• admin

7 Perbedaan Ikan Nila dan Mujair yang Paling Mudah Dikenali


foto oleh youtube


Banyak orang yang masih bingung untuk membedakan ikan nila dan mujair. Memang kedua ikan ini terlihat hampir sama, tapi sebenarnya dilihat dari segi fisik keduanya mempunyai perbedaan. Perbedaan ikan nila dan mujair ini terdapat pada bentuk tubuh, sirip, dan ciri tubuh ikan lainnya.

Untuk Anda yang masih bingung perbedaan antara ikan nila dan ikan mujair, berikut ini ada 7 pembeda dari kedua ikan ini:


1. Bentuk Tubuh

Perbedaan ikan nila dan mujair yang paling bisa dikenali adalah dari bentuk tubuhnya. Baik ikan nila merah maupun ikan mujair merah mempunyai bentuk tubuh yang berbeda.

Pada ikan nila bentuk tubuhnya bulat dan lebih lebar. Sedangkan ikan mujair bentuk tubuhnya memanjang. Anda bisa mengenali antara ikan mujair dan ikan nila ini hanya dari bentuk tubuhnya saja.


2. Ukuran Tubuh

Jika Anda suka budidaya ikan mujair dan ikan nila tentu sudah bisa membedakan keduanya dari ukuran tubuh. Ukuran tubuh kedua ikan ini berbeda, ikan nila ukurannya lebih besar dengan daging yang tebal. Sedangkan ikan mujair ukurannya lebih kecil dengan daging yang tipis.


3. Bentuk Mata, Mulut, dan Totol Pipi

Perbedaan ikan nila dan mujair juga bisa dilihat dari bentuk matanya. Bentuk mata ikan mujair kecil dan agak pipih. Sedangkan bentuk mata ikan nila bulat dan besar.

Anda juga bisa melihat perbedaan antara ikan mujair dan nila dari bentuk mulutnya. Walaupun bentuk tubuh ikan nila bulat besar tapi mulutnya kecil dan memanjang ke depan. Sedangkan mulut ikan mujair bentuknya melebar.

Perbedaan yang sering tidak disadari adalah adanya totol pada pipi ikan nila. Ikan mujair tidak mempunyai totol pada bagian pipi maupun wajahnya. Untuk melihat totol ini Anda harus memperhatikan bagian depan ikan secara seksama karena totol pada wajah ikan nila sedikit tersamarkan.


4. Bentuk Sirip Punggung

Pembeda ikan nila dan mujair yang selanjutnya adalah sirip pada bagian punggung. Sirip punggung kedua ikan ini jelas berbeda, pada ikan mujair ujung sirip punggungnya berwarna merah, sedangkan ikan nila tidak.

Ukuran sirip punggung kedua ikan ini juga berbeda, ikan nila sirip punggungnya lebih tinggi dan ikan mujair sirip punggungnya pendek-pendek. Dilihat dari ketajaman sirip punggung, ikan nila sirip punggungnya lebih tajam.


5. Bentuk Sirip Bawah

Bentuk sirip bagian bawah dekat kepala juga bisa dijadikan sebagai indikator perbedaan ikan nila dan mujair. Sirip bagian bawah ikan mujair bentuknya agak memanjang ke arah atas dengan warna kemerahan. Sedangkan sirip bagian bawah ikan nila bentuknya pendek dan melebar ke arah bawah.


6. Bentuk Sirip Belakang

Sirip bagian belakang yang dimaksud adalah sirip belakang yang dekat dengan ekor. Bentuk sirip bagian belakang ikan mujair terlihat panjang dengan bagian ujungnya berwarna kehitaman.

Sedangkan sirip bagian belakang ikan nila lebih lebar dan bentuknya pendek. Ujung sirip bagian belakang ikan nila juga tergolong tajam. Berbeda dengan sirip belakang ikan mujair yang tidak tajam.


7. Ekor

Perbedaan ikan nila dan mujair juga bisa dilihat dari bentuk ekornya. Ekor ikan nila pendek tapi melebar dengan bagian ujungnya berwarna agak cerah. Sedangkan pada ikan mujair bentuk ekornya memanjang dan tidak terlalu lebar.

Pembeda lainnya dari ekor mujair dan nila adalah warna ekor ikan mujair agak kemerahan pada bagian ujungnya.


Sekarang sudah tahukan apa saja perbedaan ikan nila dan mujair jika dilihat dari bentuk fisiknya? Beri tahukan perbedaan antara ikan nila dan mujair ini kepada teman dan saudara Anda di sosial media, agar mereka bisa membedakan kedua ikan ini.

 

Address

Indonesia

Follow

  • Twitter
  • Instagram
  • Facebook

Blog Dokter Hewan untuk berbagi cara merawat hewan dan tips memelihara hewan
©2020 by kawanhewan.