Mengenal Si Rambut Lebat, Anjing Golden Retriever


foto oleh pixabay


Apakah anda sedang mencari anjing berbulu lebat? Jika ya, maka tentu saja anjing golden retriever ini bisa menjadi pilihan anda. Selain dikenal sebagai anjing berbulu lebat, anjing jenis ini juga terkenal sebagai salah satu jenis anjing yang memiliki ukuran besar. Sama halnya dengan hewan berbulu lainnya, golden retriever juga bisa dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Hal tersebut karena sifatnya yang mudah beradaptasi, penyayang, memiliki tingkat kecerdasan tinggi serta tingkah yang menggemaskan. Anjing jenis ini sampai dijadikan aktor dalam film air bud karena bisa dilatih bermain basket.

Golden retriever memang bisa menjadi hewan peliharaan yang pas untuk menemani keseharian anda. Namun sebelum anda memutuskan untuk memiliharanya tentu saja pastikan anda mengenal lebih dalam tentang anjing satu ini. Mulai dari asal-usul, variasi serta bagaimana cara merawatnya.


Asal Usul Anjing Golden Retriever Si Cerdas Hasil Eksperimen

Jika telah mengetahui bentuk fisik dari anjing satu ini memang tidak akan pernah menyangka bahwa Golden retriever merupakan anking yang cekatan serta pandai berburu. Anjing golden retriever pertama kali diperkenalkan oleh seorang pemburu bernama Sir Dudley Coutts Marjobank MP. Sir Dudley sangat hobi berburu sehingga dia memiliki tempat favorit berburu di Skotlandia.

Dikarenakan saking cintanya dia dengan hobinya tersebut Sir Doudley sampai membuat tempat singgah yang dinamakan Guischan Estate. Namun, seiring berjalannya waktu dia selalu merasa kesepian ketika berburu sehingga dia sangat ingin memiliki anjing untuk mendampinginya berburu.

Sir Doudley menginginkan anjing yang cekatan serta panda berburu sehingga untuk merealisasikan keinginannya tersebut dia melakukan sebuah eksperimen. Dalam eksperimennya tersebut dia mengawinkan anjing yellow retriever dengan anjing water spaniel. Nah, dari hasil kawin silang tersebut menghasilkan 3 ekor anak anjing dimana ketiganya berbulu kuning.

Hasil perkawinan silang ini berlanjut hingga beliau meninggal dunia. Namun perkawinan masih tetap berlangsung hingga kini anjing jenis ini telah banyak tersedia di berbagai penjuru dunia termasuk Indonesia.


Variasi Anjing Golden Retriever

Umumnya terdapat 2 jenis anjing golden retriever yang ada di dunia. Keduanya memiliki karakteristik sedikit berbeda. Berikut 2 jenis anjing dari golden retriever:

· Tipe Amerika

Golden retriever tipe Amerika ini merupakan jenis anjing yang memiliki postur lebih pendek serta gemuk. Anjing jantan tipe Amerika memiliki bahu setingga 58 hingga 61 cm sedangkan tipe betina setinggi 55 hingga 57 cm. Tipe Amerika memiliki gaya berjalan yang lembut, penuh tenaga serta terkoordinasi dengan baik. Selain itu, tipe ini juga memiliki mata yang nampak segitiga dan cenderung terpisah.

· Tipe Inggris

Tipe yang kedua yaitu golden retriever tipe Inggris yang memiliki beberapa varian seperti garis Amerika, Australia hingga Eropa. Tipe yang satu ini memiliki karakteristik utama yaitu memiliki tulang besar, moncong yang berat dan kepala yang sedikit menyiku. Anjing tipe Inggris ini memiliki panjang 56 sampai 61 cm untuk jantan dan betina memiliki panjang sekitar 51 hingga 56 cm.


Lalu, Bagaimana Tips Merawat Anjing Golden Retriever?

Nah, untuk merawat anjing golden retriever pada dasarnya memang gampang-gampang susah. Ada beberapa hal yang sebaiknya anda perhatikan salah satunya yaitu dalam hal kondisi kesehatannya. Anjing golden retriever memang harus diperlakukan lebih khusus seperti selalu mengecek kondisi kesehatannya secara berkala, memberikan minum cukup, mengatur pola makannya dan rutin mengrooming.

Perhatikan pula pemberian vaksin bagi anabul ini. Terutama vaksin seperti rabies dan distemper. Selain itu, kebersihan kandang juga perlu sekali diperhatikan agar anjing golden retriever bisa hidup lebih panjang dan tetap sehat. Nah itulah sekilas tentang asal usul, variasi serta bagaimana tips merawatnya.