Sejarah dan Cara Merawat Anjing Pitbull


foto oleh unsplash


Apakah anda sedang mencari kumpulan informasi tentang anjing Pitbull? Maka kali ini anda membaca postingan yang tepat. Sebab, kali ini kami akan membahas seluk beluk dan bagaimana cara merawat jenis hewan peliharaan yang satu ini agar bisa tumbuh dan hidup dengan sehat layaknya anjing peliharaan yang lainnya. Adapun informasi penting yang harus anda ketahui tentang anjing pitbull bisa dibaca pada tulisan di bawah ini.


Sejarah Anjing Pitbull

Bagaimana sejarah dari hewan yang satu ini? Konon dikabarkan jenis atau ras pitbull sudah ada semenjak dahulu kala. Nenek moyang anjing ini adalah anjing Molossian. Dalam perkembangannya, jenis Molossian ini menghasilkan ras anjing Mastiff. Anjing Mastiff adalah kelompok anjing yang gemar bertarung dan sering diajak untuk memenangkan medan perang. Anjing jenis Pitbull sendiri diyakini berasal dari keturunan Mastiff yang sudah melakukan perkawinan dengan ras biasa seperti Bulldog.


Karakteristik

Sebagai salah satu jenis anjing yang juga banyak dipelihara, tidak terlalu sulit sebenarnya melihat karakteristik anjing ini, yaitu:

● Memiliki rasa percaya diri yang baik dan pasti diturunkan dari jenis terdahulunya yang merupakan keturunan anjing untuk bertarung.

● Kepercayaan dirinya membantu anjing ini untuk lebih mudah akrab dengan para manusia.

● Mudah dilatih dan merupakan jenis anjing yang sangat setia akan perintah yang diberikan oleh sang pemiliknya.

● Pitbull juga jenis anjing yang sangat gemar bermain dan ingin selalu disayang melalui sentuhan.


Panduan Merawat Anjing Pitbull

Jika anda memiliki keinginan untuk merawat jenis anjing ini, maka panduan cara perawatan di bawah ini sangat dibutuhkan.

Tempat Untuk Merawat

Jangan samakan jenis anjing yang satu ini dengan hewan peliharaan lainnya yang bisa saja ditempatkan pada ruangan yang kecil serta sempit. Jika anda ingin merawat pitbull maka anda harus mencari tempat yang lebih besar dan luas. Sebab, anjing yang satu ini adalah hewan peliharaan yang memiliki banyak kegiatan alias superaktif. Jadi, sangat tidak mungkin jika anda menempatkannya di ruangan kecil.

Apalagi kebanyakan anjing pitbull biasanya memiliki ruangan hingga pekarangan taman bermain tersendiri. Sebab, mereka sangat suka sekali bergerak dan beraktivitas. Sehingga, butuh space luas yang memadai agar tidak mudah bosan dan berujung kepada stres.

Tempat Makan dan Minum

Jangan lupa untuk membelikan tempat makan dan minum yang digunakan khusus untuk hewan ini. Apalagi jika anda memelihara dari umur yang tergolong masih muda. Memberikan tempat makanan dan minuman khusus akan memudahkan pelatihan mereka nantinya.

Latihan Secara Intensif

Anjing ini merupakan salah satu jenis hewan yang sangat suka sekali menggigit apapun apalagi ketika bermain. Agar tidak merusak dan menjadi kebiasaan buruk nantinya, anda sebagai pemilik harus memberikan latihan sedari dini. Usahakan untuk mengajarkan hewan tersebut agar tidak terlalu sering menggigit barang-barang di sekitarnya. Semakin sering dilatih maka akan semakin bagus hasilnya.

Latih juga anjing ini untuk melakukan beberapa hal sederhana misalnya latihan untuk menghampiri anda ketika dipanggil, latihan duduk dan mengajaknya untuk berjalan-jalan bersama. Jika anda tidak melatihnya dengan benar maka hewan ini cenderung terlalu bersemangat dan meninggalkan anda jauh di belakang ketika mengajaknya berjalan-jalan.

Makanan

Tentu saja, anda harus memperhatikan dan mempertimbangkan pemberian makanan terbaik agar kesehatan pitbull peliharaan anda tersebut terjaga. Sebab, jenis doggy ini merupakan jenis yang super aktif. Untuk mengimbanginya, mereka membutuhkan makanan yang bergizi dan berenergi tinggi. Tidak hanya itu, perhatikan juga jadwal makan yakni pagi, siang dan malam.


Demikianlah informasi penting terkait jenis anjing pitbull yang perlu anda ketahui agar bisa merawatnya dengan baik.

4 views0 comments