Bolehkah Anak Kucing Diberikan Susu Kedelai, Susu Kambing & Susu Sapi Sebagai Pengganti Susu Induk?


foto oleh unsplash


Saat anda memelihara kucing betina sebagai hewan peliharaan, maka kemungkinan besar di hari-hari mendatang kucing kesayangan anda akan melahirkan bayi kucing. Nah sebagian induk kucing memang akan bertanggung jawab untuk memberikan susu kepada anaknya. Namun tidak sedikit juga induk kucing yang enggan memberikan susunya kepada anaknya sehingga anak kucing tersebut membutuhkan penggantinya.

Jika untuk bayi manusia biasanya ada susu formula khusus maka untuk anak kucing juga ada pengganti susu induk yang biasa disebut kitten milk replacer. Sebagian dari anda pastinya berpikir bahwa memberikan anak kucing susu sapi akan cukup baik sebagai kitten milk replacer. Namun apakah pemberian susu sapi tersebut baik untuk kesehatannya? Lalu, bagaimana dengan susu kedelai, susu kambing bahkan susu almond? Apakah jenis susu-susu tersebut merupakan pilihan sehat untuk memberikan asupan susu untuk anak kucing ketika induknya tidak ingin memberikan susu? Penasaran? Simak penjelasannya berikut ini!


Berikut Penjelasan Singkat Apakah Anak Kucing Boleh Minum Susu Sebagai Kitten Milk Replacer Dari Induknya!

Sama halnya seperti manusia, anak kucing juga membutuhkan susu sebagai salah satu sumber nutrisi sebelum mereka bisa makan makanan kucing. Biasanya asupan nutrisi tersebut akan langsung diberikan oleh induknya. Pada saat lahir kucing juga belum memiliki gigi sehingga praktis membutuhkan asupan nutrisi dalam bentuk cair seperti susu.

Namun tidak sedikit induk kucing yang enggan untuk memberikan susu atau anda memelihara (atau menemukan) anak kucing yatim piatu yang tidak memiliki induk. Karena kondisi tersebut maka tentu anda perlu mencari alternatif untuk memberikan kitten milk replacer atau pengganti susu kucing.

Banyak sekali pemilik kucing yang memberikan susu kepada anak kucingnya. Namun bolehkah anak kucing minum susu? Jawabannya tentu saja boleh. Namun satu-satunya susu yang sehat untuk diminum adalah susu induknya dan sebagai alternatif jika tidak ada anda bisa memberikannya susu formula khusus untuk anak kucing yang bisa anda temukan dengan mudah saat ini.


Lalu, Apakah Boleh Memberikan Susu Sapi Kepada Anak Kucing?

Banyak sekali pemilik kucing yang beranggapan bahwa susu sapi boleh diberikan kepada anak kucing. Padahal hal tersebut salah, karena pada dasarnya anak kucing tidak boleh diberikan susu sapi. Hal ini dikarenakan tubuh anak kucing belum bisa mencerna laktosa yang terkandung dalam susu sapi. Jika anda terus memaksa untuk memberikannya susu maka sistem pencernaannya akan terganggu yang bisa menimbulkan beberapa gangguan seperti diare dan dehidrasi yang sangat cepat.


Bagaimana Dengan Susu Kedelai Dan Susu Kambing?

Jika susu sapi tidak direkomendasikan untuk diberikan kepada anak kucing, lalu bagaimana dengan susu kedelai dan susu kambing? Anak kucing memiliki perut yang cukup sensitif sehingga penting menghindari untuk memberikan makan anak kucing susu lain misalnya seperti susu kedelai.

Susu kedelai tidak akan memberikan keseimbangan yang sesuai dengan asam amino yang dibutuhkan oleh kucing. Seperti yang kita tahu bahwa kucing merupakan hewan karnivora yang harus makan produk hewani bukan produk nabati.

Begitu juga denga susu kambing, walaupun anda sering sekali menemukan informasi di internet yang menyebutkan bahwa susu kambing bisa menjadi kitten milk replacer. Namun beberapa dokter hewan melarang pemberian susu kambing. Hal ini lagi-lagi alasannya sama yaitu karena perut kucing sangat sensitif dan organnya belum berfungsi dengan baik sehingga jika dipaksakan akan menyebabkan beberapa gangguan.


Panduan Memberikan Susu Formula Untuk Anak Kucing

Seperti telah diulas pada ulasan diatas bahwa anak kucing boleh mendapatkan kitten milk replacer yaitu hanya susu formula khusus anak kucing yang diracik secara khusus sebagai pengganti susu induknya. Anda perlu memberikan susu formula dari botol sampai usianya menginjak 4 sampai 5 minggu. Alternatif lain adalah susu tersebut diberikan melalui spuit/spet agar si anak kucing tidak kesulitan dalam mengkonsumsinya. Lalu setelah itu anda bisa menyapihnya.

Namun menyapih anak kucing juga tentu bukan hal yang mudah. Jika saat penyapihan anak kucing anda mengalami penurunan berat badan, sakit dan terlihat lesu maka anda bisa memberikan susu formula kembali selama 3 atau 5 hari sebelum mencoba untuk menyapihnya lagi.

Waktu terbaik untuk menyapih anak kucing yaitu dengan melihat gigi susunya yang muncul dari gusinya. Jika gigi susu kucing anda telah muncul maka anda bisa mulai menyapihnya. Menyapih anak kucing bisa dimulai dengan memberikannya bubur makanan anak kucing bisa kalengan atau kering yang direndam dengan susu formula khusus anak kucing.

Tujuan pemberian makanan tersebut untuk membiasakan anak kucing anda dengan rasa makanan. Hal ini membutuhkan proses yang cukup panjang karena bisa saja terjadi penolakan. Namun anda tentu perlu terus mencobanya agar kucing anda mendapatkan nutrisi untuk perkembangannya. Jika anda khawatir tidak dapat memberikan makanan yang “pas” di masa penyapihan, anda dapat membeli makanan khusus yang memang didesain untuk penyapihan (weaning) di petshop terdekat.

Nah itulah sekilas tentang kitten milk replacer yang direkomendasikan dan tidak boleh diberikan. Dari ulasan diatas tentu saja sedikit banyaknya anda sudah tahu bahwa anak kucing tidak dianjurkan untuk diberikan susu sapi, susu kedelai bahkan susu kambing. Kitten milk replacer juga saat ini mudah ditemukan di petshop atau klinik dokter hewan terdekat. Untuk anda yang tinggal di daerah gresik, Anda dapat datang ke Kawan Hewan Petshop untuk mendapatkan berbagai merk kitten milk replacer untuk memberikan nutrisi bagi anak kucing kesayangan Anda.

Semoga bermanfaat!


Baca juga : Makanan Untuk Kucing Kecil yang Tepat Untuk Diberikan dan Cara Merawatnya
20 views0 comments