Anjing Akita, Hewan Peliharaan Paling Setia Dan Menggemaskan Dari Negeri Sakura!


foto oleh unsplash


Sebagian dari anda pasti pernah menonton film Hachiko bukan? Saat menonton film tersebut tentu saja anda akan melihat seekor anjing yang sangat setia. Nah, jenis anjing yang ada pada film tersebut adalah anjing akita. Anjing ini merupakan anjing keturunan asli negeri Sakura tepatnya dari wilayah Akita, Jepang Utara. Menariknya sebelum menjadi hewan peliharaan seperti sekarang ini, sekitar tahun 1600-an anjing tersebut dijadikan sebagai hewan aduan yang memang pada saat itu cukup populer di Jepang. Di negara asalnya anjing akita (akita inu) memang sudah menjadi simbol kesetiaan Nasional (ada monumennya lho).


Keunikan Anjing Akita

Dikenal sebagai anjing pemburu, hewan satu ini memiliki gaya berburu yang berbeda dengan jenis anjing lainnya yang umumnya selalu mengonggong ketika ada hal yang mencurigakan. Saat melihat ada hal yang mencurigakan, hewan ini mengincar targetnya secara diam-diam sama halnya seperti kucing.

Tidak hanya itu saja, anjing akita juga memiliki kebiasaan menjilati tubuhnya sendiri seperti yang dilakukan oleh kucing. Hal tersebut tentu saja menjadi keunikan tersendiri yang akan jarang kita temukan di anjing jenis lainnya. Selain dari keunikan tersebut, ada keunikan lain yang tentu bisa membuat kita gemas melihatnya.

Anjing akita gemar berbicara menggunakan bahasanya sendiri, namun walaupun demikian anjing ini memang jarang mengonggong dengan keras. Hanya saja, anda akan mendengar suara-suara lucu dari mulutnya seperti halnya mengorok, mengerang hingga menggerutu. Kebiasaan lain yang menjadi keunikan selanjutnya yaitu anjing akita selalu menggigit pergelangan tangan pemiliknya untuk menyampaikan apa yang dimaksudnya.


foto monumen hachiko (gotokyo.org)


Karakteristik Anjing Akita

Selain memiliki keunikan yang cukup berbeda dengan anjing jenis lainnya, anjing jenis ini juga memiliki karakteristik yang cukup berbeda. Berikut diantaranya:

· Anjing akita akan berubah menjadi lebih agresif dan bisa menyerang hewan lain seperti kucing, reptil, ikan dan lainnya sehingga anda harus lebih waspada jika terdapat hewan lain di sekitarnya.

· Memiliki insting sebagai anjing penjaga serta selalu mencoba untuk melindungi manjikannya dari ancaman.

· Anjing akita merupakan anjing peliharaan yang sangat setia, cerdas dan memiliki sifat diskriminatif.

· Tipe anjing yang mudah bosan sehingga tidak heran akan selalu mengajak anda bermain.

· Memiliki Sifat pemberani serta bertubuh kuat.

Itulah karakteristik anjing akita, di Indonesia anjing ini memang sudah banyak dipelihara sehingga anda tidak akan pernah kesulitan menemukannya. Anjing ini sangat menyukai kebersihan dan mereka tumbuh di cuaca dingin sehingga tidak hewan jika akita menyukai salju. Selain keunikan dan karakteristiknya, anjing ini juga memiliki dua jenis yaitu Japanese Akita serta American Akita.


Perbedaan Anjing Akita Japanese Dan American

Japanese akita merupakan jenis anjing yang diakui dikarenakan memiliki darah murni serta memenuhi standard di negara asalnya. Sedangkan American Japanese merupakan anjing persilangan antara anjing akita dan german shepherd. Untuk perbedaannya sendiri bisa dilihat dari ukuran tubuhnya dimana Japanese Akita lebih kecil dibandingkan American Akita. Selain itu, warna bulu Japanese lebih di dominasi dengan warna putih, belang dan merah sedangkan American umumnya berwarna cenderung gelap dan pinto.

Namun walaupun demikian kedua jenis anjing akita ini banyak sekali dicari untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan. Jadi, jenis mana yang lebih anda sukai? Manapun pilihan anda yang terpenting sayangi dan tanggung jawablah pada apa yang dipelihara jangan mengabaikanya.


Nah itulah sekilas tentang anjing akita, share ya agar lebih banyak yang tahu tentang anjing jenis ini.


Baca juga artikel tentang anjing khas jepang yang lain: Asal Usul Sejarah dan Informasi Mengenai Anjing Shiba Inu
20 views0 comments