Ciri-Ciri Hamster Stres, Yuk Ketahui Mulai Dari Sekarang!


foto oleh unsplash


Layaknya seperti hewan peliharaan lain, hamster juga ternyata bisa mengalami stres. Stres dapat berakibat buruk bagi kesehatan hamster. Namun Anda tak perlu khawatir, selama Anda masih bisa mendeteksi ciri-ciri hamster sejak dini, kemungkinan besar bisa dengan mudah mengatasinya.


Penyebab Stress Pada Hamster

Pada umumnya, hamster bisa mengalami stres karena berbagai penyebab. Salah satu penyebab yang paling umum yaitu karena sedang merasa ketakutan. Beberapa pemicu ketakutan ini juga bermacam-macam mulai dari suara yang keras, lingkungan baru serta dipegang secara paksa. Tak hanya itu, kebosanan juga menjadi salah satu pemicu hamster stres serta frustasi.

Selain sakit secara mental, stres juga bisa dipicu karena sakit fisik. Nah karena hal tersebut maka kita Anda melihat ada perubahaan dari hewan peliharaan Anda, maka segeralah lakukan pemeriksaan pada dokter hewan terdekat untuk memastikan apa yang terjadi. Stres dapat mengganggu kesehatan hamster dan bahkan bisa membuat hamster menjadi kanibal!


Lalu, Bagaimana Cir-Ciri Hamster Stres?

Ciri-ciri hamster stres sebenarnya sama seperti dengan hewan lainnya. Untuk lebih jelasnya, simak berikut ini beberapa ciri-ciri stres pada hamster yang sebaiknya diketahui:


1. Bulu Mengalami Kerontokan

Saat sedang stres, hamster akan mencabuti bulunya sendiri. Karena terlalu sering tentu hal ini akan menyebabkan kerontokan, penipisan bulu bahkan sampai kebotakan. Selain itu, hamster stres juga bisa membuat bulunya mengalami perubahan seperti lebih terlihat berminyak dan acak-acakan.


2. Terlihat Lebih Agresif

Sama halnya seperti kucing, hamster yang sedang stres juga bisa lebih agresif. Ini bisa dirasakan ketika Anda menghampirinya dimana mereka akan terlihat seperti akan menggigit. Jika hal tersebut terjadi, sebaiknya jangan coba mendekatinya dulu karena ditakutkan akan menyerang Anda.


3. Menggigit Kandang

Tak hanya kemungkinan bisa menggigit jari pemiliknya saja, hamster yang sedang stres juga bisa menggigit kandangnya dengan agresif ketika stres. Jika Anda melihat hal ini maka sebaiknya langsung redakan dengan perlahan dengan mengalihkannya pada makanan kesukaannya.


4. Menggali Secara Berlebihan

Secara alami, hamster merupakan hewan penggali yang sangat handal. Namun jika aktivitas menggali ini dilakukan berlebihan maka Anda harus waspada karena bisa saja hamster Anda sedang stres. Biasanya selain menggali berlebihan, ada beberapa aktivitas yang dilakukan lain secara berlebihan seperti menjilat dan berlari.


5. Memiliki Energi Berlebihan

Saat kita sedang stres, biasanya kita akan lebih memilih untuk menarik diri dari lingkungan. Namun berbeda dengan manusia, ternyata saat stres hamster bisa lebih hiperaktif dan memiliki energi berlebih. Hal ini biasanya terjadi karena rasa gelisah yang dirasakan. Ciri-ciri paling umum yaitu merakan akan berlari di roda putar lebih lama.


6. Mengeluarkan Suara Berlebihan

Walaupun merupakan pecinta hamster, namun dipastikan Anda akan jarang sekali mendengar hamster bersuara. Ya, hamster memang menjadi salah satu hewan yang jarang mengeluarkan suara. Ini merupakan kondisi wajar justru ketika mereka mengeluarkan suara berlebihan Anda perlu khawatir. Saat hamster mengeluarkan suara berlebihan bisa menjadi pertanda bahwa hamster tersebut sedang stres dan merasakan tertekan.


Lantas, Bagaimana Cara Membantu Hamster Yang Sedang Stress?

Sebenarnya tidak ada cara yang paling ampuh untuk membantu hamster stres selain membawanya langsung ke dokter hewan terdekat. Setelah melihat ada perubahan perilaku yang berbeda dengan hewan kesayangan anda, seperti ciri-ciri di atas, maka segeralah bawa hewan tersebut ke petshop atau dokter hewan terdekat. Dokter akan langsung memeriksa kondisi kesehatan dan melakukan tindakan.

Selain membawanya ke dokter hewan terdekat, salah satu cara untuk menghindari stres pada hamster yaitu dengan membuat lingkungan dan tempat tinggalnya nyaman dan aman. Tak lupa, pastikan cukupilah juga kebutuhan makanan dan minumnya karena ini menjadi hal yang penting.


Nah itulah beberapa ciri-ciri hamster stres yang sebaiknya diketahui. Selalu periksalah kesehatan hewan peliharaan Anda ke dokter hewan profesional agar kondisi kesehatannya tetap terjaga. Semoga bermanfaat!


Baca juga : Apa Penyebab Hamster Menjadi Kanibal?
9 views0 comments