Inilah Alasan Mengapa Kucing Sangat Menyukai Catnip


foto oleh kompas.com


Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang umumnya menyukai makanan berupa daging ataupun ikan. Namun siapa sangka, seringkali melihat kucing memakan rumput atau tanaman. Kucing memakan tanaman merupakan salah satu hal yang umum terjadi biasanya tanaman yang dimakan tersebut berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaannya. Namun selain tanaman yang selalu dikonsumsi oleh kucing, ada beberapa jenis tanaman yang sangat disukai oleh hewan berbulu ini salah satunya yaitu catnip.


Apa Itu Catnip?

Catnip merupakan tanaman sejenis mint yang berfungsi untuk meredakan batuk dan bisa dibuat untuk minuman teh serta semprotan untuk membasmi serangga. Catnip atau dikenal dengan sebutan catmint memiliki aroma yang khas dimana banyak yang percaya bahwa tanaman ini berasal dari Eropa dan Asia. Catnip sudah ada sejak zaman dulu dan hingga sekarang selalu dimanfaatkan sebagai tanaman herbal untuk menyembuhkan gangguan pencernaan juga.


Lalu, Mengapa Kucing Sangat Menyukai Tanaman Catnip?

Kucing memiliki organ pendeteksi aroma dimana organ tersebut disebut dengan kelenjar vomeroonasal yang terdapat pada langit-langit mulut. Kelenjar ini bisa memungkinkan aroma yang terkumpul dalam hidung serta mulut bisa terbawa ke otak. Sementara catnip memiliki nepetalakton yang merupakan sejenis minyak yang akan menyebabkan perubahan perilaku pada kucing.

Catnip merupakan salah satu hal yang bisa membuat kucing anda merasa sangat bahagia. Hal tersebut akan mendorong kucing anda untuk terus bermain, berlatih serta bersenang-senang. Anda bisa menggunakan catnip sebagai alat untuk melatih kucing anda agar mereka tetap sehat. Tanpa disadari aktifnya kucing karena catnip ini merupakan salah satu olahraga. Cobalah untuk menyemprotkan cairan catnip pada tempat mereka selalu bermain maka seketika kucing anda akan merasa senang dan bersenang-senang disana.


Manfaat Catnip Untuk Kucing

Selain bisa membuat kucing anda terus bermain, catnip juga memiliki beberapa manfaat. Berikut beberapa diantaranya:

· Catnip Bisa Memicu Birahi Pada Kucing

Catnip bisa meniru hormon seks pada kucing. Jadi, kucing yang menikmati zat satu ini akan sering menunjukkan perilaku yang hampir mirip dengan kucing betina maupun jantan yang sedang birahi. Perilaku tersebut bisa mencakup beberapa tanda seperti kasih sayang, relaksasi serta kebahagiaan. Tak hanya itu saja, kucing lain juga akan menunjukkan perilaku yang aktif misalnya seperti main-main dan cukup agresif.

Untuk beberapa kucing yang telah memiliki pengalaman positif catnip, bisa membantu mengurangi rasa cemas serta menghilangkan rasa sakit. Beberapa dokter telah merekomendasikan penggunaan catnip untuk mengatasi kecemasan ketika majikannya akan meninggalkan rumah untuk beberapa hari. Hanya saja, tidak semua kucing menyukai catnip, kucing yang sangat respon terhadap catnip biasanya karena adanya faktor genetik dan efeknya juga bervariasi mulai jangka panjang maupun pendek tergantung kucingnya.

· Catnip Tidak Berbahaya Untuk Anak Kucing

Pada dasarnya catnip tidak berbahaya untuk anak kucing. Namun kebanyakan kucing tidak bereaksi terhadap catnip sampai usianya 6 bulan hingga 1 tahun. Selain dicium, kucing juga bisa memakan catnip yang mana ketika ditelah catnip ini bisa membantu kerja saluran pencernaan. Tidak hanya untuk kucing saja, tanaman ini juga sering digunakan oleh manusia untuk pengobatan karena sifatnya anti diare.

Namun, jika catnip ditelan dalam jumlah besar, maka anda harus hati-hati karena akan menimbulkan efek gangguan pencernaan. Selain itu, berlebihan mengonsumsi catnip juga bisa menimbulkan masalah kesehatan lain seperti pusing, diare, muntah dan bahkan kesulitan berjalan. Jadi, anda perlu menggunakannya dengan bijak. Jika perlu, mungkin Anda bisa berkonsultasi dengan dokter hewan terpercaya.

Nah itulah sekilas tentang catnip dan alasan mengapa kucing sangat menyukai tanaman satu ini. Catnip merupakan tanaman yang mudah tumbuh dan mudah ditemukan. Catnip juga bisa tumbuh cukup besar, ketika sudah tumbuh bunga maka tandanya tanaman tersebut siap untuk dipanen. Untuk saat ini ada yang menjual dalam bentuk biji (untuk ditanam) namun ada juga yang sudah dirupakan mainan.

Share ya!

19 views0 comments