• admin

Lucu Dan Menggemaskan, Inilah Sejarah, Ciri Dan Keunikan Anjing Shih Tzu!


foto oleh pixabay


Menggemaskan, ceria, memberikan efek bahagia serta senang dimanja hal ini patut disematkan untuk Anjing Shih Tzu. Diantara sekian banyaknya jenis anjing yang bisa dipelihara, anjing jenis ini juga memang sangat pas untuk dijadikan sebagai peliharaan. Shih Tzu merupakan jenis anjing yang cenderung selalu ceria, bahagian dan selalu ingin dimanja. Anjing ini memang senang hidup berdampingan dengan manusia sehingga tak mengherankan banyak yang menyukainya.


Sejarah Awal Mula Anjing Shih Tzu

Pada zaman dulu, bagi para biksu Shih Tzu sering dipelihara sebagai sahabat sekaligus pengawas. Shih Tzu sendiri merupakan anjing berasal dari Tibet dan pada abad ke-7, anjing ini merupakan anjing terkecil dari anjing Lhasa Apso. Pemberian nama Shih Tzu sendiri berasal dari bahasa China yang berarti “Anjing Singa”. Anjing ini selalu diberikan sebagai hadiah kepada kaisar China dimana ras ini memang berkembang hingga sekarang.

Keluarga dari kerajaan China memelihara serta mengembangbiakkan Shih Tzu. Pada saat Inggris tiba, ras tersebut dibawa ke Inggris lalu setelah itu ke Amerika Serikat. Namun sayangnya, rezim komunis di China memusnahkan sebagian dari stok asli jenis anjing tersebut.

Sebenarnya anjing jenis ini tidak tercipta untuk menjadi anjing penjaga, memburu hewan ataupun menelusuri gang. Melainkan anjing tersebut mengonggong ketika mereka membutuhkan perhatian atau memperingatkan sesuatu ketika ada yang ganjal. Perlakuan anjing terhadap orang asing sebenarnya sama seperti anda memperlakukan orang tersebut. Apabila anda ramah maka anjing tersebut akan ramah.

Walaupun sudah menjadi “anjing terhormat” dari dulu namun karakternya justru tidak terbentuk menjadi agresif dan arogan. Melainkan sebaliknya, dimana anjing jenis ini sangat senang sekali dimanja dan penyayang. Shih Tzu juga merupakan anjing cerdas yang suka belajar dan mereka sangat patuh.

Anjing jenis ini hadir dengan variasi warna. Ada berbagai perpaduan warna seperti emas dan putih, merah dan putih, hitam dan putih, dan sebagainya. Walaupun sempat menjadi anjing kesayangan para kaisar, jika ingin memeliharanya anda tidak perlu memberikan suguhan khusus. Shih Tzu merupakan anjing dengan tipikal bisa menyesuaikan diri dan bukan merupakan anjing liar. Intinya, anjing ini selalu membutuhkan rumah.


Keunikan Dan Ciri-Ciri Anjing Shih Tzu

Shih Tzu merupakan salah satu dari ras anjing paling tua. Ras tersebut berasal dari Tiongkok dan termasuk kedalam “toy Breed” yang berarti berukuran kecil dan idealnya dijadikan sebagai anjing pendamping. Panjang tubuh anjing ini yaitu sekitar 20 hingga 28 cm dengan bobot 4 hingg 7,3 kg. Dengan ukuran panjang dan bobot ini maka dipastikan anjing jenis ini mudah dibawa kemana-mana.

Selain manis, anjing mungil yang satu ini juga sepertinya diciptakan untuk menebarkan rasa cinta serta memperoleh rasa cinta. Mereka sangat senang sekali bermain, sesekali bertingkah nakal, manja, energik dan aktif. Shih Tzu memang sangat senang sekali mencari perhatian manusia namun keramahannya terhadap anak tetap harus diwaspadai orang dewasa.

Untuk ciri dari anjing yang satu ini sendiri umumnya memiliki tubuh yang mungil dengan bulu yang lebat dan lembut. Anda tentu saja, perlu merapikan agar terlihat lebih menggemaskan. Bulu anjing ini terdiri dari berbagai warna namun paling sering ditemukan yaitu perpaduan antara warna emas dan putih. Bulu pada tubuhnya cukup padat sedikit bergelombang. Untuk anjing Shih Tzu betina, pada waktu tertentu bulunya menjadi lebih tipis karena adanya perubahan hormon. Hidung anjing ini memang lebar dengan lubang hidung terbuka.


Nah itulah keunikan serta ciri-ciri dari anjing Shih Tzu. Sungguh menggemaskan bukan? Jadi, apakah anda tertarik untuk menjadikannya hewan peliharaan? Anjing ini memang sangat ramah dan penyayang sehingga tidak ada perlakukan khusus jika anda ingin memilikinya.

11 views0 comments