• admin

Ciri, keunikan dan cara merawat anjing mini poodle


foto oleh unsplash


Tingkah lakunya yang lucu dan bulunya yang berbentuk keriting menjadikan anjing mini poordle salah satu pilihan favorit untuk dipelihara. Tidak terlalu besar, cepat beradaptasi dilingkungan baru dan pandai bersahabat dengan manusia menjadi alasan utama lain mengapa hewan ini disukai.

Menurut sejarahnya, Anjing ini digunakan untuk berburu dan menangkap unggas didalam air. Selain itu, karena kecerdasan tingkahnya yang atraktif, bisa diberikan pelajaran apa pun. Tidak heran, bila jenis ini selalu memenangkan berbagai macam kontes. Bahkan bisa juga digunakan sebagai penjaga rumah.


Ciri Anjing Mini Poodle

Anjing mini poodle ini memiliki beberapa varian seperti Toy, Miniatur dan standar. Secara keseluruhan, tingginya tidak lebih dari 25 inci. Bahkan, ada yang hanya 10 inci saja. Secara umum, karakteristik khasnya bisa dilihat di telinga yang bentuknya panjang menggantung.

Kalau Anda perhatikan, bentuk anatomi kepalanya bulat dan moncong yang panjang. Beberapa negara, ekornya sering dipotong atau dikenal dengan docking. Saat ini praktikum seperti ini sudah mulai dilarang. Walaupun, masih sering terjadi dan itu ilegal.

Warna bulunya sendiri beragam, tidak hanya melulu putih. Ada biru, abu-abu, cokelat, dan aprikot. Di antara jantan maupun betina memang mirip. Untuk membedakannya keduanya perhatikan ekor. Biasanya jantan mempunyai ekor yang lebih panjang dibandingkan betina. Untuk sifatnya sendiri ketiga jenis ini mempunyai sifat berbeda.

Jenis Toy dan Miniatur lebih pemalu, untuk standard lebih berani. Untuk harganya dipasaran mereka bertiga terhitung sangat tinggi. Sesuai dengan jenis kelamin, warna bulu, dan usia. Ada lagi jenis Tiny dan Teacup ditaksir lebih tinggi daripada jenis Toy dan Miniatur.


Cara Merawat Anjing Mini Poodle dengan Baik

Merawat anjing mini poodle ini tidak terlalu sulit tetapi butuh perhatian khusus terutama pada bulunya. Hampir seluruh bagian tubuh tertutupi bulu termasuk pada bagian lubang telinganya. Sebagai hewan peliharaan yang mementingkan penampilan dibutuhkan perawatan khusus.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal Anda harus sisir bulunya setiap hari. Bersihkan bagian telinga dengan cara mencabut dan mencukur bulu yang bersarang disana. Ada juga leher, kaki, moncong ekor secara rutin. Minimal dilakukan setiap 6 minggu sekali agar terlihat cantik sekaligus rapi.

Sebaik nya, tidak dibawa ke area kotor seperti taman yang berlumpur. Hal ini bisa menyebabkan bakteri dan kuman menempel. Sehingga, mempengaruhi kesehatannya, kecuali bila Anda langsung membersihkannya dengan cara memandikannya. Soal mandi sebaiknya dilakukan minimal satu minggu sekali.

Anjing ini saat dimandikan sebaiknya bagian telinga Anda tutup terlebih dahulu dengan menggunakan kapas. Agar air tidak masuk, gunakan sampo khusus yang mengandung zat tearless. Gunakan blower untuk mengeringkan bulu hewan ini.

Saat melakukan proses ini, perhatikan secara detail apakah terdapat luka atau tidak. Selanjutnya, bersihkan bagian telinga dengan kapas dan pinset. Gunakan alkohol untuk memudahkan mengeluarkan kotoran. Selanjutnya, potong kuku dan bulu terutama bagian dubur agar kotoran tidak menempel saat buang air.

Untuk makanannya penuhi dengan produk yang kaya akan kalsium, kalori, dan protein terutama pada usia di bawah 1 tahun. Lalu, berikan makan sedikit tapi sering agar tidak merasa kekenyangan. Bagi yang sudah berusia 1 tahun ke atas, bisa dijadwalkan satu hari dua kali.


Masalah Kesehatan yang Sering Terjadi

Masalah kesehatan memang sering terjadi pada Anjing ras ini. Terutama masalah gangguan kulit yang merupakan penyakit keturunan. Bila hal ini terjadi pada Hewan peliharaan Anda, segera bawa ke Dokter Hewan terdekat. Hal ini ditandai dengan bulu yang rontok secara tidak wajar.

Munculnya ketombe dalam jumlah banyak serta terjadinya penebalan pada kulit Anjing itu sendiri. Penyakit ini disebut dengan sebaceous adenitis. Tidak hanya penyakit keturunan saja, masih ada beberapa gangguan kesehatan seperti, epilepsi, displasia pinggul, serta saraf optik yang cukup berbahaya.

Biasanya berbagai penyakit ini muncul akibat dari berbagai kuman dan bakteri yang terdapat dalam kandang. Oleh karena itu, bersihkan kandang minimal 2 kali dalam seminggu. Saat mencuci semprotkan spray non alkohol, menghindari bau tidak sedap dan tetap terlihat segar sepanjang waktu.


Hewan peliharaan ini memang bisa Anda jadikan alternatif. Perawatannya tidak sulit, dan tidak membutuhkan biaya yang cukup banyak. Terpenting adalah perhatikan makan dan kebersihan kandang. Anjing mini poodle adalah jenis yang lucu dan cocok dijadikan sebagai sahabat.

19 views0 comments