Pecinta Hewan Perlu Tahu: Aturan Makan Kucing


foto oleh pixabay


Halo Pawrent, sudah memberi makan kucing belum? Jika selama ini masih abai tentang pemberian makannya, Anda perlu memperhatikan jam makan kucing lebih baik lagi.

Kalau kucing rajin makan dan sehat, kebutuhan gizinya akan terpenuhi. Sebagai pemilik, Anda juga pasti merasa senang, ‘kan?

Memberi makanan bagi kucing harus dilakukan secara teratur. Tujuannya untuk melihat perkembangannya dari hari ke hari. Kesehatan kucing juga dapat diukur dari nafsu makannya.


Bagaimana Aturan Memberi Makan Kucing?

Ada beberapa aturan ketika memberi makan kucing. Biasanya dilihat dari beberapa faktor tertentu. Coba terapkan sejumlah tips memberi makan kucing berikut ini:


1. Berdasarkan Usia

Memberi makan kucing berdasarkan usia menjadi hal yang wajib Anda perhatikan. Ini karena porsi makan kucing akan berbeda dilihat dari usianya.

Jika kucing Anda berusia antara 6 sampai dengan 12 minggu, lebih baik memberinya makan 4 kali dalam sehari. Apabila usianya 12 minggu ke atas, jumlahi porsi makan menjadi 3 kali sehari.

Lalu untuk kucing 6 bulan, berikanlah makanan sebanyak 2 kali sehari. Perhatikan pemberian makan pada kucing agar terhindar dari risiko kegemukan.


2. Nutrisi Kucing

Pemberian nutrisi kucing itu perlu. Jangan sampai memberikan makanan asal-asalan. Baik kitten atau kucing dewasa harus tetap mendapatkan gizi yang terpenuhi.

Anda disarankan untuk memberikan makanan berprotein tinggi pada kitten. Sebaliknya, jangan memberikan dengan kandungan protein tinggi pada kucing dewasa.

Anak kucing masih memerlukan protein guna mendukung tumbuh kembangnya. Anda bisa membeli makanan di petshop yang telah memiliki takaran tertentu.


3. Beri Minum Cukup

Pemberian minum pada kucing juga harus selalu terpenuhi. Perhatikan air yang Anda berikan pada wadah. Caranya dengan rajin mengganti air yang kotor.

Kucing harus banyak minum supaya memiliki ginjal yang sehat. Selain air putih, Anda juga bisa memberikan asupan gizi berupa susu.

Tips memilih susu untuk kucing adalah memperhatikan kandungannya. Jangan memberikan susu dengan kandungan gula tinggi. Sebaiknya Anda membeli susu khusus yang ada di petshop. Untuk kucing dewasa, anda tidak perlu memberikan susu karena semua nutrisinya sudah dipenuhi dari makanan.


4. Menu Makan Baru

Terkadang kucing juga menjadi tidak nafsu makan kalau makanannya kotor atau tidak higienis. Pastikan untuk memberikan makanan sehat dan baru.

Biasanya kucing akan mengalami rasa jenuh pada makanan. Mungkin karena rasa, tekstur, dan variasinya yang selalu sama. Sesekali berikan kucing Anda makanan baru untuk merangsang nafsu makannya atau berikan snack/treats yang mereka sukai.


Anda harus memperhatikan pola makan kucing dengan baik. Mulai dari jamnya, jenis makanan, dan lain-lain. Jangan lupa untuk memilih petshop berkualitas dan terpercaya.

Anda bisa mengunjungi petshop Kawan Hewan yang ada di Gresik. Selain itu, Anda juga bisa berkonsultasi seputar jam makan kucing yang tepat. Follow akun Instagramnya sekarang juga di @kawan.hewan. Semoga bermanfaat!

10 views0 comments