top of page
  • admin

World Wildlife Day 2023: Partnership fo Wildlife Conservation, Apa itu?




World Wildlife Day, atau Hari Kehidupan Liar Sedunia, adalah sebuah perayaan internasional yang diperingati setiap tanggal 3 Maret setiap tahunnya. Perayaan ini bertujuan untuk menghormati keanekaragaman hayati di seluruh dunia dan meningkatkan kesadaran tentang perlindungan spesies liar dan habitat mereka. Berikut adalah sejarah singkat dari World Wildlife Day.

World Wildlife Day pertama kali diperingati pada tanggal 3 Maret 2014. Hari tersebut dipilih untuk memperingati Konvensi tentang Perdagangan Internasional Spesies Satwa dan Flora Liar yang Terancam Punah (CITES), yang mulai berlaku pada tanggal 3 Maret 1973. Konvensi tersebut dibuat untuk melindungi spesies liar dari perdagangan ilegal, dan telah menjadi perjanjian internasional yang paling efektif dalam perlindungan spesies liar dan habitatnya.

Peringatan World Wildlife Day pertama kali diumumkan oleh Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, Ban Ki-moon, pada acara pembukaan Konferensi Internasional tentang Kehidupan Liar di Kota Oslo, Norwegia. Acara tersebut dihadiri oleh lebih dari 4000 delegasi dari 140 negara yang membahas tentang keberlanjutan dan perlindungan lingkungan.

Tahun ini, tema World Wildlife Day adalah "Partnership for Wildlife Conservation". Menurut PBB, tema ini diambil untuk menghormati semua orang yang tela mendukung konservasi satwa liar. Setiap dukungan baik berupa membagikan kesadaran tentang penyelamatan satwa liar hingga program konservasi satwa oleh organisasi besar, sama sama memberikan dampak terhadap penyelamatan satwa liar.

Mari kita jaga keanekaragaman hayati dan satwa liar, supaya generasi selanjutnya juga bisa merasakan keindahannya. Share info ini agar lebih banyak orang yang tahu tentang momen penting ini. Semoga bermanfaat!

Post: Blog2 Post
bottom of page