Teknik Grooming Anjing yang Simpel dan Direkomendasikan



Grooming Anjing merupakan salah satu bentuk perawatan terbaik yang bisa dilakukan untuk hewan peliharaan Anda. Sebaiknya, dilakukan sejak usia dini. Perilaku ini tidak hanya menjaga penampilan supaya tetap wangi dan bersih. Melainkan, mampu menjaga kesehatan baik secara psikologis dan fisiologis.

Perlakuan ini sebaiknya bisa dilakukan rutin minimal setiap 5 minggu sekali. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah atau menggunakan jasa salon. Tetapi, sebelum dibawa ke Salon, sebaiknya periksakan terlebih dahulu ke Dokter hewan terdekat.

Lakukan cek kesehatan dan pemberian vaksin terlebih dahulu. Hal ini sangat penting, untuk menjaga kesehatan Anjing Anda. Saat di Salon, hewan ini akan berkumpul dengan Anjing lainnya. Anda tidak tahu, apakah yang lain sehat atau tidak. Dengan pemberian vaksin akan terhindar dari tertularnya penyakit.


Manfaat Grooming Anjing

Kebersihan badan pada Anjing menjadi sangat penting. Hal ini berpengaruh pada kesehatannya. Seperti kita ketahui bahwa, hewan satu ini tidak bisa berdiam diri di dalam kandang saja. Pergerakannya sangat aktif yang menyebabkan berbagai macam kutu, bakteri dan jamur menempel pada tubuh.

Salah satu Kutu yang paling sering ditemui adalah Notoedres Cati. Biasanya, menempel pada kulit permukaan. Parahnya, kutu ini bisa membuat sebuah lubang, hingga Anjing terus menggaruk sampai bulunya rontok secara perlahan. Kalau terus dibiarkan, bisa menular ke Anjing lain dan menyebabkan kematian mendadak.

Baca juga : Inilah Cara Menghilangkan Penyakit Kutu Anjing Paling Ampuh!

Grooming Anjing juga bermanfaat mencegah tubuh dari lengket, bau, dan iritasi. Penggunaan sampo khusus pada saat mandi, mampu merawat kulit tubuhnya dengan baik. Ibaratnya, grooming adalah satu di antara banyak cara mengetahui kondisi tubuh hewan Anda. Karena, tidak hanya mandi saja.

Mulai dari telinga, kuku, mata semua diperiksa secara lengkap dan detail. Tempat tersebut menjadi sarang bakteri dan jamur. Menimbulkan berbagai macam penyakit. Perwatan ini juga menjadi metode yang baik merekatkan perasaan dan bentuk kasih sayang antara hewan peliharaan dengan pemiliknya.

Proses emosional ini biasanya akan terjadi secara alami, walau membutuhkan proses dan waktu panjang. Cara ini termasuk dalam pendekatan secara psikologis. Dari sini, biasanya Anjing lebih menurut, ceria, tidak stress, asyik diajak bermain dan mampu melindungi Anda dalam keadaan apa pun.


Proses Grooming Anjing

Sebelum melakukan proses Grooming, satu hal yang wajib Anda persiapkan adalah sampo. Jangan sembarangan memilih, bisa berakibat kerontokan atau iritasi. Oleh karena itu, lihat dahulu jenis anjing yang akan di Grooming. Kulit anjing dibedakan menjadi dua Kulit kering dan kulit berminyak. Anda harus tahu produk-produknya, agar tidak salah.

Selanjutnya, Anda bisa memeriksa bahan yang digunakan. Perlu diketahui, bahwa kulit Anjing lebih lembut dari manusia. Bahan yang terkandung dalam sampo juga mempunyai manfaat tersendiri. Seperti, kayu putih yang berfungsi mengurangi gatal pada kulit. Atau, lidah buaya yang baik untuk mencegah iritasi.

Sebelum memandikan, pastikan menutup telinga dengan kapas, agar tidak ada air yang masuk. Gunakan bak kecil yang cukup untuk ukurannya. Semprot dengan air dan bersihkan badan merata dengan sampo yang sudah dibeli. Perlakukan dengan lembut hingga bersih dari kepala sampai ekor dan kaki.

Berikan pijatan-pijatan kecil, terutama di kepala dan juga kaki. Jangan terlalu lama, dalam memandikan. Cukup 5 sampai 10 menit saja. Selanjutnya, keringkan dengan handuk dan juga hairdryer. Pastikan semua bulu kering. Kalau tidak akan timbul jamur dan bakteri.

Sisir secara perlahan bulu-bulu menggunakan sikat khusus. Sikat ada beberapa jenisnya mulai dari sikat slicker, ekor pin, kuas pin, untuk bulu dan bergerigi. Setiap sikat memiliki fungsi dan manfaat berbeda-beda, perhatikan dengan benar sebelum membeli. Jangan lupa, untuk melepas kapas yang ada di telinga.

Saat Melakukan Grooming Anjing Harus Memperhatikan Kebersihan Bagian Telinga

Kemudian, periksa bagian telinga. Apakah ada luka atau kotoran yang menempel. Gunakan cairan khusus pembersih telinga Anjing. Diamkan beberapa saat kemudian, bersihkan dengan menggunakan kapas atau cotton bud. Proses ini harus hati-hati, karena bisa melukai atau bahkan, menyerang Anda secara tiba-tiba.

Setelah selesai di telinga saatnya untuk potong kuku biasanya Anjing akan marah. Untuk mengatasi hal ini kuncinya ialah jangan terburu-buru. Buat hewan peliharaan ini rileks dan nyaman, bisa dengan dielus-elus, dan dipijat-pijat perlahan. Kemudian, potong dengan kemiringan 45 derajat. Jangan memotong terlalu dalam, bisa mengenai tulang rawannya.

Merawat anjing memang tidak mudah seperti yang dibayangkan. Semua yang Anda lakukan pada dasarnya akan kembali lagi ke diri Anda. Kesehatan hewan peliharaan akan menghindarkan keluarga Anda dari bakteri atau virus yang bisa saja menular. Oleh karena itu, Grooming Anjing sangat penting. Jika Anda kesulitan untuk mengerjakan grooming, Anda dapat membawanya ke Pet Shop terdekat.


#groominganjing

#anjing

12 views0 comments