Rekomendasi Pakan untuk Bebek Petelur


foto oleh piqsels


Salah satu bahan pangan yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat saat ini adalah telur dan salah satu jenis telur yang amat diminati oleh masyarakat Indonesia adalah telur bebek. Telur bebek ini memiliki tingkat permintaan yang cenderung stabil di pasaran. Telur bebek juga banyak dipakai dalam berbagai macam olahan masakan masyarakat Indonesia karena rasanya yang lebih gurih dan khas.

Saat ini budidaya telur bebek dihasilkan oleh bebek petelur khusus. Untuk meningkatkan produktivitas serta kualitas telur yang dihasilkan maka perlu diberikan pakan yang tepat. Pakan juga merupakan elemen yang paling penting dalam menghasilkan keuntungan karena biaya pakan bisa mencapai 60-70% dari total biaya budidaya ternak.

Secara umum, Pakan Bebek Petelur dibagi menjadi 3 jenis. Seperti berikut ini :


Pakan Bebek Petelur yang kaya akan Sumber Energi

Jenis Pakan Bebek Petelur yang pertama adalah pakan yang memiliki kandungan energi yang baik. Kandungan energi ini akan sangat berguna sebagai penunjang kualitas telur yang dihasilkan bebek tersebut ke depannya.

Sekaligus menjadi sumber utama energi bebek tersebut. Nah, berikut ini beberapa jenis Pakan Bebek Petelur yang bisa menjadi sumber utama energi hewan tersebut antara lain adalah:

a. Jagung

Jagung memang menjadi salah satu pilihan utama sebagai Pakan Bebek Petelur dengan kandungan energi yang tinggi. Hal ini dikarenakan jagung memiliki kandungan BETN atau Bahan Ekstrak Tanpa Nitrogen.

Jagung juga kaya akan kandungan pro Vitamin A serta mengandung protein sekitar 7 hingga 12%. Jagung ini juga banyak digunakan sebagai Pakan Bebek Petelur lantaran harganya yang terbilang cukup ekonomis dan tersedia cukup banyak.

b. Padi

Rekomendasi Pakan Bebek Petelur yang selanjutnya adalah padi. Padi memiliki kandungan serat kasar (40%) dan silica (11-18%). Pemberian padi ini bisa berupa dalam bentuk gabah ataupun beras. Namun mungkin biasanya yang diberikan ke bebek adalah beras yang harga jualnya rendah karena kualitasnya tidak terlalu baik jika dijual sebagai beras konsumsi. Hal ini tak lepas dari permintaan beras yang cukup tinggi karena beras masih merupakan salah satu bahan pokok utama di Indonesia.

c. Dedak

Dedak juga memiliki kandungan energi yang cukup baik bagi bebek petelur yang Anda pelihara. Dedak ini merupakan produk sampingan dari proses penggilingan gabah menjadi beras.

Dedak memiliki kandungan protein yang tinggi (12%) dan lemak (13%). Dedak untuk Pakan Bebek Petelur biasanya berupa dedak halus yang tidak tercampur dengan banyak sekam atau kulit padi yang keras dan memiliki campuran menir (pecahan beras kecil).


Pakan Bebek Petelur yang kaya akan Sumber Protein

Jenis Pakan Bebek Petelur yang selanjutnya adalah pakan yang kaya akan sumber protein. Pakan ini bisa Anda jadikan sebagai pakan selingan sehingga kebutuhan protein bebek peliharaan Anda akan tercukupi sehingga telur yang dihasilkannya juga semakin berkualitas.

Berikut ini ada beberapa rekomendasi Pakan Bebek Petelur yang kaya akan protein ialah :

a. Bungkil kelapa

Bungkil kelapa adalah hasil sisa kopra yang digunakan dalam pengolahan minyak kelapa. Bungkil kelapa ini memiliki kandungan protein yang cukup baik sehingga cocok untuk Anda gunakan sebagai Pakan Bebek Petelur.

Sebaiknya Anda juga memastikan bahwa bungkil kelapa tersebut masih dalam kondisi baik. Tidak berbau tengik, tercampur dengan bakteri dan masih baru sehingga tidak akan membahayakan kesehatan bebek petelur tersebut.

b. Bungkil Kedelai dan bungkil kacang tanah

Bungkil kedelai dan bungkil kacang tanah juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai Pakan Bebek Petelur. Bungkil kedelai sendiri memiliki kandungan protein yang cukup tinggi yakni mencapai 50%.

Sementara itu, bungkil kacang tanah juga merupakan salah satu jenis protein nabati alami yang baik.

c. Lainnya,

Selain itu, Anda juga bisa memberikan Tepung Ikan, Konsentrat, CGM (Corn Gluten Meal) atau tepung yang berasal dari daging dan tulang sebagai sumber protein.


Pakan Bebek Petelur yang kaya akan Sumber Mineral

Untuk mencukupi kebutuhan mineral bebek petelur yang Anda pelihara, Anda bisa memberikan minyak ikan, Voer atau konsentrat, serta minyak kelapa dalam jumlah yang seimbang dan secukupnya.

Komposisi ransum pakan bebek petelur yang sesuai anjuran kementrian pertanian dapat Anda baca lebih lanjut disini.


Semoga bermanfaat.

 

Address

Indonesia

Follow

  • Twitter
  • Instagram
  • Facebook

Blog Dokter Hewan untuk berbagi cara merawat hewan dan tips memelihara hewan
©2020 by kawanhewan.