• admin

Ciri Fisik Dan Tips Merawat Anjing Alaskan Malamute yang Gagah


foto oleh unsplash


Seperti yang kita tahu bahwa anjing merupakan salah satu hewan peliharaan yang paling setia. Saat ini anjing yang selalu dijadikan sebagai hewan peliharaan memang beragam, salah satunya adalah Alaskan Malamute. Berbicara tentang anjing yang satu ini, pastinya tak asing. Ya, anjing jenis ini memang kerap selalu muncul dibeberapa film.

Alaskan Malamute merupakan jenis anjing besar yang berasal dari Mahelmuts Alaska, Amerika Serikat. Sebelum akhirnya menjadi salah satu hewan yang dipelihara seperti sekarang, anjing gagah ini dirawat oleh penduduk asli Alaska dari 2.000 sampai 3.000 tahun yang lalu. Anjing ini dinamakan Alaskan Malamute karena memang berada di daerah Alaska dan penduduk aslinya disebut dengan Inuit atau Mahelmuts.

Alaskan Malamute juga termasuk kedalam keluarga jenis Siberiaan Husky, Anjing Eskimo serta Anjing Samoyed. Biasanya oleh suku Eskimo, anjing jenis ini seringkali digunakan sebagai alat transportasi dari satu tempat ke tempat lain. Selain digunakan sebagai alat transportasi, anjing ini juga mampu menarik berbagai macam kereta luncur yang berisi material atau bahan makanan. Alaska sendiri secara geografis terpisah oleh selat bering dari dataran Siberia.


Inilah Ciri Fisik Anjing Alaskan Malamute

Alaskan Malamute juga memiliki ciri fisik yang tentu saja mudah sekali dikenali. Dari ciri fisik ini maka anda pastinya akan lebih mudah membedakan anjing jenis ini dengan jenis lainnya. Lalu, bagaimana ciri fisik Alaskan Malamute? Berikut beberapa ciri fisiknya:

· Memiliki Tubuh Gagah

Ciri fisik yang pertama yaitu memiliki tubuh sangat gagah. Pembentukan tubuhnya sendiri terjadi dikarenakan anjing tersebut sangat aktif. Ada berbagai aktivitas yang selalu dilakukannya yaitu seperti menggali tanah, berlari, menarik kerta serta masih banyak lagi. Selain itu tubuh gagahnya juga bisa dilihat dari tingginya. Alaskan Malamute jantan tingginya bisa mencapai 25 inchi sedangkan untuk betina bisa mencapai 23 inchi. Namun dibeberapa kondisi ada juga Alaskan Malamute betina memiliki tinggi dan serta berat lebih besar dari jantan.

· Memiliki Kepala Besar Dan Lebar

Alaskan Malamute juga memiliki bentuk kepala yang bundar serta lebar. Selain itu moncongnya juga memiliki ukuran sedang serta tidak meruncing pada bagian ujungnya. Kepala Alaskan Malamute cenderung lebih lebar dengan telinga yang tegak. Alaskan Malamute juga memiliki mata kecil seperti biji kacang almond dengan warna mata coklat tua.

· Memiliki Cakar Hampir Menyerupai Kucing

Cakar dari anjing ini juga hampir mirip dengan kucing karena cakarnya menghadap kebawah. Nah, fungsi cakarnya sendiri yaitu untuk mencengkram permukaan kuas agar tidak tergelincir pada saat menarik kereta.

· Memiliki Bulu Halus Serta Lembut

Bulu dari Alaskan Malamute sangatlah halus dan lembut. Tak hanya itu saja, anjing ini juga memiliki bulu yang bersih karena mereka mampu membersihkan kotorannya sendiri. Bulu Alaskan Malamute terdiri dari dua lapis serta tersusun lebih rapat. Dua lapis bulu dari anjing ini terdiri dari lapisan luar dimana bulunya seperti karpet. Sedangkan lapisan kedua yaitu bagian dalam yang halus seperti kapas. Fungsi dari bulu ini tentunya sebagai penjaga kehangatan karena seperti kita tahu bahwa habitat aslinya berasal dari iklim dingin. Warna bulu Alaskan Malamute juga sama seperti serigala, namun warna utamanya yaitu abu serta hitam atau ada juga yang kombinasi dari dua warna tersebut.

