Inilah Cara Efektif Meningkatkan Birahi Burung Lovebird


foto oleh unsplash


Tahukah anda? Mengatur birahi burung lovebird menjadi salah satu kunci utama untuk merawat burung tersebut agar tetap gacor bunyinya setiap harinya. Perawatan ini dilakukan cukup beragam mulai dari memperhatikan pemberian pakan hingga memperhatikan beberapa faktor yang bisa mempengaruhi kondisi birahinya. Lalu, bagaimana sebenarnya cara paling efektif untuk meningkatakn birahi burung lovebird baik itu jantan atau betina? Simak berikut ulasannya!


Cara Efektif Meningkatkan Birahi Burung Lovebird Jantan Dan Betina Yang Sebaiknya Dipahami!

Kurang birahi atau bahwa birahi berlebih pada burung lovebird menjadi hal yang sebaiknya tidak terjadi. Kurang ataupun lebih birahi pada burung lovebird hanya akan membuat burung jarang berkicau bahkan akan membuat mereka tidak aktif bergerak dan bergairah. Hal inilah tentunya yang membuat anda sebagai pemilik harus pintar dalam mengatur birahi burung kesayangan.

Mengatur birahi burung lovebird agar tetap stabil merupakan cara paling tepat agar burung tersebut rajin berbunyi. Nah, agar birahi burung loverbird anda tetap stabil, maka terdapat perawatan khusus yang perlu diperhatikan. Dan berikut ini cara efektif meningkatkan birahi burung lovebird jantan ataupun betina yang sebaiknya diketahui:


1. Jemur Burung Di Pagi Hari

Tak hanya baik untuk kesehatan saja, ternyata menjemur burung di pagi hari juga bermanfaat untuk meningkatkan birahi burung lovebird. Jadi, rutinlah menjemur burung anda di pagi hari setiap pukul 07.00 – 09.00 atau selama 2 jam. Namun jangan berlebihan dijemur ya nanti bisa terkena katarak.


Baca juga : Inilah Ciri Dan Penyebab Burung Menderita Katarak

2. Rutin Memandikan Burung

Selain rutin menjemur burung di pagi hari, anda juga disarankan untuk rutin memandikannya hingga basah kuyup. Rutinlah memandikannya di pagi hari dengan cara disemprot ataupun dipegang sesuai dengan yang anda bisa.


3. Berikan Pakan Yang Tepat

Seperti telah disebutkan diatas jika salah satu cara meningkatkan birahi burung lovebird yaitu dengan memperhatikan pemberian pakan. Ya, makanan memang memiliki peranan yang sangat besar untuk membuat birahi burung lovebird stabil baik itu burung betina ataupin jantan.

Anda bisa mencampurkan makanannya dengan beberapa makanan tambahan yang bisa meningkatkan birahi. Beberapa makanan yang dipercaya bisa meningkatkan birahi burung lovebird yaitu:

· Buah segar

· Milet

· Beberapa butir jagung muda

· Telur rebus

· Kangkung

· Swai putih

· Biji kenari


4. Selalu Jaga Kebersihan Sangkar Dan Air Minum

Sangkar serta air minum akan cepat kotor pasalnya setelah makan burung lovebird akan selalu minum setelahnya dimana hal inilah yang bisa membuat sangkar cepat kotor. Sangkar yang kotor tentu saja akan menjadi sarang bakteri, jamur dan kuman yang akan membuat burung sakit. Hal ini tentu saja tidak boleh terjadi, karena jika burung sakit maka akan berpengaruh pada birahinya.

Nah, untuk itu maka pastikan anda selalu menjaga kebersihan sangkar dan air minumnya. Selain akan membuat burung sehat dan mempengaruhi birahinya, sangkar bersih juga akan membuat burung menjadi nyaman.


5. Simpan Di Kandang Ternak

Cara meningkatkan birahi burung loverbird terakhir yaitu dengan menyimpannya di kandang yang dihuni oleh beberapa pasang loverbird lainnya. Cara ini bisa dilakukan untuk memancing birahinya agar naik karena mereka melihat pasangan lovebird lainnya yang sedang kawin.


Itulah beberapa cara meningkatkan birahi burung lovebird betina ataupun jantan diatas perlu benar-benar anda pahami. Selain cara diatas, usia juga tentu menjadi salah satu faktor yang berpengaruh dalam meningkatkan birahi. Birahi pada burung lovebird akan meningkat jika usia minimalnya sekitar 5 bulan. Jadi, pastikan anda mengetahui terlebih dahulu usianya sebelum melakukan cara-cara diatas. Semoga bermanfaat!

3 views0 comments