4 Jenis Musang Penghasil Kopi Luwak, Kopi Termahal di Dunia


foto oleh pixabay


Jenis musang penghasil kopi luwak mungkin tidak banyak diketahui oleh masyarakat luas. Mereka lebih mengenal kopi luwak yang dihasilkannya. Seperti kita ketahui, kopi luwak dikenal sebagai salah satu kopi termahal di dunia karena cita rasanya yang unik.

Kopi luwak merupakan kopi yang sudah melewati sistem pencernaan hewan luwak atau musang. Hewan ini memakan biji kopi arabika dan biji kopi robusta terbaik kemudian mengeluarkan sisanya melalui feses.

Sisa kopi yang ada di dalam kotoran luwak inilah yang kemudian dibersihkan dan diolah menjadi kopi luwak yang cita rasanya tidak ada duanya.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa tidak semua jenis luwak dapat menghasilkan kopi luwak terbaik. Ingin tahu apa saja jenis musang penghasil kopi luwak terbaik? Simak informasinya di bawah ini.


Mengenal Jenis-jenis Musang Penghasil Kopi Luwak Terbaik

Luwak atau musang merupakan binatang mamalia pemakan buah dan biji-bijian, termasuk biji kopi. Hewan ini hanya memakan biji kopi robusta dan kopi arabika terbaik. Ada beberapa jenis musang atau luwak yang dikenal dapat menjadi penghasil kopi luwak terbaik.

Berikut 4 jenis musang penghasil kopi luwak yang perlu Anda ketahui:


1. Musang Pandan

Hewan yang memiliki nama latin Paradoxurus hermaphroditus ini juga dikenal dengan sebutan Musang Kucing. Ciri unik dari hewan ini adalah musang jantan memiliki bau badan seperti bau daun pandan. Fungsi dari bau badan ini untuk menarik musang betina.

Hewan yang memiliki berat 3-5 kilogram ini umumnya berwarna hitam, putih atau abu-abu dengan bentuk kepala menyerupai seekor kucing. Musang pandan banyak ditemukan di Jawa, Sumatera, Kalimantan dan beberapa negara di Asia Tenggara.


2. Musang Rase

Jenis ini merupakan salah satu hewan penghasil kopi luwak di Bali. Bernama latin Viverricula malaccensis, musang bulan dapat mencapai berat badan hingga 2-3 kilogram. Warna tubuh bagian atas umumnya merupakan kombinasi warna abu kecoklatan atau coklat kekuningan.

Di bagian punggung hewan nokturnal ini terdapat garis hitam memanjang dan bagian perut memiliki totol hitam. Pada bagian leher terdapat garis-garis seperti kalung dengan variasi warna yang berbeda-beda.

Musang Rase dapat kita jumpai di Sumatera, Jawa, Bali dan negara-negara seperti Laos, Kamboja, Thailand, Nepal, Srilanka hingga Myanmar.

Baca juga : Tips Memelihara Musang Rase Yang Tepat

3. Musang Bulan

Jenis ini dikenal juga dengan sebutan musang Galing atau musang bertopeng. Sesuai dengan sebutannya, hewan ini memiliki ciri khas di bagian wajah yang terlihat seperti mengenakan topeng. Warna orange berpadu dengan warna hitam dan coklat adalah ciri lain dari musang Bulan secara fisik.

Habitat asal musang Bulan adalah wilayah Asia Tenggara dan Asia Timur. Hewan yang memiliki berat 3 hingga 5 kilogram ini termasuk hewan dengan tingkat kecerdasan tinggi. Hal ini berdampak baik bagi manusia karena hewan ini menjadi lebih mudah untuk dijinakkan.

Umumnya, ternak musang penghasil kopi luwak menggunakan musang jenis ini untuk menghasilkan kopi dengan kualitas premium.


4. Musang Lombok

Jenis yang juga dikenal dengan nama Musang RInjani ini warna tubuhnya didominasi oleh warna hitam. Hewan yang bernama latin Paradoxurus hermaphroditus rinjanicus ini memiliki berat tubuh 2-3 kilogram saja.

Musang Rinjani merupakan hewan endemik di Pulau Lombok, provinsi Nusa Tenggara Barat. Namun, jenis ini juga dapat ditemui di berbagai wilayah Asia Tengah, Asia Selatan dan Asia Tenggara.


Nah, sekarang Anda tidak hanya mengenal kopi luwak saja, namun juga mengetahui jenis hewan yang membantu proses pembuatan kopi termahal tersebut.

Semoga informasi mengenai jenis musang penghasil kopi luwak terbaik di atas dapat menambah wawasan Anda. Yuk, bagikan artikel ini di media sosial Anda agar teman-teman Anda terutama pecinta kopi juga mendapat informasi bermanfaat ini.