• admin

Tips Mengadopsi Kucing Liar tanpa Menimbulkan Rasa Takut


foto oleh unsplash


Sebelum memelihara kucing yang berkeliaran di jalan, Anda harus mengetahui tips mengadopsi kucing liar agar tidak kewalahan. Kucing merupakan mamalia karnivora yang sangat populer sebagai hewan peliharaan, terutama di Indonesia. Kucing memiliki karakteristik yang ramah, lucu dan bersahabat dengan manusia.

Namun, tidak sedikit kucing yang berkeliaran di jalan tanpa ada yang merawat atau memberinya makan. Kucing liar cenderung lebih agresif karena berbagai faktor. Untuk memelihara kucing tersebut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, karena kucing liar tidak bisa langsung dibawa pulang.

Tips mengadopsi kucing liar yang paling mudah adalah dengan memanfaatkan momen. Kucing akan betah jika diberi makanan lezat dan disukainya. Oleh karena itu, Anda bisa membawa makanan untuk mengundang kucing liar secara rutin. Seiring berjalannya waktu, kucing tersebut akan terbiasa bermain bersama Anda.


Kenali Karakter Kucing dan Perlakukan dengan Lembut

Untuk menjinakan kucing liar, Anda harus mengenali karakter kucing tersebut. Kucing yang sedang gelisah atau stress bisa menyerang jika merasa mendapat tekanan. Hal ini bisa ditandai dengan badan kucing yang merendah, telinga menekuk ke belakang dan mata melotot, serta mengeram.

Jika kucing dalam keadaan demikian, tunggu hingga kucing merasa tenang. Jaga jarak terlebih dahulu tetap aman dan tidak membuat kucing lari. Setelah kucing mulai tenang, cobalah untuk merayunya dengan makanan dan perhatian yang manis. Kucing bisa memahami gerak gerik Anda dengan baik.

Tips mengadopsi kucing liar selanjutnya adalah perlakukan kucing dengan lembut. Tips ini sangat ampuh untuk menjinakan hewan liar, termasuk kucing. Sebagai hewan yang hidup di alam bebas, tentu saja butuh waktu untuk mengenal manusia. Oleh karena itu, jangan memaksakan diri untuk memegang kucing liar.


Siapkan Tempat Bersembunyi yang Aman

Kucing liar bisa mengetahui jika ada yang mengawasinya. Jika Anda ingin memerhatikan kucing, perhatikan jarak yang aman agar kucing tidak menyadarinya. Untuk penyesuaian kucing dengan lingkungan barunya, perlu siapkan tempat persembunyian yang aman.

Selain menyiapkan tempat persembunyian, tips mengadopsi kucing liar selanjutnya adalah tidak membentak kucing. Kucing yang sedang mengeram tidak boleh dibentak atau diganggu. Jika Anda memarahi kucing, justru akan membuatnya mudah takut dan lari. Untuk memberikan kenyamanan pada kucing, perlakukan dengan baik kucing tersebut.

Kucing akan mudah jinak jika diberikan semangat yang positif. Sebenarnya memelihara kucing tidaklah sulit jika sudah jinak, karena kucing termasuk hewan yang ramah dan mengerti. Namun, untuk membuatnya jinak membutuhkan waktu yang cukup lama dan butuh kesabaran tinggi.


Siapkan Makanan yang Lezat dan Bergizi serta Lakukan Pengecekan ke Dokter Hewan

Tips mengadopsi kucing liar yang paling penting adalah menyiapkan makanan yang lezat dan bergizi. Anda harus mengetahui makanan yang disukai kucing sebagai hewan karnivora. Makanan harus mengandung nutrisi tinggi untuk memenuhi kebutuhan mereka. Makanan dan minuman tentu menjadi hal penting yang perlu Anda diperhatikan.

Sembari memberikan makanan, Anda bisa memegang kucing dengan hati-hati. Memegang atau mengelus kucing dapat membuatnya merasa nyaman. Jangan terlalu memaksakan diri untuk bisa memegang kucing tersebut, karena justru membuatnya merasa terganggu. Kucing tidak bisa dengan sembarangan dipegang oleh orang asing.

Saat mengelus kucing, Anda tetap harus berhati-hati dan tidak boleh terlalu keras. Berikan sentuhan yang lembut dan perlahan, sehingga kucing tidak kaget dan terganggu. Elus bagian tubuh hingga kepala dengan halus sambil menenangkannya. Setelah itu, Anda bisa menggendongnya jika kucing sudah merasa nyaman.

Tips mengadopsi kucing liar yang terakhir adalah melakukan pengecekan kesehatan kucing ke dokter hewan. Sebelum kucing dipelihara, pastikan kondisinya dalam keadaan baik dan sehat. Hal ini harus dibuktikan melalui pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter. Jika memang ada gangguan pada kesehatanya, kucing akan diberikan penanganan terlebih dahulu. Hal perlu dilakukan untuk menjamin Kesehatan kucing maupun Anda.

Dokter hewan akan memberikan pemeriksaan pada bagian tubuh kucing, mulai dari telinga, mata, hingga bulu. Kucing yang memiliki masalah kesehatan serius tidak boleh langsung dipelihara di rumah. Dokter akan memberikan resep makanan untuk kucing agar kesehatannya pulih kembali.


Kucing liar memiliki karakteristik yang lebih agresif dan sensitif dibandingkan kucing peliharaan. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan tips di atas sebelum mengadopsi kucing liar di rumah. Ketika pertama kali membawa kerumah, jangan lupa untuk mulai diajari agar buang air pada tempatnya. Jangan lupa juga untuk membawa kucing ke dokter hewan terdekat untuk melakukan pengecekan kesehatan secara rutin agar kucing tetap sehat dan lucu.

Baca juga : Cara Mengajarkan Kucing Buang Air Besar Pada Tempatnya
33 views0 comments