• admin

Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan


foto oleh unsplash


Manfaat memiliki hewan peliharaan di rumah ada banyak sekali. Makhluk kecil atau kadang besar ini tidak hanya memberikan manfaat secara fisik saja. Ada pula manfaat non fisik yang bisa membuat kehidupan jauh lebih menyenangkan. Berikut manfaat yang didapatkan dengan memelihara pet alias hewan peliharaan.


Daftar Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan di Rumah

1. Menstabilkan Tekanan Darah

Memelihara hewan dalam jangka waktu cukup lama akan menurunkan risiko seseorang mengalami hipertensi. Tekanan darahnya cenderung stabil di angka normal setiap harinya. Efek ini sudah diuji pada penelitian yang dilakukan di Universitas Negeri New York.

2. Mampu Meringankan Stres

Disadari atau tidak, peliharaan yang ada di rumah akan membuat Anda jauh lebih rileks. Tekanan psikis semakin menurun dan tubuh menghasilkan banyak hormon bahagia. Kondisi ini membuat stres atau depresi menurun dengan sendirinya.

3. Mencegah Alergi

Alergi menyebabkan banyak orang tidak bisa berdekatan dengan hewan berbulu. Untuk mencegah atau mengatasi hal ini khususnya pada anak-anak yang memelihara hewan sejak dini. Jadi, anak akan lebih terbiasa dan akhirnya tubuh lebih kebal dengan rambut atau bulu hewan.

4. Mencegah Kolesterol Naik

Manfaat memiliki hewan peliharaan selanjutnya adalah mencegah kolesterol. Anda mungkin akan bertanya: apa korelasi antara hewan dan penyumbatan di darah?

Saat memiliki hewan peliharaan, Anda akan cenderung banyak bergerak. Meski tidak olahraga secara langsung, tubuh menjadi lebih aktif. Hal ini memicu penggunaan lemak dan kolesterol di dalam darah. Penyumbatan dan penyempitan pada pembuluh darah yang memicu kolesterol tidak terjadi.

5. Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Selain kolesterol yang bisa ditekan, dengan melakukan olahraga secara rutin bisa menurunkan gangguan kardiovaskular. Semakin sering Anda bergerak dengan hewan peliharaan, semakin sehat pula jantung dan organ pendukungnya.

Itulah kenapa seseorang yang memiliki riwayat gangguan jantung disarankan untuk memiliki peliharaan. Paling tidak anjing yang bisa mengajak Anda aktif bergerak atau jalan di luar rumah saat akhir pekan.

6. Melatih Tanggung Jawab

Memelihara hewan bukan sekedar tren atau kesenangan semata saja. Lebih dari itu, tanggung jawab yang besar harus dimiliki. Apalagi hewan yang dipelihara agak sulit untuk beradaptasi, makannya tidak boleh telat, dan kandangnya harus bersih.

Kalau tidak memiliki rasa tanggung jawab, hal seperti ini tidak akan bisa dilakukan. Kalau tetap dipaksa justru berbahaya pada hewan yang dipelihara. Kemungkinan untuk sakit atau mati cukup besar.

7. Mempererat Hubungan

Terkadang hubungan antar personal di dalam rumah sering tidak baik. Nah, hewan peliharaan biasanya mampu mencairkan hal itu apabila terjadi. Caranya dengan membuat Anda dan orang lain semakin rileks tanpa beban sehingga komunikasi bisa berjalan dengan baik. Apalagi mood yang dimiliki juga baik.

8. Lebih Rajin dalam Banyak Hal

Kunci dari sukses memelihara hewan peliharaan adalah rajin. Anda akan dituntut melakukan banyak hal agar mereka hidup dengan baik dan tidak mengalami sakit. Kebiasaan untuk rajin ini bisa terbawa ke kehidupan sehari-hari, khususnya dalam bekerja.

9. Betah Tinggal di Rumah

Memiliki hewan peliharaan akan membuat Anda betah di rumah terutama saat pandemi seperti covid ini. Saat akhir pekan Anda tidak pergi ke mall atau main. Tapi lebih banyak dengan peliharaan. Kalaupun nantinya keluar, paling jalan-jalan atau mengajak para hewan bermain.

Baca juga : Cara Merawat Hewan Peliharaan dengan baik, Perhatikan Beberapa Hal Penting Berikut

Setelah membaca ulasan di atas terlihat dengan jelas bahwa manfaat memiliki hewan peliharaan cukup beragam. Untuk itu, peliharalah satu hewan yang sekiranya cocok dengan kondisi rumah, kemampuan merawat, dan ketersediaan pakan. Selama Anda mampu merawat dengan baik, hewan juga akan memberikan timbal balik yang baik pula.

3 views0 comments
 

Address

Indonesia

Follow

  • Twitter
  • Instagram

Blog Dokter Hewan untuk berbagi cara merawat hewan dan tips memelihara hewan
©2020 by kawanhewan.