5 Jenis Rumput untuk Kelinci agar Cepat Besar dan Lucu


foto oleh unsplash


Kelinci adalah hewan kecil yang lucu dan suka melompat-lompat. Jika di film kartun, kelinci digambarkan suka makan wortel ternyata di alam liar sebenarnya Makanan favorit kelinci adalah rumput. Nah untuk menjaga kesehatan kelinci kesayangan, ada baiknya pawrent juga memberikan diet makanan yang sebagian besar berisi rumput. Namun, seperti apa rumput untuk kelinci yang bagus?

Rumput pakan kelinci yang bagus merupakan yang bertekstur lembut, bergizi, serta bernutrisi lengkap. So, yakinkan Pawrent yang sedang memelihara kelinci untuk memilih makanan kelinci agar cepat besar. Di bawah ini adalah rumput- rumput yang bagus untuk pakan kelinci:

1. Rumput Odot untuk Kelinci

Rumput yang pertama adalah rumput Odot. Di Amerika, rumput tipe ini sangat populer serta telah lama digunakan untuk pakan kelinci, bahkan domba dan kambing. Hal ini dikarenakan rumput Odot memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, sekitar 12 hingga 14%.

Saat ini rumput Odot telah banyak ditemui di Indonesia serta banyak pula yang menanamnya. Rumput jenis ini juga relatif mudah ditanam.

2. Pakan Rumput Timothy

Rumput Timothy adalah pakan terbaik untuk kelinci dibanding rumput hijau yang lain. Timothy ini sejenis rumput lapangan yang di bagian atasnya ada bunga yang berbentuk seperti ekor kucing.

Keunggulan dari rumput Timothy yakni berserat cukup tinggi, sebab mengandung protein dan mineral, sehingga tidak memunculkan permasalahan pada pencernaan kelinci. Tidak hanya itu, teksturnya pun lembut sehingga tidak akan mengganggu sistem pencernaannya.

3. Rumput Sintrong

Tipe yang ketiga merupakan rumput Sintrong. Rumput ini sering dipakai untuk bahan santapan pokok kelinci, walaupun oleh warga kerap dikira pengganggu. Sementara itu sangat bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan kelinci. Rumput ini tumbuh liar di daerah terbuka bersama rumput- rumput yang lain.

4. Rumput Legetan/ Synedrella nodiflora

Rumput Legetan ataupun dalam bahasa Jawa rumput Wedusan ialah santapan kesukaan kelinci. Sama seperti rumput Sintrong, rumput Legetan berkembang di alam bebas seperti di kebun ataupun di sawah.

Konon, jika kelinci diberikan rumput ini, maka masalah pada saluran ekskresi, ginjal dan pencernaannya akan berkurang. Yang jelas baik buat pembuatan perkembangan gigi kelinci serta kesehatannya.


foto rumput alfalfa oleh pixabay


5. Rumput Alfalfa

Rumput Alfalfa mempunyai nama latin Medicago sativa L. Tumbuhan ini memiliki kadar protein 18,9% serta zat alkalin yang bisa menetralkan keasaman tubuh. Pastinya memberikan rumput Alfalfa untuk kelinci adalah tindakan yang tepat. Apalagi rumput Alfalfa terbukti dapat meningkatkan produksi susu induk kelinci.


Demikianlah 5 tipe rumput untuk kelinci yang bagus supaya cepat besar, sehat serta pastinya baik buat pertumbuhannya. Jangan lupa follow juga Instagram @kawan.hewan untuk memperoleh info-info seputar hewan kesayangan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Pawrent yang sedang memelihara kelinci.


Baca juga : Inilah Penyakit Pada Kelinci Yang Sebaiknya Diketahui