• admin

Manfaat Yucca Schidigera Untuk Pemeliharaan Kucing dan Anjing


foto oleh wikipedia


Tidak bisa dipungkiri, salah satu kendala dalam merawat hewan peliharaan adalah bau kotorannya. Untuk itu, Anda harus tahu bagaimana cara mengatasinya. Ada salah satu solusi problem ini yang berupa sebuah tanaman unik. Tanaman ini bernama Yucca Schidigera. Bagaimana caranya menghilangkan bau? Pasti anda penasaran, bukan? Nah, yuk disimak penjelasannya.


Apa Itu Tanaman Yucca Schidigera?

Jika anda ingin mengetahui sejarah tanaman ini, mari membahasnya secara singkat. Beberapa puluh tahun silam, tanaman ini hanya dikenal sebagai tanaman semak. Asal dari tanaman Yucca sendiri adalah Amerika Tengah. Penduduk asli di sana sudah menggunakan tanaman ini selama beradab-abad untuk pembuatan keranjang dan tali temali.

Tanaman ini memiliki tekstur daun kaku, runcing dan menyerupai pedang. Bahkan, penduduk asli suku Indian kerap menggunakan serat daunnya untuk membuat sandal, tali hingga pakaian. Mereka juga mengunyah daunnya secara mentah, mengolah bunga dan menambahkan buah-buahan untuk dijadikan minuman berfermentasi.

Yucca ini sekarang dikenal sebagai tanaman dengan banyak manfaat. Baik untuk kesehatan, kecantikan hingga masalah bau kotoran hewan. Bahkan ekstrak tanaman ini sudah dijadikan sebagai bahan utama pembuatan suplemen. Bagian akarnya juga baik untuk menyembuhkan luka. Namun, pada kesempatan kali ini anda akan mengetahui manfaat Yucca Schidigera sebagai penghilang bau kotoran kucing dan anjing.


Penggunaan Yucca Schidigera Penghilang Bau Kotoran Kucing dan Anjing

Setelah mengetahui sekilas tentang tanaman ini. Tentu anda sebagai calon atau pemilik hewan peliharaan terutama kucing dan anjing ingin tahu bagaimana cara menggunakannya, bukan? Berikut penjelasannya.

Industri makanan hewan ternak sudah menggunakan suplemen atau produk makanan yang mengandung ekstrak dari tanaman ini. Jika digunakan untuk makanan hewan peliharaan maka ekstrak tanaman ini bisa mengurangi bau kotoran. Hal ini terjadi karena ekstrak Yucca Schidigera mampu mengikat hidrogen sulfida dan amoniak. Kedua senyawa ini ditengarai merupakan biang keladi dari bau tidak sedap pada kotoran hewan peliharaan. Produk yang mengandung ekstrak tanaman ini sangat aman digunakan untuk hewan peliharaan. Bahkan penggunaannya dinyatakan ampuh mengurangi bau kotoran hingga 26%.

Uniknya lagi ekstrak tanaman Yucca ini juga berfungsi di bidang kesehatan. Tidak sedikit manfaat yang bisa didapatkan. Salah satu manfaatnya adalah sebagai anti inflamasi yang menyebabkan berkurangnya peradangan serta rasa sakit bagi hewan peliharaan anda tersebut. Selain itu ekstrak Yucca Schidigera juga sangat berkhasiat untuk menghambat penyerapan bakteri berbahaya di saluran pencernaan sehingga kesehatan kucing lebih terjamin. Jadi, mulai saat ini cobalah mencari makanan hewan peliharaan yang ditambahkan dengan ekstrak tumbuhan Yucca, ya!


Bagaimana Cara Merawat Tanaman Ini?

Nah setelah tahu mekanismenya dalam menghilangkan bau, ada baiknya Anda mempelajari cara menanam serta memelihara tanaman ini. Cara merawatnya mudah berikut panduannya:

Usahakan menggunakan media tanaman dengan tingkat drainase yang baik. Seperti campuran dari tanah hitam dan pasir kasar.

Yucca merupakan tanaman di daerah yang kering. Untuk itu perhatikan suhu dan iklim jika ingin menanam dan merawat tanaman ini. Letakkan di tempat yang mendapatkan sinar matahari langsung seharian.

Perhatikan drainase tempat penanaman dari tanaman tersebut. Jangan sampai media tanamnya menyimpan banyak air sebab Yucca akan tumbuh subur di media yang kering. Untuk itu jangan terlalu sering menyiraminya.

Ketahui gejala terlalu banyak air. Misalnya bau busuk dari akar tanaman, daun menguning hingga berwarna coklat dan kehitaman.


Nah dengan mengetahui cara perawatan yucca schidigera, penghilang bau kotoran kucing dan anjing di atas anda bisa menanamnya sebagai salah satu tumbuhan hias.


Baca juga : Efektif Dan Terjangkau! Inilah Cara Hilangkan Kutu Pada Anjing Dengan Bahan Alami