Seberapa Pentingkah Asam Folat Untuk Kucing? Simak Penjelasannya Berikut Ini!


foto oleh unsplash


Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh agar tetap sehat, sebagian besar orang biasanya mengkonsumsi vitamin. Ya, mengkonsumsi vitamin setiap hari memang diketahui sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Namun bagaimana dengan hewan seperti kucing? Apakah kucing membutuhkan vitamin untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya? Penasaran? Jika Ya, simak penjelasannya berikut ini!


Pentingkah Asupan Vitamin Untuk Kucing?

Layaknya seperti manusia, kucing juga membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang agar bisa tumbuh kembang dengan baik. Asupan nutrisi untuk kucing berasal dari makanan yang diberikan. Nah, oleh sebab itu sebagai pemilik anda perlu memilih makanan kucing dengan kualitas terbaik. Terdapat 13 jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kucing, berikut vitamin-vitamin tersebut:

· Vitamin D3.

· Vitamin E.

· Vitamin A.

· Magnesium.

· Fosfor.

· Vitamin K.

· Madu.

· Protein.

· Hemoglobin.

· Asam Folat (Vitamin B9)

· Vitamin B1, B2, B6, B12.

· Kalsium.

Diantara ke-13 vitamin yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh kucing, asam folat menjadi salah satu vitamin yang memang dibutuhkan untuk kesehatan kucing terutama untuk kucing yang sedang hamil dan menyusui.

Asam folat sangat baik untuk otak serta syaraf janin kucing sehingga membuat pertumbuhan janin dalam rahin berjalan dengan normal. Alhasil, janin akan terhindar dari berbagai penyakit dan mencagah cacat janin. Tak hanya itu saja, terdapat beberapa manfaat asam folat untuk kucing yang sebaiknya diketahui.


Berikut Manfaat Asam Folat Untuk Kucing Yang Tak Boleh Terlewatkan

Asam folat menjadi salah satu vitamin yang memberikan banyak sekali manfaat untuk kucing. Selain membantu pertumbuhan janin kucing agar tidak lahir cacat dan pertumbuhan kitten, berikut ini beberapa manfaat asam folat untuk kucing yang sebaiknya anda ketahui:


Mencegah Anemia

Kucing yang kekurangan asupan nutrisi asam folat akan beresiko tinggi terserang anemia. Hal ini tentu saja perlu menjadi perhatian semua pemilik kucing karena anemia pada kucing bisa menyebabkan kematian jika tidak ditangani dengan baik.

Asam folat memiliki peranan yang sangat penting yaitu untuk memproduksi oksigen kedalam aliran darah sehingga kadar yang dibutuhkan cukup. Saat asam folat tercukupi maka kucing akan rentan terhadap masalah gangguan sel darah merah. Pasalnya, asam folat akan membantu menciptakan hemoglobin yang merupakan protein penting untuk transportasi oksigen dalam darah.


Pertumbuhan Menjadi Lebih Baik

Manfaat asam folat untuk kucing berikutnya yaitu untuk membantu proses pertumbuhan kucing. Saat seekor kucing mengalami kekurangan asam folat, maka efeknya akan sangat jelas terlihat. Salah satu efek yang terlihat yaitu pertumbuhan yang lambat.

Hal ini bisa sangat jelas terlihat dari kucing yang usianya masih muda. Kucing dengan kekurangan asam folat juga akan lebih mudah terserang penyakit karena asupan nutrisi yang seimbang tidak didapatnya.

Asam folat sebenarnya berasal dari berbagai sumber termasuk ginjal, hati, gandum, sayuran hijau, ragi hingga rumput. Asam folat yang disarankan untuk kucing yaitu 47 mikrogram dimana kebanyakan kucing akan menerima asam folat tersebut dari makanannya entah itu makanan kering ataupun basah.

Namun untuk kucing yang menghabiskan waktu di luar rumah, mereka akan lebih sering menerima asupan asam folat dari rumput. Jadi, anda tidak perlu khawatir ketika kucing terlihat memakan rumput. Biarkan saja, selama rumput tersebut tidak tercampur dengan herbisida atau senyawa beracun lainnya. Jadi walaupun kucing merupakan karnivora kadang juga memakan rumput untuk memperoleh nutrisi ini.

Itulah sekilas tentang seberapa pentingkah asam folat untuk kucing. Dengan anda mengetahui hal diatas maka sedikit banyaknya anda sudah tahu asupan vitamin apa yang memang dibutuhkan oleh kucing kesayangan. Jadi, bisa dipastikan anda juga tidak akan sembarangan lagi dalam memberikan makanan untuk kucing anda. Semoga bermanfaat!


Baca juga : Mengapa Kucing Makan Rumput? Inilah Beberapa Penyebabnya!
39 views0 comments