Masih Bingung Memilih Pakan Yang Tepat? Inilah Tips Memilih Pakan Kucing Yang Sebaiknya Diperhatikan


foto oleh wix


Saat ini memang banyak sekali orang yang menjadikan kucing sebagai salah satu hewan peliharaan. Mengingat semakin banyaknya orang yang memelihara hewan yang menggemaskan satu ini, maka tentu tidak mengherankan jika kini banyak sekali berragam pakan kucing yang bisa ditemukan. Namun, walaupun kini memang banyak sekali merek makanan kucing yang tersedia, tidak sedikit justru orang yang bingung dalam pemilihannya. Apakah anda termasuk salah satunya? Jika Ya, simak berikut ini tips memilih pakan kucing yang sebaiknya diperhatikan!


Inilah Tips Memilih Pakan Kucing Yang Sebaiknya Diperhatikan

Saat memelihara hewan perliharaan seperti kucing khususnya, bagian terpenting yang harus selalu diperhatikan yaitu makanan. Bagian yang satu ini memang sangat penting untuk diperhatikan karena akan menunjang kesehatan dari hewan perliharaan. Setiap kucing ataupun hewan lainnya memang memiliki selera berbeda terhadap suatu makanan yang mereka makan. Namun walaupun demikian tetap saja anda perlu memperhatikan asupan nutrisinya. Bagi anda yang kebingungan memilih pakan kucing, berikut beberapa tips memilih pakan yang sebaiknya anda perhatikan:


1. Pilihlah Pakan Kering Yang Bernutrisi Sebagai Makanan Utama

Berbicara tentang pakan kucing, ada dua tipe makanan dasar yang sering dimakan yaitu makanan basah serta makanan kering. Namun dalam hal ini, makanan kering memang lebih cocok untuk dijadikan sebagai makanan utama. Mengapa demikian? Hal ini tentu saja dikarenakan makanan kering lebih tahan lama serta harganya cukup bersahabat. Tak hanya itu saja, makanan kering juga bisa melatih kekuatan gigi dan membantu mencegah plak.

Namun hal ni tentu saja disesuaikan juga dengan kondisi dari hewan peliharaan anda, jika memang kucing anda memiliki daya gigit lemah serta membutuhkan asupan air, anda bisa memberinya makanan basah. Makanan basah memang memiliki banyak varian hanya saja anda harus mengeluarkan budget cukup besar dalam hal ini. Yang terpenting pastikan makanan yang anda pilih memiliki gizi seimbang.


2. Pilihlah Makanan Yang Aman

Memilih makanan yang aman merupakan syarat paling utama. Dalam hal ini anda perlu mencari pakan yang berkualitas untuk menjaga kesehatan tubuh hewan kesayangan anda. Ada beberapa kualifikasi makanan yang aman untuk kucing. Diantaranya yaitu makanan yang mengandung protein hewani tinggi, oral care food sebagai pencegah karang gigi pada kucing, dan berikan asam amino esensial serta taurine untuk mencegah gangguan pencernaan.


3. Pilih Makanan Yang Disesuaikan Dengan Ras Kucing

Produk pakan kucing yang disesuaikan dengan ras kucing memang sangat banyak di jual dipasaran. Dalam hal ini anda bisa memilihnya dengan mudah karena makanan tersebut akan disesuaikan dengan karakter dari masing-masing kucing mulai dari bulu hingga ciri-ciri tubuh. Selain ciri fisik, penentuan pakan berdasarkan ras ini juga untuk mendukung gaya hidup si meong. Sebagai contoh, kucing bengal memiliki sifat yang enerjik sehingga membutuhkan pakan lebih banyak dibandingkan kucing persia yang sifatnya pasif. Intinya dalam hal ini anda perlu mengetahui ras dari kucing anda lalu menentukan makanan yang pas.


4. Pastikan Pilihlah Makananan Yang Disesuaikan Dengan Umur Kucing

Tips memilih pakan kucing terakhir yaitu pasti anda menyeseuaikannya dengan umur kucing. Umumnya untuk anak kucing akan sangat membutuhkan asupan protein lebih tinggi sehingga anda harus mencari makanan yang mengandung protein tinggi. Sedangkan untuk kucing tua, anda perlu memilih makanan yang mengandung protein rendah.


Nah itulah beberapa tips memilih pakan kucing yang sebaiknya anda perlu diperhatikan. Tips diatas tentu bisa membantu anda dalam mencari pakan yang tepat untuk hewan peliharaan, maka sebaiknya perhatikan tips tersebut dengan benar.

26 views0 comments