Membasmi Serangga di Rumah Tanpa Insektisida


foto oleh unsplash


Jika ditanya apakah membasmi serangga di rumah tanpa insektisida itu mungkin jawabannya tentu saja bisa! Pastinya mereka yang mendengar hal tersebut bertanya-tanya apa saja cara yang harus dilakukan. Padahal sebenarnya hal ini cukup mudah dan sederhana saja. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan supaya serangga tidak bersarang di kediaman Anda.

Memang insektisida dianggap sebagai salah satu solusi yang cepat untuk membasmi serangga. Namun, tentu saja banyak yang sudah mengetahui akan potensi bahaya dibalik penggunaannya secara berlebihan. Nah, jika ingin tahu apa saja langkah efektif membasmi serangga di rumah tanpa insektisida, yuk baca informasi berikut ini.


Perhatikan Ventilasi Rumah

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu memperhatikan kondisi ventilasi yang ada di rumah Anda. Perhatikan apakah terdapat lubang di langit-langit atau atap rumah Anda. Jika ada maka sesegera mungkin lakukan penutupan. Sehingga secara tidak langsung menghindari resiko serangga untuk masuk dan berkembang biak di dalam rumah.

Salah satu lubang pada dinding ataupun atap rumah yang sering terjadi yaitu akibat bekas paku ataupun akibat kebocoran. Oleh sebab itu ada baiknya memperbaiki kebocoran dan lubang dengan segera menambalnya. Lubang di dinding bisa diperbaiki dengan menggunakan dempul, sementara kebocoran atap bisa diperbaiki dengan memperbaiki genting yang bocor.


Jaga Kelembapan di Dalam Rumah

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam membasmi serangga di rumah tanpa pestisida yaitu menjaga tingkat kelembapan di dalam rumah. Ada banyak orang yang sering kali mengacuhkan hal yang satu ini. Padahal sebenarnya kelembapan di dalam rumah menentukan apakah serangga tertarik untuk bersarang atau tidak. Karena itu sebaiknya pastikan supaya kondisi rumah tidak terlalu lembap dan sebisa mungkin selalu dalam keadaan yang kering.


Pasang Kelambu Besi

Salah satu cara efektif yang berikut yaitu menggunakan kelambu yang terbuat dari bahan besi. Hal ini diyakini ampuh untuk mencegah serangga masuk dari sela-sela lubang ventilasi. Saat ini di pasaran ada banyak jenis kelambu besi yang dapat digunakan. Bahkan ada juga yang cukup estetik dipadukan untuk dipasang pada lubang ventilasi rumah Anda.


Perbaiki Pipa Bocor

Siapa sangka pipa yang bocor bisa mengakibatkan datangnya serangga? Ya, sering kali di rumah Anda jumpai ada bagian pipa yang bocor. Entah itu di kamar mandi, atau di bak pencucian piring yang ada di sekitar dapur. Nah, ternyata cukup penting menghindari kebocoran di area tersebut. Karena pipa yang bocor ternyata mengundang kelembapan di area rumah Anda.

Maka dari itu sebaiknya segera lakukan perbaikan jika menemukan kebocoran pipa. Bila perlu ganti dengan pipa yang baru sehingga kebocoran dapat dihentikan secepatnya. Dengan demikian potensi serangga yang bersarang juga bisa diminimalkan.


Jaga Supaya Dapur Tetap Kering

Cara membasmi serangga di rumah tanpa pestisida selanjutnya yaitu dengan menjaga supaya dapur tetap kering. Bila area dapur bersih dan terjaga, maka serangga tentu enggan bersarang. Bukan rahasia lagi jika kebanyakan serangga memilih untuk bersarang di area dapur. Hal ini karena dapur adalah tempat menumpuk piring kotor dan membuang sampah makanan. Sehingga untuk menghindarinya maka dapur harus senantiasa bersih dan kering.


Bersihkan Halaman Rumah

Jangan malas membersihkan halaman rumah. Sebisa mungkin bersihkan pekarangan rumah secara berkala. Dengan demikian potensi serangga bersarang akan makin kecil. Terutama umumnya jika pekarangan rumah sering kali kotor, bisa jadi ini merupakan tempat favorit serangga untuk berkembang biak.


Rajin Membersihkan Hewan Peliharaan

Jika memiliki hewan peliharaan, maka jangan malas untuk rajin membersihkan dan memandikannya secara berkala. Termasuk jaga kondisi kesehatan hewan peliharaan dari hewan semacam kutu. Karena sebenarnya kutu hewan termasuk serangga yang mengganggu. Jika hal ini terjadi, segera bawa ke dokter hewan terdekat untuk pengobatan yang optimal.