· Memiliki Kaki Jenjang Serta Besar

Alaskan Malamute juga memiliki kaki yang jenjang serta besar. Permukaan kakinya terdapat bantalan sehingga dengan begitu bisa memudahkan mereka untuk berjalan di salju. Kaki depannya sangat kuat sehingga tak mengherankan jika anjing ini selalu dijadikan sebagai alat transportasi. Kaki serta moncong dari anjing ini juga umumnya berwarna putih yang lebih cerah dari badanya.

· Perbandingan dengan Siberian Husky

Alaskan malamute dan Siberian husky kerap dianggap anjing yang sama. Walaupun begitu terdapat beberapa perbadaan yaitu :

a. Alaskan malamute memiliki tubuh yang lebih besar daripada Siberian husky

b. Siberian husky memiliki bola mata berwarna biru

Nah, itulah beberapa ciri fisik dari Alaskan Malamute yang pastinya mudah sekali untuk anda kenali. Bagi anda yang saat ini sedang berencana untuk memelihara hewan yang satu ini pastinya harus tahu terlebih dahulu bagaimana cara merawat hewan yang satu ini.


Berikut Ini Cara Merawat Anjing Alaskan Malamute

Memelihara hewan memang bukanlah hal yang mudah apalagi jika anda memelihara anjing jenis Alaskan Malamute. Perawatan anjing ini memang bisa dikatakan gampang-gampang susah. Berikut ini cara merawat anjing jenis Alaskan Malamute yang sebaiknya diketahui:

1. Pastikan Selalu Memperhatikan Makanan Yang Dikonsumsi

Makanan menjadi salah satu bagian terpenting yang harus selalu diperhatikan. Setiap hewan pastinya memiliki selera berbeda terhadap makanan yang akan dimakannya. Untuk anjing jenis Alaskan Malamute sendiri biasanya hanya diberikan makanan khusus anjing (dog food). Pastikan berilah makan anjing ini sesuai porsi dan jadwalnya. Tidak lupa juga, rutin memberinya minum!

2. Sering Ajak Jalan

Alaskan Malamute merupakan anjing aktif dan pejalan yang tangguh. Jadi, ketika anda menjadikan Alaskan Malamute sebagai hewan peliharaan, bawalah anjing tersebut jalan-jalan minimalnya 3 kali sehari terutama siang hari.

3. Pastikan Tempatkan Anjing Alaskan Malamute Di Suhu Dingin

Habitat asli Alaskan Malamute yaitu daerah bersalju atau dingin sehingga pastikan anda selalu menempatkan hewan ini pada suhu ruangan yang dingin agar mereka bisa tidur. Minimal suhu ruangan harus selalu menyala pada suhu 20 derajat celcius.

4. Selalu Perhatikan Kebersihan Tubuhnya

Pastikan anda selalu menjaga kebersihan tubuhnya, selain harus rajin menyikat bulunya setiap hari dengan menggunakan sisir logam atau sikan pin oval. Usahakan mandikan juga anjing ini setiap beberapa bulan sekali. Anda juga bisa membawanya ke groomer profesional setiap setahun sekali. Kukunya juga harus selalu dipotong, selain itu telinga serta giginya juga harus selalu dibersihkan.

Itulah sedikit ulasan mengenai bagaiman cara merawat anjing Alaskan Malamute yang sebaiknya anda ketahui. Cara diatas tentunya perlu diperhatikan, tidak lupa juga pastikan anda selalu membawanya ke dokter hewan terdekat untuk memeriksa kesehatannya dan juga memberikan vaksin.