• admin

Mengenal Jenis Anjing Besar di Dunia Dengan Keistimewaannya

Updated: Oct 15, 2020


foto oleh unsplash


Anjing masih menjadi salah satu hewan peliharaan favorit sebagian orang. Di dunia ini, terdapat beberapa ras anjing yang memiliki keistimewaan berupa ukuran tubuhnya yang tinggi dan besar. Oleh sebagian orang, jenis anjing besar ini dimanfaatkan sebagai pemburu, penjaga, penggembala, hingga menjadi teman.


Jenis Anjing Besar

Ukuran tubuhnya yang tinggi dan besar menjadi daya tarik tersendiri. Berikut beberapa jenis anjing besar yang ada di dunia saat ini.


Great Dane

Anjing besar pertama di dunia adalah ras Great Dane. Anjing besar asal Jerman, yang merupakan hasil kawin silang antara mastiff Inggris dengan serigala Irlandia ini, memiliki ukuran yang besar, yakni tinggi 76 cm dan berat 50-60 kg.

Great Dane, yang punya sifat protektif dan agresif terhadap anjing lain, masih memegang rekor sebagai anjing tertinggi di dunia. Anjing ras Great Dane bernama Zeus, misalnya, kini sudah meninggal, memiliki tinggi badan mencapai 112 cm.


Neapolitan Mastiff

Jenis anjing terbesar kedua adalah Neapolitan Mastiff, dimana untuk kelamin jantan memiliki ukuran tubuh setinggi 60-75 cm dan berat 65-75 kg. Sedangkan yang betina ukurannya lebih pendek dan berat sekitar 55-65 kg.

Ras anjing asal Italia Selatan ini umumnya dimanfaatkan sebagai anjing penjaga. Meskipun dikenal pemberani, namun Neapolitan Mastiff cenderung kalem dan suka melindungi. Jenis anjing in cocok untuk misi rahasia, karena sifatnya yang suka menyelinap dan menyusup.


Scottish Deerhound

Sesuai namanya, ras anjing besar ini berasal dari Skotlandia. Oleh pemiliknya, Scottish Deerhound sering dimanfaatkan sebagai anjing pemburu. Postur tubuhnya yang tinggi, mencapai 80 cm dengan berat 55 kg, anjing jenis ini memiliki kecepatan lari yang luar biasa.


Dogue de Bordeaux

Dari namanya, sudah dapat dipastikan kalau anjing berpostur besar ini berasal dari Perancis. Dibanding ras lain di Perancis, seperti Pudel atau Papillon, Dogue de Bordeaux memang tidak begitu populer. Namun, anjing besar ini termasuk ras legendaris di dunia.

Anjing yang memiliki nama lain Mastiff Perancis atau Bordeaux Dog ini memiliki tinggi badan 60-70 cm dengan berat 50-75 kg. Di Perancis, anjing ini dikenal rajin bekerja, sehingga banyak dimanfaatkan untuk menggembala dan menarik gerobak.


Newfoundland

Anjing Newfoundland diambil dari nama sebuah kota di Kanada. Anjing ras besar ini memiliki tipe pekerja keras, yang banyak dimanfaatkan untuk membantu para nelayan. Oleh para nelayan, dia diberi tugas mengangkat jala dan tali kapal, menarik gerobak, dan sebagainya.

Anjing Newfoundland ini memiliki tinggi 65-75 cm dan berat sekitar 75 kg. Dia sangat cocok membantu para nelayan karena memiliki kemampuan berenang, di samping mampu bertahan dalam cuaca dingin.


English Mastiff

English Mastiff sangat cocok menyandang sebagai salah satu ras anjing terbesar karena memiliki badan gempal dengan berat 125 kg dan tinggi hingga mencapai 75 cm. Anjing jenis ini masih memegang rekor sebagai anjing paling berat dengan bobot kira-kira 156 kg atas nama Aicama Zorba.

Oleh pemeliharanya, anjing ini menjadi hewan peliharaan favorit, karena sifatnya yang tenang, santai, dan bersahabat. Dia juga sangat lembut dan cepat akrab dengan anak-anak.


Saint Bernard

Jenis anjing terbesar di dunia selanjutnya adalah Saint Bernard, yang memiliki tinggi 60-75 cm dan berat sekitar 70-90 kg. Anjing ini pernah dikembangkan di Pegunungan Alpen dan kini banyak terdapat di Swiss dan Italia Utara.

Ia memiliki naluri sebagai penyelamat namun juga dikenal memiliki sifat lembut dan bersahabat. Tak heran jika Saint Bernard juga sering dipelihara sebagai anjing keluarga.


Itulah 7 jenis anjing besar yang ada di dunia saat ini. Dengan berbagai keahlian yang dimiliki, beragam ras anjing itu memang sangat fantastis. Bagikan artikel ini untuk rekan-rekan Anda yang membutuhkan informasi ini.

Baca juga : 7 Jenis Anjing Kecil Peliharaan yang Lucu dan Menggemaskan
28 views0 comments