• admin

Waspada! Inilah Makanan Yang Berbahaya Bagi Anjing Wajib Dihindari


foto oleh unsplash


Bagi sebagian besar pemilik anjing pastinya telah mengetahui bahwa cokelat merupakan salah satu makanan yang berbahaya bagi anjing. Namun, tahukah anda? Ternyata selain cokelat ada beberapa jenis makanan lain yang mudah ditemui tapi berbahaya untuk anjing jika dikonsumsi. Sebagai pemilik hewan setia dan penurut tersebut, pastinya anda ingin tahu bukan apa saja jenis makanannya? Jika Ya, maka simak berikut beberapa jenis makanannya.


Berikut Jenis Makanan Yang Berbahaya Bagi Anjing Wajib Dihindari

Perlu anda ketahui bahwa tidak semuanya makanan yang bisa kita konsumsi aman dikonsumsi untuk hewan peliharaan. Seperti halnya dengan cokelat yang kita tahu bahwa cokelat adalah salah satu jenis makanan yang enak dan manis penghilang badmood. Walaupun manis dan enak, ternyata cokelat menjadi salah satu makanan yang tidak boleh diberikan kepada anjing.

Cokelat mengandung theobromine dimana kandungan ini setara dengan kafein. Kandungan tersebut dapat membahayakan sistem syaraf pusat, jantung serta ginjal pada anjing. Gejala yang akan terjadi biasanya muncul 4 hingga 24 jam setelah anjing tersebut mengkonsumsi. Namun hal ini juga bergantung pada jumlah cokelat yang dikonsumsinya (dosis). Selain, cokelat ada beberapa jenis makanan lain yang berbahaya bagi anjing, berikut beberapa diantaranya:


1. Bawang

Bawang merupakan jenis makanan berbahaya selain cokelat. Semua bentuk sajian yang terdapat bawang bisa membuat hewan ini menjadi sakit. Jadi, dalam hal ini berhati-hatilah saat membuang sisa makanan yang terdapat bawang didalamnya. Jangan sampai sisa makanan yang anda buang nantinya dikonsumsi oleh hewan kesayangan anda.

Ketika bawang tidak sengaja dikonsumsi oleh anjing, gejala yang akan terjadi memang tidak langsung nampak. Gejala atau tanda-tanda tersebut akan terlihat beberapa hari setelah hewan tersebut mengkonsumsinya. Biasanya anjing tersebut akan mengalami gangguan pencernaan.


2. Buah Anggur

Makanan berikutnya yaitu buah anggur. Jenis buah yang kaya antioksidan ini ternyata memang sangat berbahaya untuk anjing. Tanda-tanda keracunan biasanya akan terjadi 5 hari setelah anjing tersebut mengkonsumsinya. Anggur bisa menyebabkan beberapa gangguan seperti gagal ginjal. Jika anda merasa bahwa hewan anda telah menelan buah tersebut maka segeralah hubungi dokter hewan terdekat untuk dilakukan pemeriksaan.


3. Alkohol

Bahan berikutnya adalah alcohol. Alkohol memang sangat berbahaya jika diminum oleh anjing. Meminum cairan ini akan membuat anjing anda mengalami berbagai gejala. Gejala tersebut mulai dari muntah, depresi, gemetar, diare, kesulitan bernafas dan yang lebih parahnya lagi menyebabkan kematian. Maka waspadalah jangan sampai hewan anda meminumnya!


4. Buah Alpukat

Selain anggur, alpukat juga menjadi salah satu jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi anjing. Alpukat mengandung kandungan zat tertentu yang akan membuat anjing anda muntah-muntah serta diare. Namun, yang dimaksud tentu bukan dagingnya melainkan biji, kulit serta daunnya.


5. Kacang Macadamia

Secara garis besar, kacang macadamia sudah terbukti beracun atau berbahaya untuk anjing. Walaupun tidak menyebabkan kematian, kacang ini bisa menyebabkan anjing anda terlihat lesu, muntah, gemetar dan susah berjalan.


Nah itulah beberapa jenis makanan yang berbahaya bagi anjing. Pastinya jangan sampai makanan-makanan tersebut dikonsumsi oleh hewan kesayangan anda. Berhati-hatilah dalam menyimpan atau membuang sisa makanan, karena anjing tetaplah hewan yang tidak mengerti mana makanan yang boleh dimakan atau tidak.

8 views0 comments
 

Address

Indonesia

Follow

  • Twitter
  • Instagram

Blog Dokter Hewan untuk berbagi cara merawat hewan dan tips memelihara hewan
©2020 by kawanhewan.