Jangan Sampai Salah! Inilah Cara Mengelus Kucing Paling Tepat Yang Sebaiknya Diketahui!


foto oleh unsplash


Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan favorit di seluruh dunia. Ya, kucing memang menjadi salah satu hewan yang menggemaskan sekaligus menenangkan. Tak heran, jika banyak sekali orang yang berusaha untuk menyentuh serta mengelusnya. Walaupun tidak selalu memberikan perlawanan, namun perlu anda tahu jika kucing juga belum tentu mau dipegang sembarangan. Sebagai pecinta kucing, anda perlu tahu bagaimana cara mengelus kucing yang tepat.


Berikut Ini Cara Mengelus Kucing Paling Tepat Yang Sebaiknya Diketahui!

Dibalik tingkahnya yang sangat menggemaskan, kucing ternyata merupakan hewan yang sulit ditebak. Terkadang mereka suka mencari perhatian dengan menggesekkan tubuhnya ke kaki atau naik ke pangkuan. Namun di lain waktu, kucing juga bisa saja menolak sentuhan yang dilakukan oleh manusia, tak jarang ketika sedang tidak mood mereka juga akan mendaratkan cakaran ke tangan anda.

Banyak sekali faktor penyebab mengapa kucing anda menolak sentuhan manusia, salah satunya karena cara mengelus yang salah. Perlu anda ketahui bahwa terdapat cara mengelus kucing yang tepat dan benar yang sebaiknya anda ketahui. Ingin tahu bagaimana caranya? Simak berikut beberapa diantaranya:


1. Perkenalkan Diri Anda Sebelum Mengelus

Layaknya saat berinteraksi dengan manusia, anda juga tentu perlu memperkenalkan diri anda terlebih dahulu kepada hewan berbulu. Cara yang bisa anda lakukan ini tentu saja tidak sulit, anda hanya perlu menjulurkan tangan ke hadapan kucing. Jika kucing tersebut merasa tertarik, maka mereka akan mengendus-endus tangan anda.

Hal tersebut menjadi cara mamalia untuk mengidentifikasi jika anda adalah ancaman atau bukan. Lalu, apa yang menunjukkan jika kita diperbolehkan untuk mengelusnya? Nah, anda akan diberikan “lampu hijau” saat kucing tersebut akhirnya menggesekkan kepalanya kepada anda. hal tersebut menandakan bahwa mereka tidak keberatan jika anda sentuh. Namun lakukan hal tersebut secara perlahan jangan tergesa-gesa.


2. Agar Kucing Tidak Merasa Terancam, Ini Tindakan Yang Harus Anda Lakukan

Selain memperkenalkan diri anda sebelum mengelusnya, hal yang tak kalah penting saat anda ingin mendekatkan diri ke hewan menggemaskan ini yaitu membuat anda tidak menjadi ancaman untuknya. Terdapat beberapa hal yang harus anda lakukan, seperti:

  • Pastikan hindari membuat suara keras serta gerakan mendadak karena hal ini bisa membuat kucing kaget.

  • Jangan mengejar mereka karena hal ini akan membuatnya takut dan membuat image anda dihadapannya menjadi sangat buruk.

  • Dekati kucing secara perlahan kemudian duduk di lantai sampai mata anda sejajar dengan kucing.

  • Jangan membayangi serta berdiri di hadapannya karena hal tersebut akan membuat anda terlihat lebih besar dan menjadi ancaman.

  • Cobalah untuk mendekati kucing dengan memberikannya makanan. Namun pastikan hindari masuk ke teritorinya seperti area tempat tidurnya, kandang dan lainnya.


3. Ketahui Area-Area Yang Sebaiknya Anda Elus

Selanjutnya anda juga perlu mengetahui area-area yang sebaiknya anda elus. Terdapat beberapa area dimana ketika anda mengelusnya, kucing tersebut akan merasa tenang. Berikut beberapa diantaranya:

  • Area dahi diantara kepala.

  • Belakang kepala.

  • Area pipi.

  • Dibawah dagu.


4. Hindari Mengelus Area Terlarang

Terakhir, pastikan anda juga mengetahui area-area terlarang. Seperti:

  • Ekor.

  • Kaki.

  • Perut.

Saat anda mencoba untuk memegang ekor kucing, maka dipastikan kucing tersebut akan langsung menyerang anda pasalnya ekor merupakan bagian tubuh yang sangat penting untuk keseimbangannya. Begitupun dengan bagian perut yang merupakan bagian tubuh paling pribadi, bagi mamalia, perut merupakan bagian tubuh yang rentah sehingga ketika ada manusia yang menyentuhnya mereka merasa lemah.

Selain cara-cara diatas, anda juga tentu saja perlu tahu tanda yang bisa menunjukkan jika kucing sedang merasa nyaman dan memperbolehkan anda untuk menyentuhnya. Berikut beberapa tandanya:

  • Ekspresi wajah terlihat rileks dan telingan meruncing kedepan.

  • Mengeluarkan suara seperti mendengkur.

  • Memberikan dorongan lembut saat anda berhenti mengelusnya.

  • Menggoyang-goyangkan ekor.

  • Kaki depan melakukan gerakan memijat.

Itulah sekilas tentang cara mengelus kucing yang tepat dan benar yang sebaiknya anda ketahui. Cara diatas tentu tidak boleh anda lewatkan agar elusan yang anda lakukan tidak berakhir dengan cakaran. Namun jika masih belum berhasil, jangan patah semangat, mungkin saja mood Anda dan mood kucing memang sedang tidak cocok. Bahkan Lisa Blackpink pun juga pernah "ditolak" kucingnya :)


Selamat mencoba!



Foto Lisa Blackpink oleh https://kpopkuy.com

13 views0 comments