Manfaat Pemberian Vaksin Kucing yang Perlu Anda Ketahui


foto oleh unsplash


Untuk menjaga kesehatan kucing, umumnya para pemelihara kucing melakukan vaksinasi secara teratur. Vaksin kucing yang diberikan secara teratur dan sesuai dosis dipercaya dapat memberikan banyak manfaat bagi kucing Anda.


Manfaat Vaksin Kucing

Berikut pentingnya vaksin pada kucing yang perlu Anda ketahui.


1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Hal yang perlu Anda ketahui terkait pentingnya vaksin pada kucing adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kucing yang sudah diberi vaksin secara umum akan meningkat kekebalannya dari serangan virus tertentu. Namun, pemberian vaksin kucing hendaknya dilakukan secara rutin dan disesuaikan dengan dosis usia kucing.

Selain meningkatkan sistem imun tubuh, vaksin kucing juga bermanfaat sebagai antibodi yang bisa melumpuhkan serangan virus. Namun, ada beberapa gangguan kesehatan pada kucing yang tidak bisa ditangani dengan vaksin, seperti cacingan.


2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat vaksin pada kucing selanjutnya adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Jika diberikan vaksin secara teratur, daya tahan tubuh kucing Anda akan meningkat ketika terjadi serangan virus tertentu. Untuk hasil maksimal, sebaiknya vaksin kucing diberikan sesuai dosis, waktu pemberian, serta usia kucing.

Kucing yang memiliki daya tahan tubuh yang baik akan mudah mengenali sekaligus melumpuhkan virus dan berbagai macam penyakit yang akan menyerangnya. Kesimpulannya, semakin baik daya tahan tubuh kucing akan semakin meningkat pula sistem imun tubuh terhadap serangan penyakit akibat virus.


3. Mengurangi Serangan Penyakit Tertentu

Vaksin bagi kucing penting diberikan karena dapat mengurangi kemungkinan adanya serangan dari penyakit tertentu. Umumnya, kucing yang memiliki sistem imun tubuh yang kuat tidak akan mudah terserang penyakit tertentu. Vaksin kucing yang diberi secara rutin umumnya memiliki antibodi yang baik.

Selain itu, ketika sakit pun tidak sampai parah dan biasanya mudah sembuh. Hal ini tentu berbeda dengan kucing yang tidak pernah diberi vaksinasi yang mudah terserang penyakit akibat virus. Namun, perhatikan dosis aturan pakai serta masa pertumbuhannya.

Baca juga : Kenali Penyakit Rabies; Gejala, Akibat, dan Cara Pencegahan pada hewan kesayangan

4. Mencegah Berbagai Macam Penyakit

Manfaat lain dari pemberian vaksin pada kucing adalah dapat mencegah terjangkitnya suatu penyakit. Dengan pemberian vaksin kucing secara teratur, pencegahan serangan virus dapat dilakukan sejak dini. Hal itu sekaligus dapat mencegah kucing Anda mengalami sakit lebih parah.

Sistem imun tubuh yang kuat akan membuat kucing hidup sehat dan memiliki jangka waktu hidup lebih lama. Namun, untuk pencegahan beberapa penyakit tertentu, tidak bisa dilakukan dengan memberikan vaksinasi, sehingga perlu pencegahan tersendiri.


5. Menjaga Kesehatan Kucing

Tujuan utama dari pemberian vaksin kucing adalah untuk menjaga kesehatan kucing. Dengan sistem imun yang baik, kucing Anda memiliki kemampuan untuk mendeteksi virus yang masuk ke dalam tubuh. Kucing Anda juga akan kebal terhadap serangan virus jika secara rutin dilakukan vaksinasi.

Vaksinasi kucing juga bermanfaat untuk menjaga tubuh kucing tetap fit sepanjang hari. Apalagi, jika ditambahkan dengan pemberian asupan gizi yang seimbang, hal itu akan semakin meningkatkan sistem imun serta mencegah perkembangan virus dalam tubuh.


6. Mengurangi Biaya Perawatan

Vaksin kucing yang diberikan secara teratur juga dapat mengurangi biaya perawatan. Sebab, kucing yang memiliki antibodi yang baik umumnya tidak akan mudah terserang suatu penyakit akibat virus. Jika kucing Anda sehat selalu maka otomatis biaya untuk perawatan bisa ditekan.

Namun, agar pemberian vaksin kucing bisa optimal, hendaknya diimbangi dengan memberikan asupan gizi seimbang, termasuk menjaga pola konsumsi. Pada prinsipnya, pemberian vaksinasi terhadap kucing dapat meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus menjaga kucing tetap sehat bugar.


7. Meningkatkan Kesejahteraan cattery

Manfaat terakhir dari pemberian vaksin kucing yang dilakukan secara rutin. Kesejahteraan Anda secara tidak langsung akan meningkat. Kenapa? Karena Anda dapat menekan biaya untuk pengobatan serta biaya perawatan lainnya.

Selanjutnya, Anda dapat mengalihkan biaya-biaya itu untuk kepentingan lain seperti membeli pakan yang berkualitas, membuat kandang, atau bahkan bisa membeli anak kucing yang baru.


Itulah pentingnya vaksin pada kucing. Vaksin kucing harus diberikan secara teratur, sesuai dosis, dan sesuai usia kucing. Konsultasikan ke dokter hewan terdekat untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap. Artikel ini cocok untuk dibagikan ke rekan-rekan Anda yang sedang membutuhkan informasi tentang manfaat memberi vaksin pada kucing.

369 views0 comments