• admin

7 Pakan Ikan Mujair Alami yang Mudah Didapatkan


foto oleh tribunnews


Salah satu kunci agar ikan mujair bisa tumbuh dengan baik adalah memberikan pakan yang tepat dan ekonomis. Pakan ikan mujair sebenarnya sangat sederhana dan bisa Anda buat sendiri dengan bahan alami.

Berikut ini adalah pilihan pakan alami yang mudah didapatkan dan bisa membuat ikan mujair tumbuh dengan baik:


Dedak

Dedak dikenal sebagai pakan unggas seperti ayam dan bebek, tidak hanya bagus untuk unggas dedak juga bagus untuk pakan ikan mujair. Kandungan karbohidrat dan protein pada dedak bisa membantu ikan mujair tumbuh dengan baik.

Cara membuat pakan ikan dari dedak cukup sederhana, Anda tinggal menaburkan dedak pada kolam ikan. Dedak kering bisa langsung Anda taburkan ke dalam ikan dengan jumlah secukupnya di pagi dan sore hari.


Daun Talas

Talas merupakan salah satu tanaman multiguna baik daun maupun umbinya bisa dikonsumsi. Daun talas juga bagus untuk dijadikan pakan ikan mujair untuk membantu pertumbuhannya.

Pemberian daun talas ke ikan mujair bisa dilakukan satu atau dua minggu sekali sebagai menu tambahan ikan. Sebelum disebar ke kolam sebaiknya daun talas Anda cincang terlebih dahulu. Tidak perlu cincang halus, cukup cincang kasar saja.


Kangkung

Kangkung sebenarnya adalah pakan ikan nila tapi juga dapat diberikan ke ikan mujair. Kandungan di dalam kangkung bisa membuat ikan mujair tumbuh gemuk dan besar.

Sama seperti daun talas, sebelum memberikan kangkung ke ikan harus dicincang terlebih dahulu. Anda juga perlu mencuci kangkung sebelum diberikan kepada ikan agar kandungan pestisida (kalau ada) pada kangkung hilang.


Lumut

Pakan ikan mujair alami yang selanjutnya adalah lumut. Lumut seringkali muncul di kolam ikan mujair bukan? Jika jumlahnya tidak terlalu mengganggu bisa Anda biarkan saja dan bisa menjadi pakan tambahan.

Anda juga bisa membeli lumut sebagai pakan tambahan ikan mujair. Pemberian lumut tidak perlu banyak-banyak karena lumut yang terlalu banyak bisa membuat kolam kotor dan ikan mujair tidak tumbuh dengan baik.


Artemia

Jika Anda melakukan budidaya ikan mujair mulai dari pembibitan, maka pakan yang paling tepat untuk anakan mujair adalah artemia. Artemia merupakan hewan air dengan ukuran yang sangat kecil. Anda bisa membeli artemia ini satu paket dengan pakan lumut.

Pemberian artemia pada anakan ikan mujair sangat bagus karena kandungan protein dan lemaknya sangat tinggi. Dengan artemia anakan ikan mujair bisa tumbuh besar dengan cepat.


Cacing

Pelet ikan protein tinggi yang alami adalah cacing. Semua jenis cacing sangat bagus untuk dijadikan sebagai pakan ikan termasuk ikan mujair. Anda bisa memberikan cacing pada ikan sebagai makanan tambahan ikan.

Jenis cacing yang bagus untuk pakan ikan mujair adalah cacing sutra. Anda bisa langsung memberikan cacing sutra hidup ke ikan mujair dengan cara disebar di kolam. Cacing juga termasuk makanan alami ikan mujair pada habitat aslinya.


Nasi

Pelet ikan mujair yang paling mudah didapatkan adalah nasi. Nasi mengandung karbohidrat yang tinggi dan bagus untuk pertumbuhan ikan. Anda bisa memberikan sisa nasi di rumah sebagai pakan mujair. Namun perlu diingat, nasi tidak dapat menjadi pakan satu-satunya karena tidak mengandung protein dan lemak.

Nasi juga bisa dicampur dengan dedak dan sisa makanan lainnya. emberian nasi sisa ini jangan terlalu banyak karena bisa membuat air kolam menjadi kotor dan berminyak.

Selain bahan bahan tersebut, Anda bisa juga memberikan probiotik pada kolam Anda. Probiotik dapat meningkatkan pakan alami bagi ikan mujair dan memperbaiki kualitas air. Pilihlah probiotik yang khusus untuk perikanan karena probiotik lain biasanya tidak memiliki bakteri yang bermanfaat untuk memperbaiki kualitas air.


Pakan ikan mujair di atas sangat direkomendasikan untuk Anda yang sedang budidaya ikan air tawar ini. Anda bisa membagikan tulisan ini ke teman atau saudara Anda yang sedang melakukan budidaya ikan mujair. Teman Anda yang berencana membudidayakan ikan mujair juga wajib mengetahui informasi ini.

918 views0 comments