Mengenal Ikan Siluk Merah, Maskot Indonesia Yang Hampir Punah!


foto oleh kkp.go.id (kementrian kelautan dan perikanan)


Seperti yang telah kita ketahui bersama jika kini ada banyak sekali jenis ikan hias yang bisa menjadi pilihan anda. Salah satu ikan hias yang selalu menjadi pilihan dan banyak diincar yaitu Ikan Siluk Merah. Ikan hias yang satu ini memang sangat dicari oleh para pecinta ikan hias terutama di Indonesia. Lalu, seperti apa sebenarnya Ikan Siluk Merah? Simak berikut ulasannya!


Sekilas Tentang Ikan Siluk Merah

Ikan Siluk Merah atau disebut juga dengan ikan arwana merah atau ikan naga merupakan salah satu Satwa Pesona Indonesia. Ya, ikan hias yang sangat populer dikalangan pecinta ikan hias ini telah ditetapkan sebagai Satwa Pesona Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 4 Tahun 1993 tentang Satwa dan Bunga Nasional.

Hewan ikan tawar yang bernama latin sclerophages formosus menjadi satu diantara tiga fauna yang menjadi maskot Indonesia. Dua satwa lainnya yaitu komodo dan elang jawa yang merupakan Satwa Langka Indonesia. Ketiga satwa ini biasanya menjadi maskot atau tema dalam peringatan hari cinta puspa dan satwa nasional setiap tanggal 5 november.

Di alam bebas, ikan yang satu ini merupakan penghuni asli Sungai Kapuas, Kalimantan Barat. Di lingkungan aslinya, Ikan Siluk Merah menunjukkan penurunan populasi yang cukup pesat. Hal tersebut dikarenakan adanya faktor penangkapan liar dan rendahnya daya kembang biak sehingga membuat ikan ini terancam punah.

Dibalik keindahannya, Ikan Siluk Merah telah dipercaya oleh beberapa kalangan bisa membawa keberuntungan atau hoki. Hal tersebut tentu saja dikarenakan ikan ini memiliki harga jual yang cukup tinggi.


Ciri-Ciri Fisik Dan Karakteristik Ikan Seluk Merah

Ikan Siluk Merah merupakan ikan hias varian terbaik sekaligus termahal di semua family arwanaa yang tersebar di dunia. Ikan ini memiliki pesona yang sangat eksotik, memiliki sisik yang lebar dan tersusun rapi seperti sisik ular naga sehingga mengapa ikan ini disebut juga sebagai ikan naga.

Selain memiliki sisik yang lebar dan tersusun rapi, sisik dari ikan ini juga berwarna merah emas yang menyala sehingga bisa membuatnya semakin mewah dan elegan. Warna sisi yang merah keemasan ini juga dapat menambah keperkasaan serta menjadi perlambang kuasa bagi pemiliknya.

Ikan Siluk Merah pada dasarnya memiliki gerakan yang cukup gagah namun sekaligus anggun. Karakter ini menjadi salah satu alasan mengapa banyak sekali yang menyukai ikan asal Sungai Kapuas ini. Selain menjadi ikan yang pembawaannya tenang, Ikan Siluk Merah juga mudah beradaptasi dan mudah berinteraksi dengan pemiliknya.

Dengan izin khusus, ikan arwana merah ini bisa diperdagangkan secara legal dengan syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Salah satu syarat yang harus dipenuhi yaitu Ikan Siluk Merah harus disertai dengan sertifikat serta microchip yang tertanam di dalam tubuhnya. Microchip ini menjadi tanda bahwa ikan tersebut merupakan hasil penangkaran.


Ikan Siluk Merah, Satwa Pesona Indonesia Yang Hampir Mengalami Kepunahan

Seperti yang telah disebutkan diatas jika Ikan Siluk Merah merupakan salah satu Satwa Pesona Indonesia yang hampir punah. Selain harga jualnya yang sangat tinggi, ikan jenis ini juga mengalami pemburuan liar secara brutal.

Ikan Siluk Merah menjadi komoditas ikan yang paling banyak dicari di pasar ekspor dibandingkan dengan ikan jenis lainnya. Pasar terbesarnya yaitu Jepang, Vietnam, Tiongkok, Malaysia, Thailand, Korea Selatan, Filipina, Hongkong, Taiwan hingga Singapura.

Peluang besar pasar Ikan Siluk Merah ini tentu saja memicu kekhawatiran yang besar. Walaupun kini banyak dibudidayakan di penangkaran serta terkenal di kontes Internasional, ikan jenis ini terancam di alam bebas. Kini habitat ikan ini hanya tersisa di Danau Lindung Empagau serta Danau Merebung, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Faktor kerusakan alam juga menjadi salah satu penyebab terancam punahnya Ikan Siluk Merah ini. Nah, karena hal tersebut maka akhirnya Pemerintah Indonesia memasukkan Ikan Siluk Merah pada Satwa Pesona Indonesia dimana ketika anda ingin memilikinya ikan tersebut harus memiliki sertifikat dan telah ditanamkan microchip.


Itulah sekilas tentang Ikan Siluk Merah yang tentu saja perlu anda ketahui. Pesona Ikan Siluk Merah memang sangat memanjakan mata sehingga tidak heran jika ikan air tawar satu ini banyak sekali menjadi incaran para pecinta ikan hias. Mari kita jaga ikan siluk merah dari kepunahan.


Baca juga : Mengenal Berbagai Penyakit Ikan Koi Dan Cara Menanganinya!
3 views0 comments