• admin

Mengenal Anjing Pug Serta Cara Tepat Merawatnya


foto oleh unsplash


Anjing pug adalah salah satu jenis anjing yang cocok untuk dijadikan hewan peliharaan. Hal ini bahkan sudah dilakukan sejak masa sebelum masehi. Dahulu jenis hewan ini dipelihara sebagai penghibur para Raja Tiongkok tepatnya pada saat dinasti Shang, 1776 – 1122 SM.

Kepopuleran anjing menggemaskan ini terus menyebar luas, tidak hanya di Tiongkok, namun juga negara – negara lain. Pug dibawa oleh para pedagang ke negara lain untuk menjadi hewan peliharaan. Anjing ini menyebar ke Tibet, Jepang, Eropa, dan terus berkembang hingga sekarang dapat ditemukan dengan sangat mudah di Indonesia.

Pug bahkan sempat sangat terkenal di kalangan bangsawan dan raja eropa abad 17. Tidak heran dari dulu hingga sekarang kepopulerannya terus meningkat. Ia memiliki bentuk postur yang lucu serta sifat aktif walau memang cenderung nakal sehingga semakin banyak orang yang menyukainya.


Ciri Khas Anjing Pug

Anjing ini memiliki ciri khas yang membuatnya terlihat sangat berbeda dibandingkan dengan ras lain. Bentuk kepalanya terlihat oval dan terisi penuh dengan mata bulat gelap seperti melotot. Hidungnya pesek, walau tidak sepesek Pekingese, dan Rahang bawahnya relatif lebih maju melebihi rahang atasnya.

Bentuk badannya gempal dan pendek diselimuti oleh bulu pendek berbentuk lurus. Ekornya melingkar pendek dengan keadaan selalu melingkar ke atas hingga menyentuh punggung. Ia juga memiliki daun telinga lembut dan seakan jatuh. Daun telinga ini ada yang berbentuk seperti kancing dan ada pula seperti mawar.

Pug memiliki khas di bagian mukanya, yaitu di bagian moncongnya yang berwarna hitam atau cokelat sangat tua. Selain itu terdapat bercak hitam di bagian pipi dekat dengan matanya yang melotot. Bercak tersebut umumnya disebut ”beauty spot” karena tidak dimiliki oleh jenis ras lainnya.


Makanan yang Akan Diberikan Kepada Anjing Pug

Bila Anda mau memelihara anjing jenis ini, maka perhatikan lah makanan yang akan diberikan. Anda dapat memberikan dog food dengan komposisi protein serta lemak sedang. Protein ideal yang dibutuhkan oleh ras ini adalah 25% serta lemak sekitar 10 hingga 12%. Jangan sampai melebihinya karena dapat menyebabkan infeksi kulit serta gangguan pencernaan.

Nafsu makan pug sangat tinggi sehingga jangan sampai memberinya jumlah makanan melebihi kebutuhannya. Anda harus menggunakan porsi secukupnya agar pencernaan lancar dan tidak kegemukan/obesitas. Porsi makan dapat disesuaikan dengan kebutuhan serta kondisi dari anjing pug Anda.

Bila sedang memilih makanan, pastikan kualitasnya baik dengan mengandung banyak vitamin untuk kesehatannya. Mulai dari kesehatan kulit hingga bulu karena bulunya mudah rontok bila tidak menggunakan makanan tepat. Anda bisa menggabungkannya antara makanan kering serta basah, atau sesuai kebutuhan.


Jaga Kebersihan Anjing Pug Karena Tingkahnya sangat Aktif

Ketika memelihara hewan ini, menjaga kebersihannya sangat penting untuk dilakukan karena tingkahnya sangat aktif. Bila kebersihan tersebut tidak dijaga, maka dapat mempengaruhi kesehatannya serta keaktifannya. Beberapa cara diantaranya adalah mandikan dengan teratur serta berilah kandang yang bersih.

Untuk memandikan nya dapat sesuai kebutuhan, atau seminggu sekali. Sedangkan untuk membersihkan lipatan kulit, telinga, dan hidung dapat dilakukan setiap hari. Kuku kuku anjing ini juga lebih baik pendek karena sering menggores mata besarnya, tentu hal tersebut tidak diinginkan karena dapat menghasilkan infeksi.

Jangan biarkan anjing kesayangan Anda sering berada di luar rumah dengan kondisi cuaca tidak menentu. Bila tidak diawasi, maka dapat menimbulkan masalah pernafasan karena hidungnya pendek. Pastikan Anda menjaganya dengan baik serta memberi makanan cukup agar nutrisinya terpenuhi dan anjing pug dapat tumbuh sehat.

8 views0 comments