Cara Mengetahui Umur Kucing dari Ciri Fisiknya


foto oleh unsplash


Mengetahui umur kucing secara pasti ternyata tidak mudah, kecuali Anda mengetahui atau mencatat kapan kucing dilahirkan. Namun, ada cara mengetahui umur kucing. Yakni, dengan melihat perkembangan fisik kucing seiring bertambahnya usia kucing Anda.


Cara Mengetahui Umur Kucing

Untuk Anda penggemar binatang kucing, ada beberapa cara untuk mengetahui umur kucing. Berikut ciri-ciri fisiknya.


1. Jumlah Gigi

Kondisi gigi kucing akan mengalami perubahan seiring bertambahnya usia. Anda bisa mengetahui berapa usia kucing dari jumlah giginya. Untuk umur 2-4 minggu ditandai tumbuhnya gigi seri, dan menginjak usia 3-4 minggu tumbuh gigi taring. Pada usia 4-6 minggu, gigi gerahamnya tumbuh.

Untuk umur kucing yang belum mencapai 4 bulan biasanya belum tumbuh gigi geraham. Usia kucing sudah dianggap dewasa jika sudah mencapai 6-12 bulan, karena semua gigi dewasa telah tumbuh. Umumnya, gigi dewasa berwarna putih bersih.


2. Warna Gigi

Cara mengetahui usia kucing juga bisa dilihat dari warna giginya. Seiring bertambahnya usia, warna gigi kucing akan mengalami perubahan, yakni berubah warna menjadi kuning.

Perubahan ini juga terjadi karena adanya proses penuaan. Warna kuning pada gigi juga menandakan kucing sudah dewasa dan tua. Anda bisa menentukan usia kucing dari warna kuningnya.

Warna sedikit kuning, misalnya, menandakan kucing Anda sudah berusia 2 tahun. Makin kuning makin bertambah usia. Usia 5 tahun warna giginya bertambah kuning hingga mencapai usia 10 tahun sudah tampak kuning nyata.


3. Pemeriksaan Gigi

Untuk menentukan berapa usia kucing Anda juga bisa dilakukan dengan memeriksa giginya. Biasanya, semakin tua usia kucing akan semakin usang warna giginya. Gigi berwarna usang menandakan gigi tersebut sudah kehilangan ketajamannya.

Usia makin tua, gigi kucing juga makin tumpul - tidak lagi tajam seperti gigi pada kucing usia muda. Bahkan, ada beberapa gigi kucing yang sudah berumur patah.

Secara umum, jika kucing sudah menginjak umur 5 tahun maka giginya akan semakin tumpul.


4. Tekstur Bulu

Tekstur bulu juga bisa menjadi salah satu cara mengetahui berapa umur kucing Anda. Anda bisa merasakan tekstur kelembutan bulunya. Semakin bertambahnya usia maka secara otomatis tekstur bulunya akan terasa berbeda.

Dari tekstur bulunya, kucing muda umumnya memiliki bulu yang lebih lebat dan terasa halus. Berbeda dengan kucing yang sudah berumur tentu bulunya sudah tidak halus lagi, bahkan cenderung kasar dan tampak kusam.


5. Tipe Tubuh

Cara lain untuk mengetahui usia kucing Anda adalah dengan memperhatikan tipe tubuhnya. Sebab, semakin bertambah usia kucing umumnya akan berpengaruh terhadap aktivitasnya.

Demikian pula bentuk fisik kucing usia lebih tua tentu berbeda dengan kucing usia muda. Layaknya manusia, lantaran banyak bergerak, kucing muda juga tampak lebih cekatan. Sebaliknya, kucing tua bentuknya cenderung bulat dan berisi.


6. Pola Tidur

Ketika kucing Anda sedang tidur, coba perhatikan bagaimana cara tidurnya. Sebab, dari pola tidurnya, kucing bisa diketahui berapa usianya. Setiap kucing memiliki cara tidur yang berbeda. Hal ini sangat dipengaruhi oleh usia kucing.

Dari posisi tidur, Anda bisa memperkirakan usia kucing. Misalnya, kucing usia 2-6 minggu, posisi tidurnya cenderung normal. Namun, kucing berumur diatas 1 tahun, pola tidurnya akan terlihat lucu karena banyak gaya.


7. Suasana Hati

Tidak hanya manusia, kucing juga bergerak sesuai suasana hati. Termasuk bertambahnya usia menyebabkan suasana hati setiap kucing berbeda-beda.

Untuk kucing yang sudah berusia tua, misalnya, penglihatan dan pendengarannya mulai berkurang. Bahkan beberapa kucing juga sering sakit-sakitan. Ini semua sangat mempengaruhi suasana hati si kucing.


Pastinya Anda tidak akan pernah kehilangan cara mengetahui umur kucing. Sebab, dengan cara mengetahui usianya, Anda akan lebih mudah merawatnya. Demikian pula Anda juga bisa memberikan makanan sesuai porsi yang tepat dan nutrisi yang dibutuhkan.

14 views0 comments