Cara Memotong Kuku Kucing Paling Aman Supaya Tidak Berontak

Updated: Jul 25, 2020


foto oleh Unsplash


Kuku adalah bagian tubuh yang cukup sensitif bagi kucing. Biasanya, mereka langsung menunjukkan perilaku agresif ketika akan dipotong kukunya. Namun hal tersebut bisa diatasi jika pemilik kucing tahu bagaimana cara memotong kuku kucing yang benar.

Beberapa orang berpendapat, kuku kucing sebaiknya tidak dipotong. Tapi hal tersebut masih menjadi perdebatan hingga kini. Yang pasti, jika kuku kucing dibiarkan panjang, kemungkinan besar bisa membahayakan Anda sebagai pemilik kucing dan hewan lain disekitarnya serta ke furnitur yang ada di rumah Anda. Maka dari itu, tetap potong kuku kucing, tapi dengan cara yang benar. Selain mandi, memotong kuku si meong juga termasuk bagian dari grooming yang perlu dilakukan agar penampilan hewan kesayangan tetap imut dan lucu.

Baca juga: Tips Cara Memandikan Kucing Anggora Agar Tidak Berontak

Cara Memotong Kuku Kucing Supaya Tidak Berontak

Kucing sejatinya adalah hewan yang penurut. Anda bisa mengontrol dan membuat kucing menjadi sangat penurut, jika tahu trik-triknya. Termasuk saat memotong kuku kucing. Berikut proses pemotongan kuku kucing yang benar supaya tidak membuat kucing berontak.

1. Pangku atau Gendong Kucing Supaya Nyaman

Sebelum memulai proses pemotongan kuku, sebaiknya Anda buat kucing merasa nyaman terlebih dahulu. Bisa dengan cara memangku atau menggendongnya. Usap-usap bagian kakinya, supaya mereka bisa rilex dan tidak berontak saat akan dipotong kukunya.

2. Pegang Bantalan Kakinya dan Tekan Secara Perlahan

Setelah kucing sudah terlihat rileks dan tenang, mulailah pegang bantalan kakinya. Tekan secara perlahan menggunakan ibu jari sampai jumlah kuku kucing terlihat semua. Jika kucing tidak bereaksi alias diam, Anda bisa lanjutkan step berikutnya.

3. Siapkan Potongan Kuku Khusus Kucing

Sebenarnya, Anda bisa menggunakan gunting kuku biasa yang dipakai orang dewasa. Namun hasilnya potongannya berbeda dan cenderung tidak rapih. Kuku kucing yang cenderung keras, harusnya dipotong menggunakan gunting kuku khusus, namanya scissor nail clippers. Harganya cukup murah.

4. Potong Kuku Kucing Di Bawah Area Quick

Tidak seperti manusia, kucing memiliki area sensitif pada kuku yang tidak boleh dipotong. Nama area tersebut adalah quick. Jika Anda memotong kuku kucing terlalu pendek sampai mengenai area quick, akibatnya bisa berdarah. Hal itulah yang membuat kucing berontak lalu marah.

Potonglah kuku kucing di bawah area quick, yakni di bagian yang bentuknya runcing saja. Anda bisa menandainya lewat warna. Area quick warnanya pink. Saat memotong kuku kucing, usahakan tidak melewati area tersebut agar kucing tidak berontak.

5. Potong Dari Arah Samping

Trik memotongnya juga tidak boleh sembarangan. Anda harus mulai memotong kuku kucing dari arah samping, bukan atas. Cara ini harus diterapkan supaya proses grooming lancar tanpa membuat kucing berontak dan kesakitan. Selain itu, memotong dari arah samping juga bisa menghindari kemungkinan kuku kucing patah.

6. Jangan Tergesa-gesa

Memotong kuku kucing, butuh kesabaran ekstra. Anda tidak bisa melakukannya dengan tergesa-gesa karena hal tersebut bisa bikin kucing gelisah. Jika Anda melihat gelagat kucing yang mulai tidak nyaman, pijat kaki-kakinya lagi sampai ia merasa rileks kembali. Setelah itu, barulah lanjut potong kuku kucing satu persatu.

7. Berikan Jeda 1-2 Hari

Lakukan pemotongan kuku kucing secara berkala. Maksudnya, beri jeda 1-2 hari per kaki kucing. Hal ini bertujuan supaya kucing tidak merasa stress karena terlalu lama ditekan kakinya. Jika kucing sudah merasa nyaman saat grooming, Anda bisa membujuknya dengan mudah untuk proses pemotongan kuku selanjutnya.

8. Beri Snack Kesukaannya Setelah Proses Pemotongan Kuku selesai

Ini termasuk bagian dari proses grooming yang harus Anda lakukan untuk membuat kucing menjadi penurut dan nyaman. Ketika kucing sudah tidak takut dengan proses grooming, Anda tidak akan menemui kesulitan lagi setiap memotong kuku kucing. Lakukan perawatan ini minimal 2-4 minggu sekali.


Langkah-langkah memotong kuku kucing di atas, sebaiknya Anda terapkan jika tidak ingin kucing berontak atau berdarah saat proses pemotongan. Anda tak perlu lagi menghabiskan biaya ke salon hewan untuk melakukan perawatan yang satu ini. Namun jika memang Anda masih belum percaya diri, bawalah kucing Anda ke dokter hewan terdekat atau Pet Shop untuk dilakukan layanan grooming secara lengkap.

17 views0 comments