• admin

Merawat Anjing Maltese agar Semakin Lincah dan Aktif



Merawat Anjing Maltese bisa dijadikan sebagai pilihan bagi Anda yang menyukai hewan peliharaan Anjing. Tubuhnya kecil, mungil, kalau berjalan lucu dan anggun. Mengundang banyak perhatian orang. Warna bulu yang dominan putih, pandai bersosialisasi dengan lingkungan sekitar dan sangat ramah kepada manusia.

Alasan lain banyak memeliharanya adalah mudah menerima berbagai macam pelatihan. Menurut apa kata pemiliknya, pandai, dan sangat lincah. Kesan mewah juga akan terpancar bagi siapa saja yang membawanya untuk berolahraga, atau sekedar jalan-jalan. Bila disentuh, bulunya sangat lembut dan halus.

Ciri lain yang bisa Anda temukan adalah hidungnya yang berwarna hitam besar, wajah bulat. Ekspresinya tampak waspada terhadap berbagai serangan. Sedikit menggonggong, dan bisa tinggal di berbagai macam tipe rumah. Hewan ini juga agresif sayangnya, sangat manja apalagi kepada pemiliknya.

Sifat manja inilah yang membuatnya sering cemas dan stress bila tidak diberikan perhatian. Pada awal pertemuan, mereka tidak menunjukkan sikap ramah. Tetapi, setelah satu atau dua jam bermain bersama. Mereka akan mengenal Anda, bahkan bila dalam waktu lama tidak bertemu, mereka masih ingat.


Perhatikan Makanan dan Lingkungan untuk Anjing Maltese

Untuk bisa merawatnya, perhatikan terlebih dahulu makanan yang akan dikonsumsi. Beberapa Anjing biasanya mempunyai tingkat sensitifitas tinggi. Salah memberikan makan, akan berpengaruh pada kesehatannya. Oleh karena itu, lebih baik bawa ke Dokter hewan terdekat. Anda bisa berkonsultasi mengenai kandungan apa saja yang bisa dimakan.

Ada beberapa jenis makanan di pasaran. Bila Anda menginginkan keindahan rambut tetap berkilau. Cari makanan yang mengandung nutrisi seperti omega 3, asam lemak omega 6, biotin. Usahakan berikan makanan dengan kandungan sodium pplyphospate yang berguna melindungi kesehatan gigi. Serta, mampu menghambat pembentukan karang gigi.

Jangan lupa berikan pula asupan vitamin. Terutama pada Anjing yang sedang hamil. Tetapi, pada usia kehamilan lebih dari 50 hari. Agar proses kelahiran berjalan lancar. Jangan berikan makanan yang mengandung zat kimia atau pewarna makanan. Akan mengganggu pertumbuhan anak dan menyebabkan penyakit.

Merawat Anjing Maltese selanjutnya adalah perhatikan tempat dan lingkungan sekitar. Buatlah kandang yang cukup luas agar, anjing bisa bergerak dengan leluasa, maklum saja hewan ini termasuk jenis hiperaktif. Bersihkan minimal 2 hari sekali. Karena, kondisi tempat yang kotor bisa menyebabkan munculnya kuman dan penyakit.

Terutama kotoran yang menyebabkan bau. Jangan lupa berikan aliran udara untuk sirkulasi. Perhatikan pula kenyamanan kandang agar terhindar dari hujan dan sinar matahari yang menyengat. Berikan tempat teduh yang menghadap sinar matahari pagi agar tidak muncul jamur. Sediakan tempat khusus untuk makan.

Jika, ada sisa sebaiknya langsung di buang dan dibersihkan seketika. Kemudian, berikan makanan baru agar kesehatannya tetap terjaga. Perhatikan pula area bermainnya. Sebaiknya, seminggu sekali dibersihkan dengan cara disikat. Agar terhindar dari lumut atau kotoran hewan lain jika ada.

Baca juga : Bingung Memilih Makanan Anjing Yang Tepat? Ketahui Tips Pemilihannya Berikut Ini!

Perawatan Rutin yang Harus Dilakukan Saat Merawat Anjing Maltese

Perlu Anda perhatikan bahwa sebenarnya, Anjing ini tidak terlalu ramah dan cenderung temperamen. Tetapi, sifatnya yang mudah beradaptasi dan bisa dilatih membuatnya sangat ramah dengan semua orang. Hanya saja, semua itu perlu perawatan rutin dan harus tekun untuk Anda jalankan setiap hari.

Bersihkan bagian wajahnya, terutama soal noda air mata yang akan mengganggu penampilannya. Untuk bagian bulu, Anda harus bersihkan setiap hari. Hal ini bertujuan mencegah bulu yang rontok atau mungkin mengikat. Jangan lupa juga rutin memotong bulunya setidaknya 2 inci saja.

Merawat Anjing Maltese perhatikan bagian jenggot, apalagi setelah makan. Biasanya akan ada sisa yang menempel. Saat memandikan hewan ini, jangan lupa gunakan sampo kering. Usahakan gunakan air hangat. Pijat perlahan kepala, tubuh, dan kakinya agar semakin terasa nyaman dan tidak mudah stres.

Perhatikan pula kebersihan area telinganya. Jika kotor, tidak ada salahnya meneteskan cairan tunggu beberapa saat kemudian, bersihkan sampai bersih. Jika, kuku sudah tampak panjang harus segera dipotong. Lebih baik sering memotong rambut bagian atas yang mengganggu penglihatan.

Perawatan rutin ini juga bisa Anda lakukan untuk Anjing yang masih anak-anak. Hewan peliharaan ini menjadi rekomendasi paling tepat. Walaupun, memiliki sifat temperamen dan bisa menyerang Anda sewaktu-waktu bila merasa terancam. Namun, merawat Anjing Maltese kenyataannya tidaklah begitu sulit.



#anjingmaltese

#maltesedog

#merawatanjingmaltese

15 views0 comments