Bingung Memilih Makanan Anjing Yang Tepat? Ketahui Tips Pemilihannya Berikut Ini!


foto dari pexel


Memilih makanan untuk hewan peliharaan seperti anjing memang tidak boleh sembarangan. Layaknya seperti manusia ternyata anjing juga bisa mengalami alergi makanan. Alergi makanan ini memang tidak pada ras tertentu saja melainkan semua ras anjing bisa saja terserang alergi tersebut. Umumnya, gejala ini muncul ketika usia anjing 5 bulan sampai dengan 12 tahun dimana gejala yang sering muncul yaitu kerontokan rambut, buang air 3 kali per hari, infeksi pada terlinga dan gatal-gatal pada area wajah, ketiak, kaki dan anus. Nah, tentu anda tidak ingin bukan hewan kesayangan anda mengalami alergi? Jadi, dengan begitu pastikan tepatlah dalam memilih makanan anjing.

Lalu, Bagaimana Tips Memilih Makanan Anjing Yang Tepat?

Makanan anjing merupakan bagian paling penting yang sebaiknya selalu diperhatikan karena secara tidak langsung makanan yang dikonsumsi oleh hewan anda tersebut akan berpengaruh terhadap pembentukkan anatomi anjing. Kualitas makanan yang anda berikan tentunya akan mempengaruhi kualitas dari anjing kesayangan anda.

Sama halnya dengan makanan manusia, makanan anjing juga memang bervariasi serta terdiri dari kandungan nutrisi, rasa dan nilai gizi yang berbeda. Sebagai tuan yang baik, tentunya anda harus memilih makanan yang tepat. Nah, jika saat ini anda masih bingung memilih makanan untuk anjing yang tepat, berikut ini tips memilih makanan anjing yang sebaiknya anda perhatikan.

Namun sebelum mengetahui tipsnya ada baiknya jika anda konsultasi terlebih dahulu dengan dokter hewan profesional hal ini tentunya agar anda bisa mengetahui kondisi dari hewan peliharaan anda dan mengetahui kebiasaan peliharaan anda. Jika dua hal ini telah anda penuhi maka berikut ini tips memilih makanan anjing yang sebaiknya anda ketahui:

1. Perhatikan Kandungan Nutrisi

Tips memilih yang pertama yaitu memperhatikan kandungan nutrisi dari makanan yang anda beli. Dalam hal ini ceklah label serta bahan-bahannya. Tak hanya itu saja, anda juga perlu mengetahui kandungan nutrisi serta informasi di label tersebut. Komponen yang ada paling atas biasanya merupakan komponen utama. Pilihlah makanan yang memiliki 7 komponen utama yang memuat lebih dari dua jenis daging dan anda perlu memperhatikan kadar komponenya.

Dalam memperhatikan kandungan nutrisi, pastikan anda mengetahui terlebih dahulu asupan nutrisi yang memang dibutuhkan oleh anjing. Hal ini bertujuan agar anda bisa lebih mudah membaca komponen yang tersedia dalam kemasan apakah mengandung nutrisi yang dibutuhkan atau tidak. Berikut ini asupan nutrisi yang baik untuk anjing:

· Air, fungsinya yaitu untuk menormalkan suhu tubuh, membantu dalam melancarkan performa sistem pencernaan dan mengangkut semua nutrisi dari makanan yang sudah dikonsumsi anjing ke seluruh tubuhnya.

· Vitamin Dan Mineral yang berperan untuk mempelancar metabolisme serta menjaga kesehatan tulang dan gigi.

· Protein berperan untuk memperbaiki jaringan tubuh serta mengontrol fungsi sel dengan organ pada tubuh.

· Karbohidrat yang berperan untuk memberikan energi dan merupakan kandungan kalori yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

· Asam Lemak berperan untuk meningkatkan kecerdasan otak anjing dalam mengingat perintah, membantu mata anjing agar tetap fokus serta menjaga bulu dan kulit agar tetap sehat.

2. Cek Kadaluarsa

Hal ini juga tentunya harus anda perhatikan dengan seksama, sebelum membeli maka pastikan anda mengecek tanggal kadaluarsa dari makanan yang akan anda beli, pastikan belilah makanan yang kadaluarsanya 3 bulan atau lebih.

3. Pilihlah Makanan Yang Sudah Lama Dipasarkan Di Indonesia

Selanjutnya yaitu pilihlah makanan yang memang sudah lama tersedia di Indonesia. Hal ini tentu saja agar ketika makanan tersebut habis maka anda tidak akan sulit menemukannya. Selain itu, makanan yang sudah ada sejak lama juga biasanya akan disesuaikan dengan anjing yang ada di Indonesia yang tentunya dengan riset dan pengalaman yang dimiliki oleh perusahaan makanan anjing tersebut.

4. Pilih Makanan Yang Sehat

Sebenarnya ada beberapa klasifikasi makanan sehat namun dalam hal makanan untuk anjing usahakan anda memilih makanan yang memang tidak mengandung bahan bahan pengawet . Usahakan pilihlah makanan organik yang bebas dari pengawet walaupun memang harganya sendiri akan relatif lebih mahal. Selain itu, anda juga harus menghindari pemilihan makanan yang tekstur basah yang umumnya berbentuk bacon ataupun steak karena makanan dengan tekstur tersebut tidak baik untuk anjing dan tidak ada kandungan nutrisi didalamnya.

5. Pastikan Makanan Yang Dibeli Tidak Menyebabkan Alergi Pada Anjing

Nah, hal inilah yang pasti sangat penting sehingga konsultasi kepada dokter hewan terdekat memang menjadi solusi. Anda bisa lebih paham makanan mana yang cocok dan makanan mana yang tidak cocok untuk hewan kesayangan anda. Anda juga mungkin mendapatkan informasi terbaru tentang makanan anjing yang belum pernah Anda beli.

Itulah sekilas mengenai tips memilih makanan anjing yang sebaiknya selalu anda perhatikan. Dengan adanya tips diatas tentu kami berharap anda tidak akan kebingungan memilih makanan yang tepat untuk hewan kesayangan!

12 views0 comments