleh dokter hewan dan lembaga berwenang lain yang berhubungan dengan hewan.


Bagaimana Microchip Bisa Terdeteksi?

Microchip untuk hewan kesayangan bisa dengan mudah dideteksi menggunakan scan reader. Caranya dengan menempatkan scan maksimal 10 cm dari luar tubuh hewan. Setelah digit angka di dalamnya sudah terdeteksi, identifikasi pemilik hewan bisa langsung dilakukan.

Dengan microchip, hewan peliharaan yang kabur dari rumah kemudian ditemukan di tempat lain bisa dibawa langsung rumah penampung. Dari rumah penampung atau rumah sakit hewan ini, identitas pemiliknya akan diketahui. Sehingga hewan peliharaan Anda bisa diantarkan langsung ke rumah.


Seberapa Pentingnya Microchip Untuk Hewan Kesayangan?

Pemberian microchip untuk hewan kesayangan Anda sangat penting dilakukan. Terutama jika Anda termasuk pecinta hewan peliharaan. Selain memudahkan pendeteksiannya saat kabur dari rumah, ada beberapa manfaat lain yang harus Anda ketahui tentang microchip diantaranya :

· Peluang bertemu kembali dan menemukan hewan yang hilang lebih besar. Anda tidak perlu khawatir ketika hewan peliharaan yang sudah dipasang microchip ini kabur. Meskipun demikian, hal ini bukanlah jaminan pasti ditemukannya hewan peliharaan Anda kembali.

· Pemasangan microchip untuk hewan tidak berlangsung lama. Di dokter hewan terdekat, Ada bisa melakukan pemasangannya hanya dalam waktu 5 menit.

· Microchip bisa dipasangkan dengan mudah di semua dokter hewan. Jika Anda tidak ingin proses ini membuat hewan jadi kesakitan, silahkan konsultasikan dengan dokter untuk melakukan pembiusan terlebih dahulu.

· Dengan manfaat yang besar untuk penjagaan hewan peliharaan, pemasangan microchip ini harganya terjangkau. Anda bisa mendapat harga yang lebih murah dari layanan dinas terkait. Dalam periode tertentu, tidak sedikit dinas hewan memberikan promo untuk pemasangan microchip.

· Pemasangan microchip untuk hewan kesayangan tidak hanya bermanfaat untuk penjagaan hewan saat keluar rumah. Jika hewan peliharaan Anda dicuri, microchip bisa dijadikan bukti kepemilikan yang kuat. Jika Anda adalah breeder profesional, hal ini tentu sangat berguna untuk mengamankan induk hewan.

· Microchip merupakan bentuk kasih sayang dari pemiliknya. Artinya sang pemilik tidak mau kehilangan peliharaannya. Sehingga penjagaannya dilakukan dengan ketat agar tidak kabur dan dicuri orang lain.


Itulah sedikit informasi tentang microchip untuk hewan kesayangan yang harus Anda ketahui. Silahkan datang langsung ke dokter hewan terdekat jika Anda tertarik memasangkan microchip untuk hewan peliharaan!


Baca juga : Begini yang Harus Dilakukan ketika Kucing hilang

11 views0 comments