• admin

Inilah Cara Merawat Burung agar Sehat dan Tetap Berkicau


foto oleh unsplash


Jika Anda memiliki hobi memelihara burung tentunya harus tahu dan memahami bagaimana cara merawat atau cara memelihara hewan burung dengan baik dan benar agar hewan tersebut dapat tetap sehat dan gacor saat berkicau. Anda bisa melakukan perawatan harian seperti selalu memperhatikan kebersihan kandang, kebersihan minum, kebersihan pakan dan lain sebagainya. Selain itu, masih banyak hal lain yang perlu diperhatikan dalam merawat berbagai macam burung dengan baik. Untuk itu, di artikel ini akan membahas mengenai tips merawat hewan burung dengan benar dan tepat. Inilah ulasannya.


Beberapa Tips Merawat Berbagai Macam Burung Peliharaan yang Tepat

1. Lakukan Proses Pengembunan

Sebelum melakukan perawatan dengan menjemur burung, sebaiknya Anda melakukan proses pengembunan burung terlebih dahulu. Lakukan kegiatan ini setiap pagi hari kurang lebih di pukul 5, Anda bisa meletakkan sangkar burung pada batang pohon. Manfaat dari melakukan proses pengembunan burung ini agar hewan tersebut dapat menghirup udara segar di pagi hari sehingga pernapasannya menjadi lebih baik. Tidak hanya itu, pengembunan juga penting dilakukan supaya burung bisa merasakan suasana seperti di habitat aslinya.

2. Jemur Burung

Setelah melakukan proses pengembunan, selanjutnya Anda dapat menjemur burung di pagi hari ataupun di sore hari. Menjemur burung bertujuan agar hewan tersebut tetap hangat dan mendapatkan vitamin D. Sinar matahari yang didapatkan saat menjemur burung dapat membantu menghilangkan kuman serta jamur di tubuh maupun sangkar burung. Tapi, sebaiknya saat Anda melakukan proses penjemuran pada burung peliharaan, jangan langsung terkena sinar matahari.

3. Jaga Kebersihan Burung dan Kandangnya

Jaga kebersihan kandang dan burung adalah cara memelihara hewan burung selanjutnya. Menjaga kandang burung dengan rutin membersihkan kotoran menempel sehingga tidak menjadi sumber penyakit bagi hewan itu. Selain itu, kandang yang bersih dapat mencegah burung untuk stress. Tidak hanya kandang saja yang perlu dibersihkan secara rutin, burung pun perlu untuk dibersihkan dengan cara dimandikan secara teratur. Hal itu bertujuan untuk menjaga kesegaran hewan tersebut. Memandikan burung dengan rutin juga akan membuat bulu hewan tersebut terlihat lebih mengkilap.

4. Beri Makan Burung dengan Makanan yang Kaya Nutrisi

Memelihara hewan burung memanglah bukan hal yang mudah, namun juga tidak sulit. Anda hanya perlu meluangkan waktu serta pikiran untuk menjaga hewan tersebut agar selalu sehat. Anda bisa memberikan makanan bervariasi pada burung seperti cacing, ulat, pisang, kroto serta makanan lainnya. Berikan juga tambahan multivitamin agar burung bisa tetap berkicau sebagaimana mestinya.

Baca juga: Budidaya Ulat Hong Kong (maelworm) Bagi Pemula

5. Perdengarkan Kicauan dari Burung Lainnya

Jika Anda ingin burung peliharaan cepat berkicau, maka cara yang cukup ampuh untuk memancingnya adalah dengan memperdengarkan kicauan dari burung lain yang gacor. Coba perdengarkan kicauan dari burung lain secara rutin selama satu hingga dua jam setiap harinya.

6. Tutup Sangkar Saat Malam Hari

Menutup sangkar pada malam hari memiliki tujuan agar burung dapat beristirahat dengan tenang. Selain itu, pandangan burung menjadi terbatas sehingga istirahatnya tidak terganggu. Tutuplah sangkar dengan kain dari luar. Lalu jika burung peliharaan Anda banyak maka siapkan kain yang sejumlah sangkar burung agar setiap burung dapat tertutupi kain masing-masing.

Itulah bagaimana cara merawat dan cara memelihara hewan yang perlu Anda ketahui bagi yang baru ingin memelihara salah satu hewan unggas tersebut. Dengan mengetahui apa saja yang harus dilakukan, Anda bisa memastikan jika burung peliharaan tersebut dapat hidup dengan lebih layak meski tidak berada di habitatnya.

4 views0 comments