Hewan Yang Bisa Memprediksi Cuaca. Sudah Tahu?


foto oleh unsplash


Bukan tanpa sebab pembahasan kali ini adalah tentang hewan memprediksi cuaca. Karena pada dasarnya tanda-tanda tentang perubahan cuaca bisa diketahui secara alamiah. Jika tidak, maka prediksi cuaca yang banyak anda jadikan patokan saat ini juga tidak akan ada. Selain tanda-tanda alam yang bisa digunakan untuk prediksi cuaca, ternyata ada beberapa hewan memprediksi cuaca yang sering dipelajari banyak orang.

Agar anda juga bisa mengetahui bagaimana dan jenis hewan apa saja yang mampu memprediksi perubahan cuaca ini maka artikel kali ini dibuat. Penasaran apa saja jenis hewan yang lihai dalam membaca perubahan cuaca? Tetap baca informasi ini hingga paragraf terakhir, ya.


1. Burung

Bukan hal yang aneh lagi jika banyak yang melihat pergerakan burung saat terbang di udara agar mengetahui bagaimana cuaca akan datang. Jika anda melihat salah satu atau bahkan kawanan burung melakukan penerbangan namun tidak tinggi dan cenderung mendekati permukaan tanah, maka kemungkinan badai akan datang. Kawanan biasanya akan terbang jauh tinggi jika cuaca sedang cerah.

Namun jika mereka merasakan tekanan angin yang besar di udara dan mengarah kepada cuaca buruk seperti timbulnya badai, mereka akan terbang rendah mendekati permukaan tanah. Berhati-hatilah jika burung-burung tidak terlihat terbang tinggi pada saat itu.


2. Sapi

Ternyata daftar hewan memprediksi cuaca berikutnya rata-rata sudah sering anda lihat, bukan? Karena kawanan sapi biasanya dipelihara oleh banyak orang terutama para petani dan peternak sapi. Kegelisahan sapi biasanya ditandai oleh petani sebagai tanda-tanda cuaca akan memburuk.


3. Katak

Sebagai salah satu hewan memprediksi cuaca, kemampuan katak memang sudah jempolan. Bagaimana tidak, mereka biasanya mengeluarkan suara "nyanyian" yang berhasil memanggil hujan. Namun, jika nyanyian tersebut kian keras, lama dan lebih melengking biasanya merupakan pertanda munculnya badai. Begitu juga dengan kodok, jika kawanan kodok terlihat berpindah-pindah dan mengungsi maka diyakini akan terjadi gempa bumi.


4. Domba

Hewan lainnya yang diyakini mampu mengetahui perubahan cuaca adalah domba. Hewan ini memang dikenal hidup secara berkelompok. Namun, anda patut waspada dan berhati-hati jika mereka terlihat berdesak-desakan dan seolah-olah sedang berusaha membentengi diri dan menjadi perisai. Kenapa? Sebab, tanda-tanda inj diyakini sebagai datangnya badai dalam waktu dekat.


5. Semut

Anda yang biasanya melihat sarang semut baik di pekarangan rumah atau bahkan di dekat lingkungan rumah. Hingga suatu ketika sarangnya terlihat lebih kokoh dan tinggi, maka ini adalah pertanda buruk. Sebab, para semut memang sudah terbiasa untuk memperkokoh dan mempertinggi sarang mereka jika ancaman cuaca buruk akan melanda. Untuk itu, ketika anda mengetahuinya, berhati-hatilah dengan kemungkinan yang akan terjadi.


6. Ikan

Jangan terlampau senang jika ada banyak Ikan-ikan yang tiba-tiba melompat atau mengunjungi daratan secara tiba-tiba. Sebab, pertanda buruk dari badai hingga pergeseran lempeng bumi yang menyebabkan tsunami mungkin saja akan terjadi dalam waktu dekat. Ikan yang merupakan hewan air bisa merasakan getaran atau aktivitas tidak biasa dari dalam air.


7. Kelinci

Hewan imut yang satu ini juga ternyata bisa melakukan prediksi cuaca. Lihat saja sedalam apa lubang yang mereka gali untuk dijadikan sarang. Semakin dalam sarang yang mereka gali maka akan semakin dingin cuaca diluar nantinya.


Sebenarnya ada juga hewan lain yang dapat mendeteksi fenomena alam seperti gajah yang piawai mendeteksi gempa namun akan dibahas lain ya. Demikianlah informasi mengenai hewan memprediksi cuaca yang kita bahas kali ini. Dengan ini, anda mulai bisa memprediksi sendiri berdasarkan perilaku hewan-hewan di atas jika menjumpainya.

1 view0 comments