Gunakan Asam Borat

Menggunakan asam borat juga merupakan salah satu solusi yang dianggap efektif oleh sebagian besar orang. Cukup semprotkan asam borat pada jenis serangga yang mengganggu rumah Anda, misalnya pada kecoa yang datang. Namun demikian hal penting yang harus diperhatikan yaitu penggunaan bahan ini lebih efektif di lingkungan yang kering. Jika di lingkungan yang basah maka dapat berkurang efektifitasnya.


Pakailah Lampu LED

Salah satu cara mudah untuk membasmi serangga di rumah tanpa pestisida yaitu dengan menggunakan lampu jenis LED. Dengan penggunaan LED maka serangga dapat berpotensi berkurang. Oleh sebab itu ada baiknya mencoba cara yang satu ini. Cukup ganti bohlam lampu yang ada di seluruh penjuru rumah dengan lampu berjenis LED.


Manfaatkanlah Kayu Putih

Salah satu cara alami untuk membasmi serangga di rumah tanpa pestisida yaitu dengan jalan membakar kayu putih (tanaman). Kebanyakan orang percaya bahwa tindakan yang satu ini mampu membantu untuk mengusir serangga supaya tidak mendekat. Sehingga secara tidak langsung juga menghindari resiko serangga bersarang di rumah. Bau kayu putih yang menyengat memang kebanyakan dibenci oleh beberapa serangga rumah seperti kecoak ataupun lalat.


Gunakan Cengkeh

Selain kayu putih, Anda juga dapat memanfaatkan cengkeh atau minyak esensialnya cengkeh untuk mengusir nyamuk. Hal ini penting karena nyamuk bisa saja membawa penyakit yang berbahaya seperti malaria dan demam berdarah. Cengkeh juga dapat mengatasi lalat jika dipadukan dengan lemon menurut beberapa literatur.


foto oleh unsplash


Cobalah Perangkap Serangga

Selain insektisida, biasanya perusahaan yang bergerak di bidang pembasmian hama serangga juga menawarkan berbagai perangkap untuk mengendalikan populasi serangga. Untuk nyamuk dan lalat, terdapat perangkat khusus seperti lampu anti nyamuk/lalat. Ada juga perangkap lalat yang berbentuk lem. Jika anda bermasalah dengan kecoak, saat ini sudah banyak yang menjual perangkap kecoak yang dapat digunakan untuk menangkap kecoak. Perangkap-perangkap ini biasanya memakai umpan non insektisida (seperti lampu UV atau feromon) sehingga relatif lebih aman.


Bahaya Insektisida

Banyak yang mengambil jalan singkat dengan menggunakan insektisida saat ingin mengusir serangga-serangga nakal di dalam rumah. Sebaiknya sebelum memakai insektisida, cobalah cara cara lain dahulu. Bagi yang belum mengetahuinya, berikut ini beberapa potensi bahaya insektisida yang digunakan bagi Kesehatan dan lingkungan rumah Anda.

· Gangguan pernapasan.

Kebanyakan bahan yang digunakan oleh insektisida merupakan bahan kimia yang berbahaya. Sehingga potensi menimbulkan gangguan pernapasan juga cukup besar. Bukan hanya pada manusia, tetapi juga pada hewan peliharaan di rumah. Nah, jika terlanjut terjadi, segera bawa hewan peliharaan ke dokter hewan terdekat ya!

· Iritasi kulit.

Pada sebagian besar orang, ternyata penggunaan insektisida juga beresiko menimbulkan iritasi pada kulit. Hal ini sebenarnya tidak jauh dari reaksi alergi yang timbul pada kulit. Sisa aerosol yang menempel bisa jadi terkenal kulit dan menimbulkan rasa gatal yang berakhir dengan iritasi.

· Serangga menjadi kebal.

Salah satu resiko saat membasmi serangga menggunakan insektisida yaitu potensi serangga menjadi kebal. Sehingga lama kelamaan insektisida tidak bermanfaat maksimal atau harus menambah dosis yang diberikan. Hal ini tentu memicu potensi bahaya lain yang juga jauh lebih besar.

· Mudah terbakar.

Bahan dasar yang digunakan oleh insektisida umumnya mudah terbakar. Sehingga harus disimpan dengan hati-hati. Jika disimpan di suhu yang panas juga kurang baik untuk dilakukan.


Wah, ternyata membasmi serangga di rumah tanpa insektisida cukup mudah untuk dilakukan Mulai dari memastikan kondisi rumah yang kondusif, hingga menggunakan berbagai macam bahan yang alami. Dengan demikian tentunya serangga tidak akan mendekat dan bersarang di dalam rumah. Tanpa adanya serangga yang bersarang, tentunya rumah menjadi cukup nyaman untuk ditinggali.