• admin

Merawat Anak Anjing Tanpa Induk agar Sehat, Ceria dan Lucu




Merawat Anak Anjing tanpa induk tidak mudah. Ada banyak hal yang harus Anda persiapkan sebelum benar-benar memeliharanya. Anak anjing seperti bayi yang membutuhkan kasih sayang. Lebih sering manja dengan bersandar, bila tidak punya induk. Anda harus siap dijadikan sandaran.

Anjing kecil juga membutuhkan kehangatan. Sehingga, siapkan kain lembut dan cukup tebal agar hewan ini tetap merasa hangat. Anda bisa menyiapkannya di kandang atau tempat khusus yang bisa disediakan. Kehangatan ini baik untuk pertumbuhan dan kesehatan, baik secara psikologis maupun fisiologis.

Perlakuan selanjutnya, siapkan selimut yang nyaman setiap malam hari. Hewan peliharaan ini terkadang tidak tahan terhadap udara dingin. Apalagi, pada bulan Juli sampai Agustus, suhu udara dingin terutama saat dini hari sampai pagi hari. Selimut ini bisa membuatnya semakin nyaman dan tidur nyenyak.


Siapkan Kandang dan Tempat Bermain yang Nyaman dan Bersih

Merawat Anak Anjing tanpa induk selanjutnya adalah persiapkan kandang yang akan jadi rumah baginya. Untuk ukuran anak, tidak usah terlalu besar tetapi cukup leluasa untuk bergerak. Siapkan tempat yang nyaman seperti kain tebal dan lembut didalamnya. Lebih baik buat tanpa menggunakan atap.

Fungsinya, agar Anda mudah untuk memantau kegiatannya setiap saat. Tempatkan di tempat yang teduh dan jauh dari serangan hewan lainnya. Anak Anjing lebih sering ketakutan karena, belum mengenal apa pun dan masih proses adaptasi. Hal ini yang membuatnya stress dan mempengaruhi kekebalan tubuhnya.

Tempatkan disekitaran rumah yang bisa Anda pantau setiap saat. Agar tidak lari keluar atau hilang karena tidak tahu jalan pulang. Usahakan penempatannya jauh dari benda-benda yang bisa melukai dirinya. Seperti, kanvas, guci, atau pot bunga kaca dan yang lainnya. Gerakannya yang atraktif bisa membahayakan.

Merawat Anak Anjing tanpa induk selanjutnya, sering-sering bersihkan kandang. Minimal setiap 2 hari sekali. Anda bisa mengganti kain dan mencuci selimut yang digunakan setiap harinya. Siapkan tempat bermain, lebih disarankan ada taman yang tidak terlalu luas. Anda bisa gunakan rumput sintetis.

Jangan lupa untuk rutin membersihkannya. Minimal setiap 2 hari sekali, Anda bisa tambahkan beberapa bunga tanpa duri agar tidak menyakitinya. Kebersihan kandang dan tempat bermain sangat penting. Anak Anjing masih rawan terkena penyakit karena bakteri dan kuman yang menempel.


Berikan Asupan Gizi yang Dibutuhkan

Gizi yang tercukupi menjadi sangat penting untuk Anak Anjing. Usahakan penuhinya dengan berbagai kandungan seperti protein, karbohidrat, kalsium, lemak, air,dan mineral. Usahakan untuk memenuhinya secara seimbang. Jangan berlebihan satu sama lain. Hal ini akan mempengaruhi kesehatan Anak Anjing hingga menjadi dewasa.

Sebagai contoh, bila Anda memberikan energi yang terlalu tinggi, bisa menyebabkan kelainan pada pertumbuhan tulang. Satu hal yang harus terpenuhi adalah lemak. Kekurangan kandungan ini, bisa merusak vitamin serta asam amino yang mengganggu pertumbuhan. Mulai dari bulu, kurus, obesitas, dan tumbuh kembangnya.

Merawat Anak Anjing tanpa induk selanjutnya, bisa Anda berikan makanan yang kaya akan energi dan karbohidrat. Kedua kandungan ini diperlukan menunjang aktivitas sehari-hari. Kekurangan keduanya mengakibatkan protein mengubah menjadi glukosa. Dari sini pembentukan jaringan akan terganggu, karena kurangnya protein.

Perhatikan juga kebutuhan airnya. Jangan sampai kurang karena berpengaruh pada metabolisme. Anda juga bisa menggunakan beberapa produk makanan di pet shop. Baik basah maupun kering. Pemberian makanan cepat saji ini memang praktis. Tetapi, sedikit boros karena ada aturan yang wajib Anda penuhi.

Pertama, setelah dua jam bila tidak habis harus segera dibuang terutama pada makanan basah. Udara yang tersebar didalam makanan bisa menimbulkan bakteri. Penyimpanannya bisa di kulkas. Tetapi, jangan terlalu lama, maksimal 3 hari saja. Bila tidak habis lebih baik buang dan beli baru.

Sebaiknya, Anda bawa ke Dokter hewan terdekat maksimal 2 bulan sekali. Melakukan pemeriksaan secara intensif memang sangat penting. Agar Anda tahu lebih cepat bila ada penyakit yang timbul dan gejala yang muncul. Biasanya adalah diare, terutama bagi Anda yang memberikannya susu.

Untuk pemberian makanan, lebih baik sedikit dan dibagi menjadi 3 sampai 5 kali sehari agar tidak kekenyangan. Jangan lupa mandi menggunakan sampo khusus untuk Anak Anjing. Bersihkan telinga, kuku, kaki, dan seluruh tubuh sampai bersih. Usahakan dilakukan minimal 2 hari sekali.

Anak Anjing hampir sama seperti bayi. Butuh perlakuan khusus dan kasih sayang. Kenyamanan membuat tumbuh kembangnya semakin baik. Kesehatannya juga terjaga, sehingga saat dewasa dan usia lanjut tidak mengalami berbagai masalah kesehatan. Merawat Anak Anjing tanpa induk memang mudah, tetapi butuh ketekunan.


#anakanjing

#adopsi

113 views0 comments