Efektif Dan Terjangkau! Inilah Cara Hilangkan Kutu Pada Anjing Dengan Bahan Alami


foto oleh unsplash


Hilangkan kutu pada anjing dengan bahan alami - Bagi para pecinta hewan seperti anjing, titik terpanik yang kerap terjadi dan selalu dialami yaitu ketika hewan kesayangan anda dihinggapi kutu pada bagian tubuhnya. Bulu anjing memang sangat mudah sekali dihinggapi kutu sehingga mereka akan menggaruk-garuk bagian tubuhnya karena gatal.

Apapun jenis anjing yang anda miliki, ketika mereka memiliki kutu sudah pasti akan menimbulkan beberapa efek seperti kurus, lesu, nafsu makan berkurang dan sebagainya. Jika dibiarkan, kutu ini bisa menyebabkan anemia karena hewan kesayangan kekurangan darah. Agar hal tersebut tidak berdampak buruk Anda perlu mengetahui cara menghilangkannya.


Inilah Cara Hilangkan Kutu Pada Anjing Dengan Bahan Alami Paling Efektif Dan Terjangkau

Untuk menghilangkan kutu pada anjing sebenarnya bisa dilakukan dengan beberapa cara. Pertama, cara medis dimana anda bisa langsung ke dokter hewan terdekat. Namun jika kondisi anjing anda masih fine-fine aja, maka anda bisa menggunakan beberapa bahan alami untuk mengatasi serangan kutu. Penasaran apa saja cara hilangkan kutu pada anjing dengan bahan alami? Berikut beberapa diantaranya:


1. Memakai Lemon

Cara menghilangkan kutu pada anjing yang pertama yaitu dengan menggunakan lemon. Lemon mengandung zat asam yang sangat kuat. Ketika zat asam tersebut dioleskan pada tubuh anjing yang memiliki kutu maka dipastikan parasit tersebut akan mati atau tidak nyaman. Untuk pemakaiannya sendiri cukup mudah, berikut panduannya:

· Pertama sediakan panci, sponge, sisir dan buah lemon.

· Tambahkan air putih serta lemon kedalam panci lalu rebus ± 10 menit.

· Apabila sudah di rebus, biarkan rebusan tersebut semalam dan paginya anda bisa gunakan untuk mandi hewan kesayangan anda.

Apabila peliharaan anda berbulu pendek seperti anjing jenis pitbull, penggunaannya bisa langsung disikat bersama air lemon. Namun jika anjing tersebut berbulu lebat maka anda bisa menggunakan sponge agar bulunya tidak rusak.


foto oleh unsplash


2. Memakai Cuka Serta Spray

Selain lemon, anda juga bisa menggunakan cuka yang dimasukkan pada botol spray. Cuka memang memiliki manfaat sangat penting. Selain dapat menyehatkan tubuh anjing, cuka juga bisa digunakan untuk menghilangkan kutu. Anda hanya cukup menggunakan cuka yang telah dicampur air lalu masukkan ke botol spray. Untuk penggunaan cukanya yaitu untuk 1 liter air anda bisa memasukkan 1 sendok cuka. Anda bisa menyemprotkannya pada seluruh tubuh namun hindari area mata, hidung dan wajah.


3. Menggunakan Air Rosemary

Tahu tanaman rosemary? Nah, rosemary sendiri merupakan tanaman yang memiliki manfaat salah satunya yaitu mencegah dan membasmi kutu anjing. Untuk penggunaannya anda hanya cukup merebus sebanyak 500gr daun rosemary kedalam air mendidih selama 30 menit. Setelah itu, air rebusannya tersebut bisa dicampur kembali dengan air hangat sebanyak 4 liter. Jika sudah tercampur, anjing kesayangan anda perlu berrendam di air tersebut namun dalam hal ini anda perlu menjaga suhu dari air agar tetap hangat.


4. Menggunakan Tanah Diatom

Sebagian dari anda pastinya masih terdengar asing dengan bahan yan satu ini bukan? Tanah diatom merupakan jenis sedimen silika atau kieselgur. Sedimen ini sendiri berasal dari cangkang diatom atau alga satu sel yang ditemukan pada plankton yang memfosil. Bentuk dari tanah diatom ini seperti bedak.

Cara pemakaiannya sendiri anda tidak langsung mengaplikasikannya pada tubuh anjing, melainkan anda harus menaburkannya pada tempat tidurnya. Namun, hal ini juga harus didamping dengan salah satu cara diatas agar lebih efektif dan cepat.


Nah itula cara hilangkan kutu pada anjing dengan bahan alami. Cukup mudah bukan? Jadi, anda tidak perlu mengeluarkan budget besar untuk menghilangkan kutu. Jika cara mudah saja bisa mengapa harus yang lebih sulit. Selamat mencoba!


Baca juga : Inilah Cara Menghilangkan Penyakit Kutu Anjing Paling Ampuh!
10 views0 comments
 

Address

Indonesia

Follow

  • Twitter
  • Instagram

Blog Dokter Hewan untuk berbagi cara merawat hewan dan tips memelihara hewan
©2020 by kawanhewan.