Manfaat Tanaman Sorgum Sebagai Pakan Ternak


foto oleh pixabay


Seperti yang kita ketahui bahwa permasalahan hijauan di Indonesia selalu terkendala oleh musim. Pada musim hujan, tanaman pakan untuk ternak bisa tumbuh dengan sangat baik sehingga kebutuhan pakan akan tercukupi tapi kadang pakan hijauan ini tidak dapat disimpan dengan baik. Sebaliknya ketika musim kemarau tiba, hijauan pasti akan sulit diperoleh karena tanaman akan terganggu pertumbuhannya karena kekurangan air.

Hal ini tentu menjadi salah satu permasalahan bagi para peternak. Untuk memenuhi hijauan para peternak memang disarankan untuk memanfaatkan tanaman yang tahan saat musim kemarau. Nah, salah satu tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak ketika musim kemarau yaitu tanaman sorgum.


Apa itu Tanaman Sorgum?

Pemanfaatan tanaman sorgum sebagai pakan ternak sebenarnya telah populer sejak dulu dan hingga saat ini banyak peternak yang masih menggunakan metode ini. Hanya saja, walaupun memang begitu populer masih banyak peternak yang belum mengetahui apa itu tanaman sorgum di Indonesia. Sorgum terutama cocok digunakan untuk pakan ternak ruminansia seperti sapi potong dan sapi perah.

Sorgum merupakan tanaman serealia yang memiliki kandungan nutrisi tinggi seperti karbohidrat, kalsium, protein, lemak dan fosfor. Disamping bisa dimanfaatkan sebagai pengganti sumber pangan untuk pakan ternak, sorgum juga bisa digunakan sebagai bahan baku industri kertas.

Sorgum berasal dari wilayah tropis hingga subtropis di sekitar Afrika Timur. Sorgum juga ditanam dan dikembangkan di Eropa Selatan, Asia Selatan hingga Amerika Tengah. Sorgum merupakan tanaman yang tergolong pada family poaceae serta marga sorghum. Tanaman ini juga terdiri dari 32 spesies dimana jenis yang paling banyak dibudidayakan yaitu bicolor.

Tanaman satu ini juga satu family dengan tanaman lainnya seperti jagung, tebu, padi hingga gandum. Jenis tanaman sorgum sebagai pakan ternak ini bisa merupakan hijauan yang sudah dipotong-potong ataupun yang sudah di awetkan dalam bentuk hay atau silase. Tanaman sorgum memiliki nilai protein tinggi dan juga menghasilkan hijauan yang sama dengan jagung.


Syarat Tumbuh Tanaman Sorgum Sebagai Pakan Ternak

Tanaman yang satu ini bisa tumbuh dengan baik walaupun ditanam pada lahan yang kurang subur, intensitas hujan rendah, air terbatas hingga musim kemarau panjang. Sorgum memiliki tinggi mulai dari 2,6 meter hingga 6 meter dimana tanamannya hampir sama dengan jagung. Sorgum umumnya dimanfaatkan untuk pakan ternak ruminansia pada musim kemarau.

Berdasarkan penelitian, syarat lahan yang cocok untuk pertumbuhan optimal tanaman sorgum yaitu pada suhu 20 hingga 30 derajat celcius. Selain itu, kelembaban relatifnya juga harus sekitar 20% sampai 40% dengan suhu tanah lebih kurang 25 derajat celcius. Ketinggian kurang lebih harus 800 dibawah permukaan laut dengan curah hujan 375 – 425/th dan derajat keasaman ph 5,0 hingga 7,5 (netral). Sorgum juga sangat cocok ditanam pada tanah yang mengandung pasir serta bahan organik yang cukup.

Keunggulan lain dari tanaman sorgum adalah mudah ditanaman. Menurut Dr Ningkoesoemaningtyas, seorang peneliti dari Institut Pertanian Bogor (IPB) di Trubus, sorgum dapat tumbuh di tanah marjinal. Tanah marjinal ini memiliki kandungan asam tinggi sehingga dapat menyebabtkan akan tanaman lain rusak.


Manfaat Tanaman Sorgum Sebagai Pakan Ternak

Setelah ditanam dan dilakukan perawatan, tanaman sorgum bisa dipanen pada umur 3 sampai 4 bulan setelah tanam. Panen juga bisa dilakukan ketika daun sudah berwarna kuning serta mengering. Panen juga sebaiknya dilakukan ketika cuaca sedang cerah dan cara terbaik untuk memanennya sendiri yaitu dengan memotong tangkai malai sepanjang 15-20 cm.

Selanjutnya malai harus dijemur di bawah sinar matahari hingga rontok. Terlepas dari masa panen, tentu ada beberapa manfaat tanaman sorgum sebagai pakan ternak. Berikut beberapa diantaranya:

· Penggunaan biji sorgum pada ransum pakan ternak bersifat sebagai suplemen atau subsititusi terhadap jagung. Namun dikarenakan kandungan taninnya cukup tinggi, biji sorgum ini hanya digunakan dalam jumlah yang terbatas karena bisa berpengaruh pada fungsi protein dan asam amino. Pemanfaatan biji sorgum untuk pakan ternak ini bisa bermanfaat untuk membantu pertumbuhan ternak.

· Biji sorgum yang diberikan langsung atau dicampur dengan bahan lainnya seperti kacang tanah, tepung ikan, vitamin dan mineral bisa membantu performa dari hewan ternak.

· Daun sorgum tidak bisa diberikan langsung kepada ternak melainkan harus dilayukan terlebih dahulu sekitar 2 sampai 3 jam. Hal ini dilakukan agar ternak tidak terkena kembung. Nutrisi dari daun sorgum terdiri setara dengan rumput gajah serta pucuk tebu yang mudah dicerna oleh ternak.

Nah itulah sekilas tentang pemanfaatan sorgum sebagai pakan ternak. Sorgum memang bisa menjadi solusi hijaun ternak di musim kemarau. Namun, dalam pengolahannya tentu anda perlu memperhatikan beberapa hal terutama pada kuantitas pemberian sorgum agar ternak anda tetap sehat.


Share Ya!