• admin

Jenis-Jenis Pakan Ikan Gurame Terbaik dan Cara Membuatnya


foto oleh lifepal.co.id


Gurame adalah jenis ikan yang populer di Indonesia. Banyak sekali orang yang memelihara jenis ikan ini karena peminat kuliner berbahan dasar ikan air tawar ini juga cukup banyak. Bahkan, ada cukup banyak pembudidaya ikan tersebut di Indonesia. Apakah Anda salah seorang pembudidayanya? Jika iya, pastikan Anda mengetahui jenis-jenis pakan ikan gurame terbaik. Karena, pakan menentukan hasil budidaya Anda.

Nah, di sini, akan dijelaskan berbagai jenis pakan ikan gurame supaya cepat besar. Jadi, simak artikelnya hingga selesai, ya.


Jenis-Jenis Pakan Alternatif untuk Gurame

Selain pakan utama yang bisa dibeli, Anda juga bisa memberinya jenis pakan alternatif. Jangan pernah meremehkan jenis pakan alternatif, karena, pakan ini memiliki banyak manfaat. Berikut daftar pakan alternatif yang bisa Anda gunakan untuk ikan gurame:

1. Daun Pepaya

Pepaya adalah jenis buah-buahan yang bisa digunakan sebagai pakan ikan gurame organik. Bagian paling bagus untuk dijadikan pakan alternatif ikan gurame adalah daunnya. Daunnya merupakan jenis obat-obatan alami yang mengandung senyawa tocophenol, flavonoid, dan berbagai kandungan lain yang bagus untuk gurame.

2. Bekicot

Pakan ini mudah didapat di pedesaan. Bekicot merupakan sumber protein yang bagus untuk gurame. Kandungan proteinnya bisa mencapai 60%. Kualitas proteinnya menyamai tepung ikan. Bekicot juga bagus sebagai sumber energi ikan. Protein sendiri adalah bahan pembentuk daging sehingga amat diperlukan dalam budidaya ikan gurame.

3. Maggot

Pakan ini adalah larva lalat yang dikembangbiakkan. Cara mengembangbiakkannya yaitu dari perpaduan ikan kering dan ampas tahu. Protein dari pakan ini bisa mencapai 44%. Kandungannya lebih bagus daripada pelet yang hanya mengandung 40% protein saja.

4. Ampas Tahu

Jenis pakan alternatif ini sangat mudah sekali didapat. Anda bisa menemukannya di pasar-pasar tradisional. Ampas tahu memiliki kandungan protein sebesar 33% hingga 42%. Sedangkan untuk kadar lemaknya yaitu sekitar 18% hingga 22%. Untuk hasil terbaik, pastikan Anda memilih ampas tahu yang diolah secara tradisional.

5. Dedak Bekatul

Untuk jenis pakan yang satu ini, memang tidak tersedia mudah di pasaran. Dedak bekatul merupakan hasil sampingan proses penggilingan padi menjadi beras. Pakan ini sudah digunakan sejak lama sebagai pakan unggas. Selain itu, juga bisa diberikan untuk jenis ikan gurame. Dedak bekatul juga cocok untuk pakan ikan gurame di kolam terpal.


Cara Membuat Pakan Ikan Gurame

Harga pakan ikan gurame tergolong beragam. Namun, Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan biaya yang tidak besar namun hasilnya optimal. Sebelum membuat, ketahui terlebih dahulu beberapa jenis bahan berikut yang biasa digunakan untuk membuatnya:

Bahan Pakan Gurame Dari Hewan

1. Cacing tanah

2. Belalang

3. Limbah udang

4. Limbah ikan

5. Bekicot

6. Ikan teri

7. Ikan busuk

8. Siput

Bahan pakan ikan gurame dari tumbuhan

1. Ampas tahu

2. Ampas kedelai

3. Ampas kelapa

4. Tebok pisang

5. Daun pisang

6. Rumput kering (fermentasi)

7. Daun pepaya

8. Daun singkong

9. Daun lamtoro

10 Daun sente

11. Bekatul

Silahkan Anda pilih salah satu atau beberapa bahan di atas. Selanjutnya, silahkan ikuti cara membuat pakan ikan gurame berikut ini.

1. Siapkan wadah untuk tempat pembuatan pakan ikan.

2. Haluskan bahan pakan yang sulit diurai, atau difermentasi menggunakan alat khusus. Untuk menghancurkannya, Anda juga bisa menggunakan bantuan pisau atau parang.

3. Campurkan bahan pakan ikan hingga tercampur merata.

4. Keringkan bahan pakan yang basah. Waktu pengeringan mulai dari 2 hingga 3 hari. Gunakan cahaya matahari untuk mengeringkannya.

5. Jika pakan sudah mengering, kemudian campurkan dengan larutan nutrisi dan air. Untuk kandungan nutrisi, Anda bisa menggunakan dedak.

6. Setelah tahap di atas selesai, selanjutnya, lakukan pengendapan. Caranya adalah dengan menempatkan pakan yang sudah tercampur tadi di suhu ruangan yang optimal. Tujuannya yaitu untuk mempercepat pembuatan pakan.

7. Silahkan Anda diamkan selama beberapa hari. Setelah itu, pakan baru bisa diberikan untuk ikan gurame.


Nah, itulah jenis-jenis pakan ikan gurame terbaik, lengkap dengan cara membuatnya. Bagaimana, mudah bukan? Karena pakan merupakan salah satu kompnen biaya paling besar, bagikan info ini agar semakin banyak orang yang tahu tentang hal ini ya!

Baca juga : Inilah Panduan Budidaya Ikan Gurame Untuk Pemula