• admin

Tips Memelihara Musang Rase Yang Tepat


foto oleh worldlifeexpectancy.com


Para pecinta hewan mamalia tentunya cukup tidak asing dengan hewan yang satu ini. Ya, hewan yang dimaksud yaitu musang rase. Musang rase sendiri merupakan salah satu hewan berkaki empat dimana sebagian orang menggap hewan tersebut sebagai hama karena memangsa unggas seperti ayam.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, asumsi masyakarat terhadap hewan ini mulai berubah dimana masyarakat umum kini tidak lagi menganggap satwa ini sebagai hama melainkan sebagai peliharaan.


Ciri Khas Musang Rase

Dilihat secara spesifik, musang rase memiliki corak seperti macan tutul. Hewan yang satu ini tersebar luas di Asia selatan serta tenggara. Musang rase memiliki bulu indah disertai dengan warna yang cantik dengan corak belang yang menjadi ciri khas. Musang rase juga memiliki bulu yang mengkilap seperti kucing sehingga tak mengherankan hewan ini disukai oleh pecinta hewan unik.

Musang rase tergolong kedalam hewan buas pemakan daging, hewan yang satu ini menyukai tikus, ayam, serangga dan telur unggas. Musang rase dinilai sebagai hewan yang mudah beradaptasi sehingga tidak heran jika hewan tersebut mudah ditemukan di berbagai tempat. Selain ciri khasnya yang menjadi pembeda antara musang jenis lainnya. Tentu ada banyak keunikkan dari hewan satu ini. Apa saja keunikkannya? Berikut penjelasannya!


Inilah Keunikkan Hewan Musang Rase Yang Tak Banyak Orang Tahu

Sebelum memutuskan untuk memelihara musang rase tentunya tak lengkap jika anda tidak mengetahui beberapa keunikkan dari hewan satu ini. Sebelum anda mengetahui tips memelihara musang rase, berikut ini keunikkan hewan musang yang perlu diketahui:

· Musang rase suka bergelendotan di pundak manusia.

· memiliki insting yang tajam serta memiliki sifat manja dan setia kepada pemiliknya.

· Tergolong kedalam hewan nocturnal yang aktif di malam hari dan pada siang hari musang rase biasanya akan menghabiskan waktu untuk tidur.

· Hewan yang bisa dilatih dan penurut.

· Salah satu jenis musang penghasil kopi luwak yang sangat mahal. Jika dahulu biji kopi didapatkan secara tidak sengaja, saat ini malahan ada pembudidaya yang sengaja memelihara musang untuk menghasilkan kopi luwak

· menjadi salah satu hewan yang diburu untuk diambil kulitnya, dijadikan sebagai bahan pewangi dan bahan obat.

Nah itulah beberapa keunikkan dari hewan yang satu ini. Tentu dari keunikkan yang dimilikinya tak mengherankan hewan yang pandai melompat dari satu pohon ke pohon lain ini banyak dicari entah itu untuk kepentingan tertentu ataupun untuk dipelihara.


foto oleh unsplash


Berikut Ini Tips Memelihara Musang Rase Paling Tepat Untuk Pemula

Pada dasarnya, memelihara musang memang tidak seperti memelihara hewan pada umumnya. Tentu ada trik tersendiri memelihara hewan yang satu ini. Nah, bagi anda yang berniat untuk memelihara hewan satu ini, ketahui terlebih dahulu tips memelihara musang rase yang akan dijelaskan berikut:

1. Ketahui Terlebih Dahulu Pakan Yang Tepat

Tips memelihara musang rase yang pertama yaitu pastikan anda telah mengetahui pakan atau makanan yang tepat untuk hewan peliharaan anda. Setiap musang rase memiliki perlakuan yang berbeda dalam hal pemberian makanan misalnya jika anda memiliki musang rase anakan yang biasanya diberi bubur anakan dan tidak boleh dipisahkan dengan induknya.

Namun, walaupun memiliki perlakuan berbeda dalam hal pemberian makan. Umumnya musang rase menyukai makanan seperti nasi, pisang dan daging ayam. Namun harap diingat bahwa sebenarnya musang rase ini bersifat karnivora.

2. Rutin Memberikan Susu

Selain harus memperhatikan makanannya, anda juga harus rutin memberikan susu kepada hewan tersebut minimal 1 minggu sekali. Hal ini bertujuan agar asupan nutrisi musang selalu terjaga dengan baik tanpa adanya kekurangan gizi. Dengan rutin memberikan susu maka bisa dipastikan musang rase yang anda pelihara akan selalu sehat dan aktif.

3. Selalu Perhatikan Kondisi Kandang

Menjaga kebersihan kandang tentu saja hal penting ketiga yang harus selalu diperhatikan. Dalam hal ini sebaiknya anda harus selalu rutin membersihkan kandang karena jika tidak kotoran musang akan menempel di bulunya sehingga bisa menyebabkan berbagai problem yang tidak diinginkan. Selain membersihkan kandang anda juga harus selalh memperhatikan kebersihan tempat makannya, usahakan harus selalu bersih.

4. Selalu Perhatikan Jadwal Makan Dan Porsinya

Selanjutnya anda juga harus selalu memperhatikan jadwal makan serta porsinya. Jangan sampai hewan kesayangan anda terlalu gemuk karena hal ini akan menyebabkan obesitas sehingga ketika musang rase mengalami obesitas maka peluang hidup akan mengecil.

5. Rutin Memandikan Serta Membersihkan Kuku

Rutin memandikan, membersihkan kuku dan bulu tentu menjadi salah satu hal yang tak kalah penting. Tujuannya tentu saja agar musang kesayangan anda tetap sehat dan selalu bersih. Namun dalam memandikannya, pastikan bahwa suhu di sekitar anda tidak terlalu dingin dan pastikan juga setelah dimandikan anda menjemurnya.

6. Rutin Memeriksa Kesehatannya Ke Dokter Hewan Terdekat

Rutin membawa peliharaan anda ke dokter hewan terdekat memang menjadi langkah bijak yang telah anda lakukan dalam upaya merawat hewan kesayangan. Ingat, jangan hanya membawa hewan ketika sakit saja, sebagai perawatan tentu tak ada salahnya jika anda membawanya rutin ke dokter terdekat. Dalam hal ini carilah dokter hewan terdekat yang sudah berpengalaman dan profesional dalam bekerja.

7. Ikut komunitas pecinta hewan

Komunitas pecinta musang ternyata telah ada di beberapa kota dan aktif di social media. Salah satu komunitas ini adalahPerkumpulan Pecinta Pelestari Musang Indonesia (P3MI) atau yang lebih dikenal sebagai Musang Lovers Indonesia. Komunitas ini secara aktif mengkampanyekan agar musang tidak menjadi korban perburuan liar. Dengan bergabung dengan komunitas semacam ini, Anda akan mendapat tips-tips praktis lain dalam memelihara hewan lucu ini.

Nah itulah sekilas mengenai hewan musang rase, ciri khas, keunikkan dan tips memelihara musa rase yang tepat untuk pemula. Perhatikan setiap hal diatas agar hewan kesayangan anda tetap sehat dan aktif.


#musangrase

#hewaneksotis

#musang

3 views0 comments
 

Address

Indonesia

Follow

  • Twitter
  • Instagram
  • Facebook

Blog Dokter Hewan untuk berbagi cara merawat hewan dan tips memelihara hewan
©2020 by kawanhewan.