• admin

Mengenal Ras Kucing Bali “Balinese”, Apakah Benar Berasal Dari Bali? Penasaran? Simak Yuk


foto oleh idntimes


Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini ada banyak sekali jenis ras kucing yang bisa anda temukan dan pilih sebagai hewan peliharaan. Kucing merupakan salah satu hewan yang sangat menggemaskan sekaligus banyak disukai. Saking banyaknya yang menyukai hewan berbulu ini bahkan ada yang sampai rela mengeluarkan uang jutaan untuk membelinya. Berbicara tentang kucing, sebagai pecinta hewan satu ini sebaiknya anda berkenalan dengan Kucing Bali berikut Ini.


Sekilas Tentang Kucing Bali “Balinese”

Kucing Balinese atau yang dikenal sebagai kucing Bali merupakan salah satu hewan yang sangat aktif dan juga menyenangkan. Kucing ini memiliki bulu panjang dengan point coloration bergaya siam serta mata berwarna biru safir. Selain aktif dan menyenangkan kucing ini termasuk ke dalam kucing yang cerdas, ramah dan selalu senang bermain dengan majikannya. Lalu, dari mana sebenarnya Kucing Bali berasal? Apakah sesuai namanya yaitu dari Bali Indonesia? Penasaran dari mana asal usulnya? Yuk simak sejarah dan hal-hal yang menarik tentang kucing satu ini.


Sejarah Perkembangan Kucing Bali

Banyak sekali yang bertanya apakah Kucing Bali (Balinese) ini berasal dari Indonesia? Memang banyak yang mengira bahwa kucing tersebut merupakan kucing asli Indonesia. Namun pada kenyataannya kucing Balinese tidak ada hubungannya dengan Indonesia, keluarga mereka sebenarnya berasal dari Thailand. Penamaan tersebut karena para breeder menganggap keagungan serta rahmat kucing tersebut mencerminkan para penari di Kuil Bali.

Ras kucing satu ini memang tidak memiliki sejarah panjang seperti kucing ras lainnya. Kucing Bali pertama kali diperkenalkan pada sekitar tahun 1940 di Amerika Serikat setelah anak kucing siam berbulu panjang di temukan di tempat sampah.

Mutasi yang spontan inilah yang menyebabkan para breeder berusaha untuk memelihara kucing tersebut. Nah, dari program pengembangbiakan ini Kucing Bali pertama kali diperkenalkan pada tahun 1950. Jadi, Kucing ini tentu bukan berasal dari Bali, Indonesia melainkan dari negara lain namun kini memang mudah ditemukan di Indonesia.


Ciri-Ciri Fisik Kucing Balinese

Kucing Bali memiliki bulu yang panjang serta halus. Namun walaupun demikian kucing ini tidak membutuhkan perawatan khusus, anda hanya cukup merapikan bulunya satu minggu sekai agar tidak kusut serta rontok. Bulu utama dari kucing ini biasanya berwarna putih krem namun tidak memiliki titik warna yang khas yang ditemukan pada wajah, ekor, kaki maupun telinga. Warna paling umum pada mukanya yaitu warna cokelat dan warna matanya biru.

Kucing Bali memiliki mata berwarna biru cerah, ekor berbulu lebat, telinga besar serta tubuh berotot yang sangat menggemaskan. Kucing ini juga termasuk ke dalam kucing berpenampilan cantik sekaligus atletis.


Kondisi Kesehatan Kucing Bali “Balinese”

Walaupun tergolong ke dalam salah satu jenis kucing yang sehat, namun Kucing Bali juga memiliki gangguan kesehatan yang sama dengan kucing pada umumnya. Berikut beberapa kondisi kesehatan yang rentan dialami Kucing Bali:

· Masalah pada mata dan rentan mengalami juling.

· Amiloidosis hati.

· Masalah jantung.

· Masalah pernapasan.

· Masalah neurologis.

Nah itulah beberapa kondisi kesehatan yang akan rentan dialami oleh Kucing Bali, Namun masalah tersebut bisa teratasi jika anda memang rutin menjaga kesehatannya, mencukupi asupan nutrisi dan selalu menjaga kebersihan dari kucing tersebut. Demikian sekilas tentang Kucing Bali yang sebaiknya diketahui. Jadi, walaupun namanya ada unsur “Bali”-nya namun kucing ini sebenarnya bukan berasal dari Bali, Indonesia.

Semoga bermanfaat.

1 view0 comments